HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

15 Mei 2021

 

Bongkahan Resin Bening yang Mengeras

Salam kreatifitas tanpa batas!

Sobat kreatif di manapun berada, semoga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa dan selalu dilimpahkan kebahagiaan. Aamiin.


Mimin sudah lama tidak menulis dan akan mencoba lagi berbagi hal-hal yang mimin ketahui seputar resin. Hal ini juga terkait banyaknya dukungan, komentar dan pertanyaan-pertanyaan yang ada di blog ini. Mimin totalkan ada sekitar 675 tanggapan di kolom komentar dan mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya (mumpung masih lebaran juga) Karena mimin tidak sanggup menanggapi kembali satu-persatu.


Di artikel kali ini, mimin akan mencoba merangkum pertanyaan dan mencoba memberikan penjelasan yang beberapa diantaranya mengenai permasalahan sekitar resin. Berikut pertanyaan yang paling sering mimin temui dan memiliki bobot yang lumayan penting. Mimin coba jawab satu-persatu dibawah ini:


Pertanyaan 1Untuk merekatkan fiber dengan kayu supaya lbih kuat, kira2 pake resin mrek apa ya, minta anjuran? Jawaban:

Merek apa saja sangat kuat untuk dijadikan perekat fiber dan kayu. Yang perlu diperhatikan adalah permukaan fiber dan kayu tidak tertutup cat atau wax / sejenis lilin yang keras, karena akan mempermudah rekatan terlepas. Solusinya adalah dengan mengamplas kedua permukaan sebelum direkatkan dengan resin.

 

      Pertanyaan 2Kalo blokbot dulapisi resin dan diggunakan untuk meja kitcheset bisa ndak? Jawaban:

Mungkin yang dimaksud adalah Block Board atau Kepingan Blok Kayu. Tentu saja biss dilapisi resin dan dijadikan kitchen set. Tetapi perlu diketahui kalau resin yang bagus untuk kitchen set adalah Resin Epoxy dan pengaplikasiannya harus dikuaskan ke kayu sebelum dituang sesuai ketebalan yang diinginkan. Tuang resin epoxy sebelum lapisan yang dikuaskan mengering. Hal ini untuk memperkuat rekatan dan menghindari lapisan resin terlepas karena sifat resin akan melengkung setelah kering akibat panas.

 

     Pertanyaan 3Misal kalau kita bikin adonan resin nih, tapi dalam jumlah banyak tapi masih ada sisa lumayan banyak gitu. Apa bisa ngeras kalau gak d abisin? Walau d simpen d wadah kaya botol tertutup gitu? Apa mesti bikin sesuai kebutuhan yang pas aja?😅 Tapi ada gak sih resin yang instan, siap pake gitu? Soalnya aku mau coba bikin custom case pake resin gitu. Kira", resinnya pake yang apa sama takarannya gimana yak? Tolong d bantu jawab.  Jawaban:

Jangankan disimpan, dibiarkan saja selama 30 menit sudah pasti mengeras. Apalagi ditutup dalam kemasan akan semakin mempercepat pengerasan karena panas reaksi katalisasi terbantu oleh kemasan yang tertutup. Resin yang siap pakai dan tidak perlu dicampur lagi adalah Resin UV (Ultra Violet). Sesuai namanya, tetap saja resin ini memerlukan bantuan penyinaran dengan cahaya lampu ultra violet, sejenis lampu biru pemeriksa keaslian uang kertas.

 

     Pertanyaan 4Melapisi Permukaan Foto dengan Lem Putih. Pertanyaannya apakah Lem itu Warnah Putih atau Bening, Mohon Info Jenis Lem yang disarankan, terima kasih. Jawaban:

Lem putih PVC seperti Fox hasilnya akan transparan untuk lapisan tipis dan berkabut untuk lapisan tebal.

 

Gantungan Kunci Terbuat dari Resin


     Pertanyaan 5: Pernah coba bikin gantungan kunci ..say beli resin di online shop gak paham resin type apa..pas sya isi dengan daun/bunga kenapa jadi kering ya gan..apa salah dalm pencampuran atau gmna ndan..pas sya pegang cetakan panas sekali. Jawaban:

Resin apapun akan menimbulkan rekasi panas dalam proses katalisasi dan inilah yang menyebabkan daun hijau menjadi berubah warna. Kebanyakan artisan resin mengawetkan daun terlebih dahulu. Perlakuan daun sama seperti bunga, dimana cara terbaik agar warna tetap bagus adalah dengan memotong bunga tepat sebelum mekar sepenuhnya (selagi muda), lalu ikat menjadi bundel, dan gantung terbalik di tempat yang kering, gelap, dan hangat. kita akan mendapatkan retensi warna terbaik dari lokasi gelap, karena cahaya dapat memutihkan warna.

