HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

27 November 2017

Susah Mendapatkan Resin yang Sesuai di Daerahmu? Coba Simak Penjelasan Berikut ini.

Keberadaan resin memang tidak merata di semua tempat dan alasannya bisa dimaklumi. Masyarakat di beberapa daerah tidak mudah mendapatkan jenis bahan kimia yang banyak manfaatnya ini. Jenis resin yang paling mudah dijumpai adalah jenis Polyester (UPR) sebagai bahan membuat kapal atau bahan utama membuat fiberglass dan menambal bocor tapi resin ini memiliki karakteristik yang tidak mendunkung untuk kerajinan lain.
Para peminat kerajinan tangan seperti gantungan kunci, aksesoris perhiasan dan lain-lain banyak yang kesulitan mendapatkan resin bening yang cocok untuk kerajinan ini hingga mau tak mau harus membeli secara online dimana ongkos kirim yang tinggi mungkin jadi pertimbangan serius. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, resin yang cocok untuk kerajinan ini adalah jenis resin vinylester yang berbeda dengan resin polyester. Lagi-lagi harga ongkos kirim ke daerah yang jauh dari penyalur memang bisa sangat tinggi dan akan mempersulit para pengrajin menentukan harga jual demi memperoleh keuntungan yang minim. Harga barang jadi bahkan bisa dikatakan lebih murah yang akhirnya membuat pengrajin kalah saing dengan produk-produk impor tersebut dikhawatirkan akan mematikan langkah masyarakat kecil dan menguntungkan importir nakal. Pedagang di daerah juga tidak mau rugi untuk menyediakan resin dengan penggunaan sedikit tentunya disebabkan harga kirim dan ijin ini itu yang akan membuat harga melambung tinggi. Kenyataan ini tentunya juga akan mengurangi frekuensi perputaran modal yang dimiliki para penjual eceran. Inilah dilemma.
Di forum-forum dan kolom komentar sering sekali ditemukan pertanyaan yang terdengar sangat tidak asing yaitu "di mana resin dijual?" atau "resin merek apa yang bagus/cocok?". Jawabannya tidak lain adalah di toko bangunan atau toko kimia terdekat (kalau ada). Tapi jangan khawatir kalau tidak ada, karena untuk sekedar hobby, memang tidak ada salahnya kita merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan resin sesuai kebutuhan hobby kita tersebut tidak lain harus beli online yang sebagian juga sudah tidak menambahkan ongkos kirim alias gratis dengan syarat-syarat tertentu. Bisa saja hobby ini menjadi menguntungkan tergantung kemauan kita masing-masing karena peminat kerajinan tangan tidak semua sama dan banyak yang juga memilih produk lokal yang lebih memiliki kharakteristik unik dan disinilah kita dituntut untuk lebih kreatif memproduksi barang yang berbeda dan lebih menarik dengan produk impor.
Baca juga: Peluang Usaha Kecil Menengah seputar Kerajinan Resin
Dalam kesempatan ini akan saya sampaikan beberapa jenis resin sesuai fungsinya dan ada di pasaran juga beberapa penjual yang direkomendasikan sebagai bahan pertimbangan untuk calon pembeli. Mohon di catat, Kerajinan Kreatif tidak jualan, tidak memiliki toko dan tidak mendapatkan imbalan dari tautan toko online yang akan disebutkan dibawah ya😅. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini diharapkan penjual produk terutama resin, semakin banyak yang memberikan penjelasan, petunjuk dan saran secara detil mengenai produk yang dijualnya untuk membantu calon pembeli dalam menentukan pilihan yang sesuai.

