14 Mei 2021

Begini Cara Membuat Permukaan Resin Agar Mengkilap

Meja Resin Mengkilap

Salam kreatifitas tanpa batas!

Pernahkah sobat sekalian membuat sesuatu dari resin baik itu polyester maupun epoxy tetapi hasilnya berkabut atau tidak mengkilap? Atau mengkilat tapi terasa lengket dan akhirnya banyak bekas jari tangan?

Nah, kali ini mimin akan mencoba berbagi pengalaman dan apa yang mimin baca dari berbagai sumber artisan resin baik dalam dan luar negeri.

Sebelum mimin lanjutkan, ada baiknya simak juga artikel ini:

10 Tips Bermanfaat Sehubungan dengan Kerajinan Resin

Ada beberapa kemungkinan mengapa permukaan resin tidak mengkilap dan seperti disebutkan di atas kondisi kebanyakan yaitu  karena permukaan resin yang lengket dan tidak keras seperti kaca.

Kemungkinan lain yang paling sering terjadi adalah karena bahan cetakan yang terlalu lunak dan permukaan negatif cetakan tidak licin. Ada juga yang disebabkan oleh benturan atau tersentuh tanpa sengaja sebelum permukaan resin benar-benar mengeras. Sementara nilai artistik resin yang digunakan sebagai hiasan aksesoris dan lapisan meja kayu adalah tampilannya yang mengkilap.

Satu-satunya cara agar konsisi permukaan yang tidak mulus dan tidak mengkilap menjadi sesuai yang diharapkan, tidak lain dan tidak bukan adalah dengan cara diamplas dengan berbagai ukuran halus kasarnya kertas amplas. Tentunya harus sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan.

Lantas langkah-langkah apa yang harus dlakukan? Berikut penjelasan lengkapnya:

Langkah 1: Mengikis permukaan yang rusak atau lengket

Scrapper

Gunakan alat tajam dari bahan logam seperti scrapper, pisau atau sejenisnya untuk meratakan permukaan yang ingin dihaluskan hingga mengkilap. Alasan menggunakan alat ini adalah untuk mengurangi penggunaan amplas yang mubajir karena amplas akan banyak terbuang oleh lapisan wax permukaan resin. Scrapper ini bisa dibeli di toko bangunan atau toko-toko perlengkapan tukang terdekat.


Langkah 2: Mengamplas Hingga Rata

Amplas P 500

Setelah permukaan yang rusak atau lengket terkikis gunakan amplas dengan ukuran grit berurut dari 500, 800, 1000, 2000, hingga 5000. Semakin besar angka grit maka semakin halus permukaan kertas amplasnya dan tentunya berpengaruh kepada hasil permukaan resin. Ukuran sesuai keinginan bisa dilihat di bagian belakan kertas amplas, biasanya bertuliskan P lalu diikuti ukuran (Misal: P500).

Untuk informasi saja, amplas 2000 ke atas jarang bisa ditemui di toko-toko bangunan dan mimin akhirnya memesan ke toko online. Amplas 5000 kebanyakan dipakai untuk menghaluskan batu akik.

Metode pengamplasan yang mimin sarankan adalah dengan metode basah atau wet sanding karena akan mempermudah proses dan juga mengurangi polusi debu selama proses pengamplasan. Untuk permukaan yang lebar dan rata seperti meja resin, gunakan mesin amplas agar mempermudah pengerjaan.

Langkah 3: Memoles permukaan / dry wax polishing

Paste Wax

Permukaan yang sudah diamplas rapi dengan amplas terhalus seperti P5000, langkah selanjutnya adalah dengan memoles permukaan dengan bahan khusus seperti gambar di atas. Paste wax ini bisa dibeli di toko-toko otomotif atau toko cat.

Untuk permukaan yang kecil dan tidak rata boleh menggunakan kain flanel atau kain lembut lainnya yang sejenis. Untuk permukaan yang lebar dan rata seperti meja atau counter top, boleh juga menggunakan kain flanel tapi lebih mimin sarankan menggunakan mesin poles putar.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Permukaan Resin Agar Mengkilap baik akibat rusak, lengket maupun karena cetakan yang kuran bagus.


Video di bawah ini bisa jadi bahan referensi cara membuat permukaan resin lebih mengkilap. Silahkan disimak dan bagikan apabila sobat kreatif rasa bermanfaat.

Judul Video: 

BEGINI REPOTNYA MEMOLES RESIN HINGGA MENGKILAP

Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 10 menit 44 detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