 

     Pertanyaan 6: Apa bs menggunakan plat besi sbgai cetakan resin ? Jawaban:

Resin yang sudah mengeras akan susah dilepas dari cetakan yang tidak lentur seperti besi dan logam lainnya.Resin juga sangat kuat merekat ke logam, kecuali logam licin yang sudah diberi mold release seperti Honey Wax atau Mirror Glaze.  Itulah sebabnya cetakan yang paling banyak digunakan pasti bersifat lentur seperti karet yaitu Silicone RTV.

 

     Pertanyaan 7: Resin apakah bisa di aplikasikan dengan spray gun... Kalau bisa cara dan takarannya seperti apa? Jawaban:

Bisa dan memang ada alat semprot khusus untuk resin. Tentunya takaran khusus juga berlaku untuk sistem spray dengan penambahan SM (Styrene Monomer) sebanyak 10%. Metode ini jarang digunakan untuk industry kecil karena kurang ekonomis dan rentan kegagalan. Alat campur otomatis juga sangat diperlukan untuk menghemat waktu pemakaian resin untuk menghindari pengerasan dengan sangat cepat.

 

 

Aksesoris Terbuat dari Resin



Pertanyaan 8: 
Saya ibu rt lg hamil.. ingin nanya ada ga efek racun dari zat resin itu sendiri..saya ingin buat gantungan kunci nih cuma takut ada bahaya r zar resin bagi ibu hamil. Jawaban:

Ibu, tidak disarankan untuk menggunakan resin yang berbau seperti resin polyester (resin merah/resi kapal) karena bau yang sangat tanjam dan mengandung zat berbahaya terlebih-lebih untuk ibu hamil. Boleh saja menggunakan resin epoxy yang tanpa bau tetapi wajib dan harus di ruangan terbuka, lengkap dengan masker khusus minimal sejenis N95. Silahkan dikonsultasikan ke penjual resin epoxy mengenai kadar bau dan efek resinnya terhadap sistem respiratory.

 

      Pertanyaan 9: Cara menempelkan resin dan resin bagaimana?di sekrup atao dilem? Jawaban:

Dengan cara mengamplas kedua permukaan lalu direkatkan dengan resin yang sama. Jangan khawatir, hasil amplas yang buram akan hilang dan kembali bening bila terkena resin.

 

     Pertanyaan 10: apakah resin diperbolehkan untuk sebagai penganti aqua proff untuk bagian dak beton bagian atas rumah pak? Jawaban:

Menurut mimin boleh menggunakan resin biasa tetapi tidak disarankan karena sifat resin sama seperti plastik yang akan terkelupas, pecah dan rapuh apabila terkena air dan panas matahari secara terus menerus. Biayanya juga terbilang kurang ekonomis dan pengaplikasiannya yang tidak praktis. Saran mimin, gunakanlah bahan yang memang sudah dirancang untuk aquaproof yang tahan lama seperti epoxy lantai dan cat lapangan tennis / outdoor.

 

 dan apakah resin berbahaya pak jika terkena sinar matahari langsung? Jawaban:
Seperti dijelaskan di atas kalau resin akan lebih mudah rusak. Untuk bahayanya minim.

 

     Pertanyaan 11: Papan dengan resin yg bening sudah berhari hari masih lengket minta saran baiknya gimna om. Jawaban:

Sifat resin polyester yang memang didesain begitu. Lengkapnya silahkan simak ini: https://youtu.be/AWZ0iPKXecw

 

     Pertanyaan 12: Untuk cat dasboard kendaraan yang sudah kusam dengan pewarna resin , tapi saya terbentur ada kelunturan , atau kering tetap kusam , solusinya campuran apa yang di pakai , ini juga saya brniatbusaha rumahan , terima kasih sebelumnya . Jawaban:

Tidak semua resin cocok untuk pelapis atau pengganti cat. Amplas terlebih dahulu cat lama yang kusam lalu gunakan resin epoxy ditambah pewarna yang nantinya hasilnya mengkilap. Resin epoxy juga dipercaya lebih merekat kuat ke hampir semua permukaan bahan plastik, kayu dan logam. Kekurangannya adalah harga yang mahal dan sebaiknya menggunakan cat atau gelcoat yang dirancang khusus untuk dashboard.