RESIN EPOXY
Resin epoxy sangat kuat dan banyak digunakan sebagai adhesive ataupun komposit di industri-industri besar seperti perkapalan sehingga jarang dipakai untuk kerajinan-kerajinan yang sifatnya hanya sebagai hiasan. Jenis resin memiliki viskositas medium-tinggi (13.000 mPa.s) dan daya tahan panas yang tinggi sehingga disebut resin premium sesuai dengan kualitas dan harganya yang cukup mahal. Takaran perbandingan umum epoxy adalah 1:1 untuk resin dan katalisnya. Beberapa merek yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:
1. Eposhon
Eposchon adalah epoxy buatan Jerman yang terdiri dari 2 bagian yaitu Part A dan Part B. Epoxy B (EpoxyHardener) disebut juga EPH555 untuk type bening. Resin Epoxy A dan merupakan pasangan resin dengan perbandingan penggunaan 1:1 atau 2:1 untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini tentunya akan mengakibatkan adanya spekulasi perbandingan di berbagai daerah di Indonesia, sehingga dibutuhkan sedikit trial and error dari patokan formulanya. Epoxy ini bisa dibeli disini, disini dan disini
2. Milan (Lem/Adhesive)
Lem epoxy Merk Milan adalah buatan Jerman meskipun namanya kota Italia. Produk ini merupakan lem dua komponen yang diformulasikan khusus untuk merekatkan hampir segala jenis bahan seperti: Kayu, Aluminium, karet, formica, kaca, keramik, porselin, besi dan sebagainya. Epoxy ini juga dapat dipergunakan sebagai pengisi rongga-rongga pada sambungan (gap filling), memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan beberapa bahan kimia lainnya seperti alkohol, alkali dan asam. Hasilnya setelah kering akan berwarna bening oleh karena itu bisa juga untuk cor kayu. Epoxy ini bisa kita beli disini atau disini.
3. Epoxy Merek Lain
Epoxy banyak diproduksi dalam bentuk kalengan oleh produsen-prodused cat ternama dan sudah tersebar keseluruh penjuru tanah air. Mudah-mudahan bisa jadi solusi bagi yang hobby bermain kayu. Selain untuk kayu, beberapa produk ini juga bisa diaplikasikan sebagai coating lantai, keramik dan permukaan lain. Jenis terlengkap bisa dicari disini.

RESIN VINYLESTER
Resin vinylester lebih kuat dari UPR dan lebih rendah dari epoxy tetapi beberapa merek sudah diformulasikan untuk menjamin kekuatan dalam pembuatan kapal dan barang-barang lainnya. Resin ini banyak juga digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan hiasan, pelapis kayu, pelapis meja dan perekat atau penambal kuat. Setelah melakukan pencarian, resin vinylester yang Kerajinan Kreatif dapatkan hanya 1 atau mungkin masih ada tapi kurang dijelaskan mengenai jenis ini di situs Indonesia.
Ripoxy R-802 EX-1
Ripoxy R-802 EX-1 adalah tipe resin Vinyl Ester yang memiliki daya tahan korosif yang sangat baik serta daya tahan panas yang tinggi. Hasil jadi memiliki karakteristik mekanik yang sangat baik dalam hal ketahanan dan elongasi. Tipe resin ini sudah memenuhi syarat Lloyd's Register's (LR) Rules and Regulations untuk penggunaan dalam bidang pembuatan kapal. Resin ini harus dicampur dengan promotor atau katalis Mepoxe sebanyak 2.5%. Resin dan katalisnya bisa dibeli disini atau disini.

RESIN POLYESTER (UPR)
Resin Polyester adalah resin yang paling banyak digunakan untuk kerajinan dekorasi dan fiberglas seperti cetakan semen, menambal kapal, pembuatan tangki air dan lain sebagainya. Resin ini diformulasikan
1. Resin 108 (Yukalac C-108B) Bening
Yukalac C-108B adalah tipe resin yang berwarna sangat bening, sangat cocok digunakan untuk pembuatan barang cetakan, seperti perhiasan, mainan dan berbagai macam suvenir. Tipe resin ini sudah berpromotor tetapi tetapi penambahan Promotor E dianjurkan untuk mempercepat curing time sehingga mempermudah pengerjaan. Formulasi dianjurkan adalah penambahan Katalis MEPOXE 0.3 - 0.5%. Resin ini bisa dibeli disini, disini atau disini.
2. Resin Lycal Bening
Resin lycal adalah resin bening yang sering digunakan dalam pembuatan kerajinan hiasan dan piagam transparan juga papan nama. Resin lycal bisa dibeli disini, disini dan disini.
3. Resin 157 (Yukalac 157 BQTN-EX) Keruh / Butek
Yukalac 157 BQTN-EX adalah tipe resin General Purpose, umum digunakan untuk pembuatan berbagai jenis barang FRP dengan cara hand layup maupun spray up molding. Tipe resin ini sudah memenuhi syarat Lloyd's Register's (LR) Rules and Regulations dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) untuk penggunaan dalam bidang pembuatan kapal. Tipe resin ini mengandung thixotropic yang membuatnya lengket, serta sudah berpromotor. Formulasi dianjurkan adalah penambahan Katalis MEPOXE 1%. Resin ini bisa dibeli disini, disini dan disini.

