HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, April 22, 2017

Pengenalan Resin dan Katalis serta Takaran Tepat Perbandingannya

resin-dan-katalis
Resin dan Katalis
Resin adalah zat kimiawi yang bersifat agak kental, cenderung transparan, tidak larut dalam air, mudah terbakar dan akan mengeras dengan cepat dan ada juga yang lambat. Menurut beberapa sumber, resin sudah dipakai sejak zaman purba kebanyakan sebagai pelapis pernis atau perekat contohnya adalah getah resin damar, resin gumpalan dupa sebagai bahan pembuatan patung dan sesajian. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemungkinan resin organic lebih susah diproduksi, manusia mulai membuat sintetis dari bahan-bahan kimia. Dewasa ini resin diproduksi bermacam-macam jenis dan cara sesuai dengan kegunaannya seperti seperti akrilik, epoxy, melamin dan lain lain.





Dalam kesempatan ini yang akan saya sampaikan adalah Resin untuk fiberglass yaitu cairan yang banyak dijual di toko-toko bangunan. Biasanya Resin ini dijual sekaligus dengan pengerasnya biasa disebut katalis (Catalyst) sebab resin saja tidak akan mengeras dengan baik bahkan ada yang yang tidak akan kering selama berminggu-minggu. Katalis tidak kental, berbau tajam dan berwarna bening.
Penggunaan Resin dan katalis sangat banyak ditemukan diberbagai industri seperti beberapa contoh berikut: 
  • Pembuatan badan kapal, kursi dan meja. 
  • Usaha kecil seperti gantungan kunci, hiasan, bingkai foto, dll. 
  • Modifikasi motor seperti fairing, spakbor, tutup kerangka dan sparepart lainnya 
  • Industri kerajinan semen dan gypsum digunakan sebagai bahan pembuatan cetakan model atau mal. 
  • Bahan dasar cat kuku, cat minyak, tinta printer laser dan lain-lain.
Produk dari Resin Fiberglass

“Untuk hasil yang terbaik, mencampur resin dan katalis harus sesuai dengan takaran yang benar menurut kebanyakan orang yaitu 10:1”

Pernyataan di atas belum tentu benar sepenuhnya karena beda jenis resin maka beda juga takaran yang ditentukan produsennya.
Saya rasa cukup dulu pengenalan resin dan langsung saja ke topik utama yaitu takaran campuran resin dengan katalis yang tepat sesuai dengan pengalaman saya sendiri dan dari hasil pencarian dari sumber lain. Dari berbagai artikel dan video-video di dunia maya, campuran yang dianjurkan antara resin dan katalis adalah adalah:
  • 1:10 yang artinya banyak katalis adalah 1/10. Perbandingan ini yang dipakai oleh kebanyakan orang untuk jenis akrilik.
  • 3/100 atau banyak katalis adalah 1/33,333333~ dari banyaknya resin. Ini biasanya untuk resin yang kualitasnya kurang bagus atau resin butek. 
  • ½ Gelas Air Mineral resin: 10-15 tetes katalis.
Dan banyak lagi tergantung jenis maupun kualitas resin dan katalis masing-masing. Beberapa ada juga yang mengunakan cara sendiri dalam mengukur perbandingan baku ini, ada yang menghitung perbandingan dengan banyaknya tetes dan ada juga dengan cara mengira-ngira saja. Menurut saya itu sah-sah saja tetapi harus sudah melewati uji coba sebelumnya sebab sesuai dengan pengalaman saya, takaran katalis yang pernah saya pakai juga tergantung pada kualitas dan usia resin atau katalis itu sendiri. Saya pernah mencoba membeli resin dan katalis di tempat yang berbeda tetapi perbandingan takaran yang dianjurkan tidak menghasilkan apa yang benar-benar saya harapkan yaitu mengeras tepat waktu, hasil berwarna bening dan tidak lengket.