 

     Pertanyaan 13: Tapi saya mau nanya ka berapa banyak bahan yg di perlukan untuk bikin cetakan, tinggi 100 cm Lebar 80 cm dan tebal 1 cm. Jawaban:

Sangat mudah menghitung volume cairan dari ukuran centimeter. 1 Liter = 1000 cm3 (Kubik). Kubik didapat dari Panjang x Lebar x Tinggi. Kalau ukuran wadah kamu 100cm x 80cm x 1cm, totalnya adalah 8000 yang artinya memerlukan resin sebanyak 8 liter. Tetapi beberapa resin memiliki tingkat pemuaian dan penyusutan loh. Fahami juga sifat resin yang akan melengkung setelah mengeras dengan lebar dan tipis seperti itu.

 


     Pertanyaan 14: Kalau mau bikin meja dari resin,, cocoknya pakai resin jenis apa ya???,,yang kuat, bening dan tahan lama gitu. Jawaban:

Resin Epoxy

 

      Pertanyaan 15: Gimana cara merawat gelang dari bahan epoxy agar tetap bening. Jawaban:

Dipoles dengan compon atau wax. Silahkan simak artikel ini: https://www.kerajinankreatif.com/2021/05/Cara-Membuat-Permukaan-Resin-Mengkilap.html

 

      Pertanyaan 16: Kalau pakai resin polyester yang sudah kering, bisakah dilapisi dengan resin epoxy? Jawaban:

Bisa, dengan syarat resin polyester di amplas terlebih dahulu. Hasil amplas memang buram tetapi akan kembali bening dengan lapisan epoxy.

 

     Pertanyaan 17: resin epoxy itu apakah ada exp nya ato kekurangannya kalo lama tdk dipakai dan didiamkan? Jawaban:

Batas maksimum resin epoxy dan resin lainnya adalah 6 bulan. Sebagian resin terutama resin polyester akan mengendap dan menggumpal lebih cepat apabila disimpan di tempat yang bersuhu panas. Silahkan simak penjelasannya disisni: https://youtu.be/clOiX1072eo

 

Demikian penjelasan untuk rangkuman pertanyaan yang sering diutarakan dan sudah coba mimin 'selatankan' 😅😅😅.


Semoga penjelasan di atas bermanfaat, dan mimin mohon maaf apabila tidak semua pertanyaan mimin tanggapi karena terlalu sering disampaikan. Silahkan gunakan pencarian di blog ini untuk menemukan jawaban pertanyaan kamu ya. Salam kreatifitas.

Hiasan Terbuat dari Resin


Oh ya, video di bawah ini mungkin bias jadi bahan referensi untuk kamu. Jangan lupa Like dan Subscribe yah. Hehehe...


Judul Video: PROSES RESIN SHCP MENGERAS TANPA KATALIS
Youtube Channel: Kerajinan Kreatif
Durasi: 3 menit 23 detik

 

14 Mei 2021

Meja Resin Mengkilap

Salam kreatifitas tanpa batas!

Pernahkah sobat sekalian membuat sesuatu dari resin baik itu polyester maupun epoxy tetapi hasilnya berkabut atau tidak mengkilap? Atau mengkilat tapi terasa lengket dan akhirnya banyak bekas jari tangan?

Nah, kali ini mimin akan mencoba berbagi pengalaman dan apa yang mimin baca dari berbagai sumber artisan resin baik dalam dan luar negeri.

Sebelum mimin lanjutkan, ada baiknya simak juga artikel ini:

10 Tips Bermanfaat Sehubungan dengan Kerajinan Resin

Ada beberapa kemungkinan mengapa permukaan resin tidak mengkilap dan seperti disebutkan di atas kondisi kebanyakan yaitu  karena permukaan resin yang lengket dan tidak keras seperti kaca.