Demikian beberapa jenis resin yang banyak dipasaran yang mungkin tidak ada dijual di daerahmu. Semoga tautan di atas bisa membantu mempermudah pencarian resin yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang masih dalam batas wajar.

27 komentar:

  1. kalau pakai yukalac c 108B apabila akan kita paki untuk pembuatan souvenir berupa gantungan kunci yang berisi serangga dsb, yang perlu kita tambahkan Promotor E atau Catalist MEPOXE ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai saran provider, cukup mencampur resin dengan Katalis MEPOXE saja mas sebanyak 0.3-0.5% dari banyaknya resin karena sudah berpromotor. Misalnya untuk 100ml, tambahkan saja 0,3 - 0,65ml. Promotor E biasanya untuk mempercepat saja, sama saja dengan cobalt. Semoga membantu.

      Hapus
  2. Mas.. kalo untuk bikin meja kayu diisi resin warna warni itu bisa pakai resin c108B atau harus epoxy resin.. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. Tapi banyak keluhan kalau hasilnya bergelombang dan harus sabar ngamplas.

      Hapus
  3. Salam kenal.
    Nanya mas, masih newbie nih, kalo kita mau bikin perhiasan spt kalung, gelang, cincin dari resin sebaiknya pake merk apa mas?

    Pewarna transparannya pake apa mas? Merk? Apa bisa tinta printer?

    Resin gak apa2 terkena kulit? Apa harus pake masker? Kalo kena mata P3K nya gmn ya?

    Trims sebelumnya, semoga admi kerajinankreatif smakin ca'em dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Salam kenal juga
      2. Resin bening R108 juga bisa mas. Tapi paling bagus epoxy bening khusus craft.
      3. Resin ga apa2 kena kulit tapi katalisnya yang bahaya apalagi kalau kena mata bisa iritasi dan buta. P3k, segera basuh di air keran dan periksa ke dokter.

      Hapus
  4. Slamat malam mas admin...
    Saya mencoba melapisi foto canvas dengan resin 108. Campuran yang saya coba adalah 100:3 hingga 100:5, namun permukaan resin tidak bisa benar-benar kering dan jika di pegang meninggalkan bekas sidik jari dan masih terasa lembut. Berbeda dengan kalok resinnya saya tempatkan di wadah yang permukaannya tidak luas. Hasilnya resin benar-benar kering dan keras. Yang ingin saya tanyakan lagi apakah resin 108 warnanya benar-benar bening ya? Yang saya peroleh warnanya sedikit kekuningan.
    Makasih banyak atas penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan keluhan pengguna, sayangnya R108 memang agak kekuningan. Mengenai wadah, resin polyester ini sifatnya memang tidak kering dalam bentuk lapisan kecuali dimasukkan ke cetakan yang lumayan tebal seperti gantungan kunci dll. Untuk sifat lengketnya bisa diakali dengan amplas atau dengan menyemprot permukaan dengan cat semprot epoxy bening. Klau ada dana lebih saran saya gunakan epoxy bening tetapi harganya lumayan mahal tapi sebanding dengan kualitasnya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  5. Mau nanya saya mas,kalo yang di pake para pengrajin pelampung pancing/kumbul itu si pelampung kelihatan sangat bening apakah itu pake resin juga...?
    Apakah kalo cuma resin bagaimana d3ngan hasil barang apakah bisa merekat tanpa katalis?maaf saya newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, itu pakai resin bening. Biasanya resin dijual sepasang dengan katalia (pengerasnya) jadi tanpa katalis tidak akan berhasil. Newbie? Kita sama aja, mungkin saya cuma berkesempatan tau terlebih dulu... semangat.

