HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Friday, November 17, 2017

Membuat Meja Taman Unik dari Semen / Beton Cor

Pekarangan rumah bisa dimanfaatkan menjadi tempat berkumpul keluarga dan merupakan taman bermain bagi anak-anak. Taman tidak terlepas dari meja dan kursi untuk tempat duduk bersama anggota keluarga di hari libur dan itu bisa dibuat sendiri dari bahan semen maupun sisa-sisa kepingan beton disekitar rumah.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara membuat meja sederhana berukuran 60 x 40 cm dengan cara yang sangat sederhana tetapi bisa menghasilkan corak permukaan meja semen menarik. Ide membuat meja ini sebenarnya dimulai dari 2 buah kepingan semen berukuran 25 x 40 cm dengan tebal sekitar 3 cm yang sudah lama tidak terpakai dan sayang rasanya kalau dibuang. Semen yang sudah lama biasanya tidak akan merekat kuat pada semen baru dan akan dijelaskan cara mengakalinya di langkah-langkah di bawah ini nantinya.
meja-taman-unik-dari-semen
Meja Taman Unik dari Semen
Persiapan yang dilakukan adalah menyediakan 4 potong kayu ukuran 1x2 atau 2x2 untuk digunakan sebagai penopang yang membentuk persegi berukuran 60 x 40 cm dimana kedua kepingan akan disambung dengan semen cor menjadi kepingan baru seukuran dengan rangkaian kayu yang dibentuk di atas. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Bentangkan sehelai koran di atas meja sebagai alas agar semen tidak menempel di atas permukaan meja dan agar lebih mudah dilepas.
  2. Keempat kayu disusun di atas koran menjadi bidang persegi dan ujung setiap sambungan disatukan dengan menggunakan staples tembak agar mudah dilepas setelah semen cor mengeras.
  3. Aduk semen, pasir dan air dan isi kedalam bidang sambungan kayu hingga mencapai ketebalan 5 cm.
  4. Letakkan kedua kepingan semen ke dalam bidang persegi yang sudah terisi semen cor tepat di masing-masing sisi dan akan membentuk celah antar kedua keping sekitar 10 cm.
  5. Buat campuran perekat semen lama dengan semen baru dengan komposisi 20:10:1 semen putih, air dan sika. Aduk hingga benar-benar rata.
  6. Basahi kedua sisi kepingan dengan semprot air (gun sprayer) dan oleskan dengan campuran perekat yang telah dibuat dengan menggunakan kuas.
  7. Kuaskan juga semen putih ke permukaan kepingan dan tuang hingga menutupi semua permukaan kepingan semen lama.
  8. Buat campuran semen aci warna marun dan air lalu tuangkan sedikit demi sedikit untuk membentuk corak sesuai selera. Ratakan dengan menggunakan spatula.
  9. Campur semen putih, pasir kasar hias (saya ambil dari pantai), air dan sedikit sika lalu aduk hingga rata.
  10. Tuang campuran/adukan ke celah kedua kepingan beton hingga penuh dan rata dengan permukaan kepingan tersebut. Ketuk perlahan-lahan untuk memadatkan campuran dan tekan ke arah kedua sisi kepingan untuk memperkuat sambungan semen lama dan semen baru.
  11. Setelah campuran semen putih dan pasir kasar hias agak mengering, lap permukaannya dengan menggunakan busa agar tekstur pasir kasar dan menambah nilai artistik.
  12. Biarkan hingga kering dan amplas agar corak yang dihasilkan semen aci merah marun lebih indah.
Demikkian cara membuat kepingan meja taman yang bisa diletakkan di atas batu, tiang cor atau besi sebagai penyanggahnya. Untuk lebih jelasnya, dilahkan tonton video di bawah ini.

Judul Video: Membuat Meja Taman Unik dari Semen / Beton Cor
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 10 menit 41 detik

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