Kemungkinan lain yang paling sering terjadi adalah karena bahan cetakan yang terlalu lunak dan permukaan negatif cetakan tidak licin. Ada juga yang disebabkan oleh benturan atau tersentuh tanpa sengaja sebelum permukaan resin benar-benar mengeras. Sementara nilai artistik resin yang digunakan sebagai hiasan aksesoris dan lapisan meja kayu adalah tampilannya yang mengkilap.

Satu-satunya cara agar konsisi permukaan yang tidak mulus dan tidak mengkilap menjadi sesuai yang diharapkan, tidak lain dan tidak bukan adalah dengan cara diamplas dengan berbagai ukuran halus kasarnya kertas amplas. Tentunya harus sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan.

Lantas langkah-langkah apa yang harus dlakukan? Berikut penjelasan lengkapnya:

Langkah 1: Mengikis permukaan yang rusak atau lengket

Scrapper

Gunakan alat tajam dari bahan logam seperti scrapper, pisau atau sejenisnya untuk meratakan permukaan yang ingin dihaluskan hingga mengkilap. Alasan menggunakan alat ini adalah untuk mengurangi penggunaan amplas yang mubajir karena amplas akan banyak terbuang oleh lapisan wax permukaan resin. Scrapper ini bisa dibeli di toko bangunan atau toko-toko perlengkapan tukang terdekat.


Langkah 2: Mengamplas Hingga Rata

Amplas P 500

Setelah permukaan yang rusak atau lengket terkikis gunakan amplas dengan ukuran grit berurut dari 500, 800, 1000, 2000, hingga 5000. Semakin besar angka grit maka semakin halus permukaan kertas amplasnya dan tentunya berpengaruh kepada hasil permukaan resin. Ukuran sesuai keinginan bisa dilihat di bagian belakan kertas amplas, biasanya bertuliskan P lalu diikuti ukuran (Misal: P500).

Untuk informasi saja, amplas 2000 ke atas jarang bisa ditemui di toko-toko bangunan dan mimin akhirnya memesan ke toko online. Amplas 5000 kebanyakan dipakai untuk menghaluskan batu akik.

Metode pengamplasan yang mimin sarankan adalah dengan metode basah atau wet sanding karena akan mempermudah proses dan juga mengurangi polusi debu selama proses pengamplasan. Untuk permukaan yang lebar dan rata seperti meja resin, gunakan mesin amplas agar mempermudah pengerjaan.

Langkah 3: Memoles permukaan / dry wax polishing

Paste Wax

Permukaan yang sudah diamplas rapi dengan amplas terhalus seperti P5000, langkah selanjutnya adalah dengan memoles permukaan dengan bahan khusus seperti gambar di atas. Paste wax ini bisa dibeli di toko-toko otomotif atau toko cat.

Untuk permukaan yang kecil dan tidak rata boleh menggunakan kain flanel atau kain lembut lainnya yang sejenis. Untuk permukaan yang lebar dan rata seperti meja atau counter top, boleh juga menggunakan kain flanel tapi lebih mimin sarankan menggunakan mesin poles putar.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Permukaan Resin Agar Mengkilap baik akibat rusak, lengket maupun karena cetakan yang kuran bagus.


Video di bawah ini bisa jadi bahan referensi cara membuat permukaan resin lebih mengkilap. Silahkan disimak dan bagikan apabila sobat kreatif rasa bermanfaat.

Judul Video: 
Video Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin Epoxy (New Music Track)
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 10 menit 44 detik

13 Mei 2021

Air mancur mini dengan tenaga USB


Jika setiap pagi Anda merasa lelah dan merasa tidak berenergi, penyebabnya mungkin adalah karena Anda tidak bisa tidur nyenyak dan yang Anda butuhkan hanyalah lingkungan yang lebih baik untuk menikmati tidur tanpa gangguan.

Mengalami masalah tidur juga dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Saat ini, diketahui bahwa tuntutan gaya hidup menyebabkan orang terus-menerus hidup dalam stres, yang disebabkan oleh masalah kesehatan, termasuk kurang tidur. Namun, ada faktor lain, seperti lingkungan yang bising, yang juga dapat memengaruhi tidur kita secara negatif.

Ada Solusi?