      Hapus
  6. Manfaat banget mas ilmunya. Semoga menambah banyak berkah bagi yg menyampaikan dan yang menerimanya.
    Aamiinn...
    Saya minta tolong saran mas, rencananya saya mau membuat countertop yang dilapisi epoxy resin. Rencana material countertopnya dari concrete atau multiplek +18 mm. Mana yang paling baik diantara kedua material itu jika disandingkan dengan epoxy resin ?
    Jenis epoxy resin apa yg baik dan dengan hasil memuaskan ?Adakah dampak negativ dari epoxy resin jika kita gunakan sebagai pelapis countertop atau meja makan ?
    Terimakasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf karena baru bisa merespon. Terima kasih juga untuk do'anya. Sebenarnya countertop dari multiplex juga ga masalah tapi menurut saya lebih ekonomis dan kuat dari concrete juga cocok dengan resin epoxy clear casting. Yang jelas pasti harus permanen. Kebanyakan resin epoxy tidak berbau dan aman seperti art resin misalnya. Semoga membantu.

      Hapus
  7. Halo mas, saya mau tanya kalau mau buat meja kayu dengan campuran resin sebagai penghubung kayu seolah2 ada sungai di tengah2 meja, pakai resin bening apa ya yg cocok dan kuat? dan kalau mau mewarnai resin menggunakan pewarna apa ya yg cocok?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai resin 108 sudah bagus mas. Mewarnai pakai pigment yang dijual belikan juga bagus apalagi ditambah glow in the dark yang menyala pada malam hari.

      Hapus
  8. Maaf mas numpang nanya, kalo saya mau buat meja epoxy ketebalan 3 sampai 5 cm seperti river table yg diluar, tapi saya mau pakai yg epoxy bening dan hasil sebening yg seperti diluar, kira2 yg terbaik pakai epoxy type dan merk apa yg tersedia di Indoesia ya? Soalnya kalo diluar kan banyak pilihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak di toko online dan tanpa merek ya mas yang penting hindari aja yang adhesive karena fungsinya sebagai perekat dan warna kekuningan. Kalau menurut saya coba produk lokal wimpy mungkin.

      Hapus
  9. Mas kalo buat nambal tangki bagusnya resin yg merek apa ya trus pengeringnya pake apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resin biasa/resin kapal sebenarnya bisa tetapi cenderung getas terkena minyak. Sebaiknya gunakan resin epoxy dengan perbandingan 1:1 ditambah talek/talcum powder 1 bagian.

      Hapus
  10. Mau tanya mas, saya mau jualan pendant accessories. Apa saja Jenis-jenis resin yang dipakai untuk accsecoris bening? Dan yang saya baca kalau untuk beli resin kita harus pakai surat ijin, benarkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resin 108B banyak dipakai untuk aksesoris dan yang paling bagus adalah epoxy bening. Jual beli resin memang perlu pengawasan berbagai pihak dan perlu pengurusan izin. Tetapi untuk pengguna/konsumen, pihak penjual dan kurir yang bertanggung jawab.

      Hapus
  11. Assalamualaikum Om master. Semua pertanyaan teman2 dijawab dengan tepat sasaran. Patutlah di panggil master.hehe. Ini artikel sangat menginspirasi.mau nanya ni om. Saya mau lapisin lantai keramik sama resin epoxy, ketebalan yg ideal brp? Perbandingan nya brp(resin n katalis)? Idealnya dibutuhkan brp ML per M² nya om?trus klo mau nutup corak keramik nya gimana om? Dah itu dulu pertanyaannya Om master. Makasih banyak sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam WR.WB. Master sepertinya terlalu tinggi karena masih proses belajar juga. Hehehe. Ketebalan resin epoxy (perbadingan 1:1) yang dituang sekitar 1-1,5mm dan butuh sekitar 1,6 liter untuk m2. Ini sesuai perhitungan kasar ya..semoga membantu.

      Hapus
  12. salam usaha gan..
    mau nanya pembelian resin bening satu paket di wilayah lampung timur susah..
    boleh tau gk kirany alamat penjualannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, informasi penjual di Lampung tidak ada sampai saat ini. Coba dicari di toko online dengan Filter daerah agan.

      Hapus
  13. salam kenal,, klw resin dengan ketebala 1mm bisakan ya ??
    cetakannya dari silicon rubber

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tetapi kerasnya agak lama dibanding yang tebal.

      Hapus
  14. A mikum gan. Apakah di indramayu ad toko resin. Barangkali agan tahu.makasih sebelumnya.
    .

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