Contoh-contoh akibat takaran katalis yang terlalu banyak:

  • Hasil resin bening akan menjadi buram kekuning-kuningan setelah kering. Ini pernah saya coba pada saat membuat hiasan kecil untuk anak.
  • Panas yang berlebihan bahkan sampai mengeluarkan asap dan wadah campur dari gelas air mineral pun ikut meleleh. Saat itu saya kira katalis masih kurang banyak dan saya coba membuat campuran yang baru dengan katalis yang sedikit lebih banyak. Hehehe.. 
  • Lama mengering. Ada yang mengira bahwa memperbanyak katalis akan mempercepat pengeringan campuran resin tetapi itu tidaklah benar dan bahkan bisa memperlambat proses pengeringan. Hal ini sebenarnya masih wajar terlebih-lebih kalau kualitas resin yang kita gunakan tidak baik. Kita hanya perlu bersabar hingga 24 jam. Memang ada yang cepat mengering dalam waktu 15 menit tetapi ada juga yang 3-5 jam bahkan 24 jam.

    Contoh-contoh akibat katalis yang terlalu sedikit:

    • Lama mengering. Hal ini sama seperti kelebihan takaran diatas karena zat kimia tidak mendapatkan bahan ikatan yang pas dan akan saling tolak menolak antara partikel yang satu dengan yang lain. 
    • Gelembung yang berlebihan. Proses penggabungan tidak akan sempurna mengakibatkan senyawa menghasilkan gelembung udara yang tentu akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. 
    • Mengeras tetapi dengan permukaan yang lengket. Sebenarnya hal ini dapat kita siasati terutama untuk benda hasil cetakan yang tidak memerlukan kebeningan dan kehalusan permukaan yang nantinya akan dilapisi lagi, yaitu dengan menggunakan thinner yang bagus dengan cara menuangkan ke permukaan yang lengket dan menyapu dengan menggunakan kain. Jangan menggunakan busa karena busa akan hancur dengan thinner.
    Saran saya campuran yang terbaik untuk hasil yang sesuai keinginan adalah dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini:
    1. LAKUKAN UJI COBA. Kita coba terlebih dulu dengan sedikit takaran sesuai perbandingan 10:1 atau 100:1. Ulangi lagi apabila kurang sesuai dengan yang kita harapkan dan jangan lupa membuat catatan hasil sesuai perbandingan.
    2. ALAT UKUR. Gunakan selalu alat takar atau alat timbang yang pas. Alat ukur yang paling ekonomis adalah alat ukur plastik, bisa kita beli di toko-toko kimia atau apotek. 
    3. KONSISTEN. Biasakan membeli resin dan katalis di tempat yang sama dan jangan sungkan menanyakan apakah jenis yang kita beli sama dengan yang sebelumnya. Hal ini untuk mengurangi kerugian waktu dan tenaga untuk menguji lagi.
    Alat-alat ukur plastik, suntik dan timbangan digital mudah kita temukan di toko kimia dan supermarket terdekat yang harganya bervariasi.

    alat-ukur-resin
    Image copyright: Excite Shop
    Demikian pengenalan resin dan katalis yang saya bisa sampaikan, semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi kita semua. Mohon dukungannya dengan membagikan artikel ini. Terima kasih.
    Baca juga: Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin

    241 comments:

    1. Terima kasih sudah berbagi ilmu.jd paham, hehehe..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terimakasih juga atas kunjungannya ya. Semoga bermanfaat.

        Delete
      2. Jika resin di cmpur hardener tanpa menggunakan katalis. Apakah masih bs pak. Hasilnya bgmana

        Delete
    2. Pak saya mau tanya, klo misalnya saya pakai takaran resin 50gr kira" katalisnya brp ml y pak? Soalnya saya kasih katalis 5ml malah panas smpe kluar asap banyak bgt. Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau resin merah rata-rata pakai 1% katalis, max 3%. Jadi kalau 50gr katalisnya pakai 0,5 gram saja (=0,5ml) max 1 s/d 1,5. 5ml berarti 10% memang pasti terbakar. Contoh pemakaian 10% ada di video https://goo.gl/4zuezt. Semoga membantu..