Ada banyak solusi untuk menghilangkan stres dan pasti Anda sudah pernah mendengar tentang beberapa di antaranya. Berada dalam kontak dengan alam adalah salah satu solusi, dan mungkin yang terbaik karena membantu tubuh dan pikiran kita untuk rileks secara alami. Namun, mencoba terhubung dengan alam mungkin tidak selalu bisa kita capai. Mungkin kita harus berkendara sebentar sebelum bisa mencapai kawasan alam yang tenang.

Namun, bahkan jika kita memiliki kesempatan untuk terus berhubungan dengan alam, mungkin lingkungan kita bukanlah yang paling tenang. Oleh karena itu, air mancur dalam ruangan adalah solusi terbaik yang mengatasi kedua masalah ini, membantu kita mengurangi stres dan menutupi suara yang tidak diinginkan lainnya. Selain itu, air mancur akan selalu menghiasi dan mempercantik ruangan dalam ruangan kita.


Bagaimana cara kerjanya?

Logika di balik relaksasi yang disediakan oleh Air Mancur Dalam Ruangan terletak di balik fungsi otak dan bagaimana otak mendefinisikan suara. Misalnya, jika kita mendengar alarm yang keras, otak kita langsung merasakannya dan menganggapnya sebagai pemicu untuk bangun dari tidur. Di sisi lain, suara lambat yang dihasilkan oleh aliran air dianggap oleh otak sebagai penenang.

Air mancur dalam ruangan sering meniru suara air terjun atau ombak laut, menjaga efek menenangkan yang sama dengan menghilangkan stres dan membantu melawan kelelahan dan kecemasan. Air mancur dalam ruangan tidak hanya memberikan suara yang menenangkan, tetapi juga memberikan elemen visual yang indah untuk ditonton dan sesantai suaranya.


Jenis air mancur dalam ruangan apa yang harus saya pilih?

Ada beberapa jenis dan penempatan air mancur yang cocok ditempatkan di dalam rumah. Simak saja uraian singkatnya di bawah ini.


Air Mancur Dinding Dalam Ruangan

Air Terjun Dinding Indoor

Jika air mancur dinding sesuai anggaran Anda, ini adalah pilihan terbaik. Air Mancur Dinding tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi ukurannya cukup besar untuk memberikan suara yang menenangkan di area yang lebih luas. Ukurannya juga membantu melembabkan serta meningkatkan kualitas udara di ruangan rumah Anda dan mengurangi alergi tertentu. Manfaat lain air mancur dinding adalah menjadi daya tarik yang bagus untuk menambah nilai rumah Anda.

Model minimalis menggabungkan desain canggih dan suara yang menenangkan, membantu Anda rileks. Anda dapat memilih di antara bahan yang berbeda untuk permukaan dan memangkas sehingga air mancur ini dapat menyesuaikan dengan dekorasi dalam ruangan Anda. Pemasangan air mancur ini sangat mudah dan dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk menyiapkan dan menjalankannya.

Air mancur dinding tertentu dapat disesuaikan, memungkinkan Anda memberikan sentuhan yang lebih pribadi pada ruang dalam ruangan Anda. Air mancur ini menggabungkan lukisan indah dengan air terjun dan sangat cocok untuk menambahkan suara yang tenang ke ruangan Anda karena terdengar seperti anak sungai atau aliran sungai.


Air Mancur Bertingkat

Air terjun bertingkat indoor

Air mancur ini menghasilkan suara yang lebih alami karena, seperti yang ditunjukkan namanya, air mengalir melalui level air mancur yang berbeda. Gayanya membuatnya mudah ditempatkan di mana saja karena tidak memerlukan pemasangan. Air terjun bertingkat ini dapat ditemukan dalam berbagai gaya kreatif untuk menyesuaikan dengan segala jenis dekorasi.

Di pasaran bisa ditemukan  banyak pilihan air mancur bertingkat, yang terbuat dari bahan yang tahan tetapi sangat ringan. Ini memudahkan penempatan air mancur di tempat yang berbeda jika diperlukan. Beberapa air mancur juga dilengkapi dengan lampu LED, sehingga Anda dapat menikmati produknya kapan saja sepanjang hari.


Air Mancur Meja

Air terjun meja minimalis


Air Mancur Meja cocok untuk kantor, serta untuk rumah. Meskipun suaranya lebih pelan, mereka masih merupakan pilihan yang baik untuk menambah ketenangan di kamar Anda. Air mancur jenis ini memiliki dua keunggulan utama dibandingkan yang lain. Pertama, harganya lebih terjangkau, jadi jika Anda masih belum yakin benar-benar menginginkan air mancur yang lebih besar, Anda bisa mencoba tabletop fountain terlebih dahulu. Kedua, ukurannya sempurna untuk ditempatkan di mana saja dan mudah dipindahkan. Jadi sekarang, memiliki "area kecil" tidak akan menjadi alasan untuk tidak menambahkan fitur air ke kamar Anda!


Kesimpulan

Meskipun ada metode dan solusi lain untuk membantu mengurangi stres dan untuk menenangkan tidur yang nyenyak, air mancur dalam ruangan masih merupakan pilihan terbaik. Selain membantu dua masalah tersebut, air mancur dalam ruangan juga menambah dekorasi dan gaya pada rumah. Mereka dapat ditemukan dalam berbagai gaya dan harga yang berbeda. Ini akan memastikan Anda menemukan air mancur yang sempurna untuk Anda. Air mancur dalam ruangan adalah investasi bagus yang bisa Anda lakukan!

Salah satu air terjun untuk meja bisa dilihat di video di bawah ini:

Judul Video: IDE BAGUS!!! RESTORASI HIASAN BEKAS YANG KOTOR DAN RUSAK MENJADI AIR TERJUN MINI CANTIK
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 11 menit 17 detik

07 November 2020

 

jenis-resin-dan-kegunaannya
Jenis Resin dan Kegunaannya


Resin merupakan zat kental yang diubah menjadi polimer kaku melalui proses pengawetan. Resin terbentuk secara alami tetapi sekarang sering dibuat secara sintetis. Beberapa resin sintetis memiliki sifat yang mirip dengan resin tumbuhan alami, tetapi banyak juga yang sangat berbeda.

Resin sintetis memiliki beberapa kelas. Beberapa diproduksi dengan esterifikasi senyawa organik. Beberapa resin lebih seperti plastik termoseting di mana istilah "resin" diterapkan secara luas ke reaktan atau produk, atau keduanya. Istilah "resin" dapat diterapkan pada salah satu dari dua monomer dalam kopolimer, yang lainnya disebut "pengeras". Untuk plastik termoseting yang hanya memiliki satu monomer, satu-satunya senyawa monomer disebut "resin". Misalnya, metil metakrilat cair umumnya disebut "resin" atau "resin tuang" jika dalam keadaan cair atau kental sebelum berpolimerisasi dan "set." Polimetil metakrilat berikutnya sering berganti nama menjadi kaca akrilik atau hanya akrilik.

 

Artikel ini membahas 12 jenis resin dan properti serta aplikasinya.

Resin Poliester

Resin poliester terbentuk dari reaksi asam organik dibasa dan alkohol polihidrat. Mereka sangat fleksibel dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas, bahan kimia, dan api. Mereka cenderung berbiaya rendah. Mereka digunakan untuk konstruksi, laminasi, perbaikan otomatis pengisi, ski, pancing, komponen pesawat dan kapal, pelapis, aksesori dekoratif, dan botol.

 

Resin Fenolik

Resin fenolik adalah jenis resin termoseting. Mereka kuat, tahan panas dan benturan dan memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi kimia dan penetrasi kelembaban. Resin fenolik dapat dikerjakan dengan mudah. Mereka digunakan untuk impregnasi resin, lapisan rem, komponen listrik, laminasi, perekat untuk semen, perekat terikat, dan cetakan.

 

Resin Alkyd

Resin alkid adalah resin poliester termoplastik yang dibuat dengan memanaskan alkohol polihidrik dengan asam polibasa. Mereka memiliki sifat listrik dan termal yang sangat baik dan ketahanan kimia yang baik. Mereka berbiaya rendah dan digunakan untuk isolasi listrik, komponen elektronik, pengisi dempul, dan cat.

 

Resin Polikarbonat

Resin polikarbonat merupakan termoplastik yang umumnya dikembangkan dari bisphenol A dan fosgen. Mereka memiliki indeks bias tinggi, stabilitas dimensi listrik dan termal, ketahanan terhadap pewarnaan, dan ketahanan terhadap filtrasi. Mereka digunakan untuk penggantian logam, helm pengaman, lensa, komponen listrik, film fotografi, dan isolator.

 

Resin Poliamida

Resin poliamida mengandung gugus amida sebagai bagian berulang dari rantai molekulnya. Mereka mudah dibentuk, kuat dan tahan, dan ringan. Mereka memiliki koefisien gesekan rendah dan tahan abrasi dan bahan kimia. Mereka digunakan untuk bantalan nonlubricated, serat, roda gigi, jahitan, ban, gelang jam, kemasan, dan botol.

 

Resin poliuretan

Resin poliuretan adalah kopolimer yang terdiri dari komponen poliol dan isosianat. Mereka sangat serbaguna jika dikombinasikan dengan resin lain, dan memiliki elastisitas lapisan tipis dan daya rekat yang tinggi pada substrat. Resin poliuretan juga memiliki keseimbangan yang baik antara perpanjangan dan kekerasan. Mereka digunakan untuk insulasi, elastomer, perekat, dan lapisan busa untuk pakaian.

 

Resin Silikon

Dulu resin silikon dibuat dengan natrium silikat dan berbagai klorosilan, tetapi sekarang resin tersebut sering dibentuk dengan tetraethoxysilane atau etil polisilikat yang kurang reaktif dan beberapa disiloksan. Mereka memiliki stabilitas termal dan oksidatif yang baik dan fleksibel serta anti air. Resin silikon membentuk lapisan keras karena struktur jaringan tiga dimensinya. Mereka digunakan untuk karet, laminasi, resin enkapsulasi, penghilang busa, dan aplikasi tahan air.

 

Resin epoksi

Resin epoksi, juga disebut poliepoksida, adalah sejenis prapolimer dan polimer reaktif yang mengandung gugus epoksida. Mereka memiliki ketahanan kimia dan panas yang sangat baik serta sifat adhesi yang kuat. Mereka digunakan untuk laminasi, perekat, lantai, pelapis, baling-baling, dan pelapis permukaan.

 

Resin Polietilen

Resin polietilen adalah jenis resin yang paling umum, dengan lebih dari 100 juta ton diproduksi setiap tahun. Mereka memiliki ketahanan kimia dan uap yang kuat atau kelembaban dan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Mereka digunakan untuk pengemasan untuk laminasi dan film, wadah, isolasi kabel, pelapis, mainan, cetakan, pelapis, dan pipa dan tabung.

 

Resin Akrilik

Resin akrilik adalah zat plastik termoplastik atau termoseting terkait yang dibuat dari asam akrilat, asam metakrilat, atau senyawa terkait lainnya. Mereka jelas dengan kekuatan tarik yang baik. Resin akrilik tahan benturan dan UV. Mereka digunakan untuk panel struktural dan dekoratif, perekat, elastomer, pelapis, tanda, dan ubin tembus cahaya.

 

Resin Polistiren

Resin polistiren adalah polimer hidrokarbon aromatik yang terbuat dari monomer stirena. Mereka berbiaya rendah dan mudah diproduksi, dengan ketahanan yang sangat baik terhadap asam, basa, dan garam. Resin polistiren juga memiliki kejernihan dan fleksibilitas yang baik. Mereka digunakan untuk isolasi, pipa, busa, menara pendingin, karet, instrumen otomotif, dan dasbor.

 

Resin Polypropylene

Resin polipropilen adalah jenis resin polimer termoplastik yang tidak mengandung BPA. Mereka tidak berwarna dan tidak berasa, dengan kepadatan rendah dan ketahanan panas yang baik. Mereka bisa disterilkan, jadi sering digunakan dengan peralatan medis. Resin polipropilen juga memiliki ketahanan kimia yang baik. Mereka digunakan untuk mainan, komponen elektronik, pipa dan tabung produksi, serat dan filamen, dan pelapis.

 

Ringkasan

Artikel ini menyajikan pemahaman tentang berbagai jenis resin. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk terkait, lihat panduan penyedia atau distributor untuk menemukan sumber pasokan potensial atau melihat detail produk tertentu.

Semoga artikel ini menghilangkan pemikiran kalau resin semua sama dan hanya sekedar cairan yang akan mengeras setelah dicampur dengan katalis saja.

Sumber: https://www.thomasnet.com/


Di bawah ini adalah salah satu contoh kegunaan resin:

Judul Video: 
Video Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin Epoxy (New Music Track)
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 7 menit 9 detik