        Delete
      2. Sangat membantu sekali pak. Terima kasih banyak.hehe

        Delete
    3. Terimakasih banyak ilmunya, bermanfaat. Pak, tanya, kenapa kertas (sticker photo glossy) yang saya kasih resin sering rembes, mengakibatkan warnanya gak bisa putih bersih, jadi belang-belang, padahal sudah saya laminasi dan juga saya clear (pilox)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tinta printer bisa larut di resin jadi pasti merusak. Tinta printer sering dipakai sebagai alternatif pewarna resin. Pylox juga mengandung epoxy yang juga senyawa resin. Solusinya, kebanyakan memoles foto dengan pelapis waterbase seperti lem transparan sebelum menuang resin. Semoga membantu.

        Delete
    4. Mau tanya untuk campuran resin biar nggak ad gelembungnya gimana ya gan. Mohon pencerahannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh pakai anti-bubble mas. Ada dijual khusus memang untuk campuran resin & katalis.

        Delete
    5. adakah bahan campuran resin agar resin mengapung di air gan ?
      Sebelumnya trima kasih sangat bermanfaat

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi Mas Adi, maksudnya untuk membuat busa seperti bata ringan? Kalau memang itu, coba cari 'polyurethane foaming agent liquid'di google.

        Delete
    6. Sangat membantu trimksh Bank infonya.sekalian mau tanya kalo mau buat ukuran besar contoh diperlukan 50 kg resin +5 kg katalis apakah waktu mengeringnya sma dengan ukuran kecil*? hehee maaf sy awam dan apakah berbahaya? Bsa Meledak ga ? Sambil merokok boleh kah wktu pengerjaanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Slamat pagi mas๐Ÿ˜Š...
        Resin fiberglass kalau dioles tipis lebih lama dibanding dituang sekaligus ke wadah. Sebaiknya campur dikit-dikit aja untuk permukaan kecil kecuali untuk lantai. Waktu normal resin mengeras sekitar 15mnt jadi disesuaikan aja waktu pengerjaannya. Kalau saya memilih ga merokok pas ngerjain resin mas soalnya pake masker..hahaha. Oia mending jaga kesehatan aja soalnya bahan kimia bisa merusak paru-paru kalau terhirup dlm jangka waktu yg lama. Gak akan meledak kecuali dikasih granat๐Ÿ˜. Semoga membantu...

        Delete
    7. pak, campuran resin dan katalist berapa lama harus ditunggu sehingga boleh digunakan? adakah selepas dicampur dan diadun.. terus boleh digunakan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Harus langsung digunakan karena akan mengeras dalam waktu lebih kurang 15-20 menit.๐Ÿ˜Š

        Delete
    8. Terimakasih atas share ilmunya, semoga Tuhan membeberkati ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

      ReplyDelete
    9. Untuk tips, lebih baik beli resin di toko kimia atau toko bangunan?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Biasanya lebih banyak pilihan dan lebih terjamin di toko kimia mas Yo... Toko bangunan juga banyak yang bagus kok..

        Delete
    10. Sangat bermanfaat sekali artikelnya. Yang kurang tau jadi lebih faham. Sangat bermanfaat.

      ReplyDelete
    11. Terima kasih infonya sangat bermanfaat mas.
      Mau tanya. Sya bikin cetakan gypsum mas. Pertama saya oles tipis dan stlah bbrpa menit saya liat lama mengerasnya mas. Padhal di bagian lain yg agk tebal sudah mengeras. Terus sya tmabahi lagi sampe selsai. Dan stlah +- 6 jam. Sya lepas dari master(gypsum). Ternyata bagian tipis dpermukaannya tidak mengering dan nempel d gypsumnya..
      Mohon solusinya.
      Katalis 157. Dengan perbandingan 1 lter resin : 10 ml katalis.
      Bner ga perbandingannya mas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Perbandingannya udah pas itu mas. Resin 157 biasanya untuk lapisan fiberglas dan permukaan lengket memang udah didesain begitu untuk memperkuat rekatan ke lapisan berikutnya. Itu sebabnya lapisan tipis kita anggap nggak kering. Untuk cetak tipis sebaiknya tambah cairan borax atau lebihin katalis jadi 100:3 atau pakai resin epoxy atau akrilik. Semoga membantu.

        Delete
    12. klo resin sdh mengeras dan utk menghancurkanya lagi bisa pakai katalis atau bahan kimia lain, coz ada beberapa alat elektronika agar tidak bisa di perbaiki alias harus beli baru yg nota bene mudah utk di perbaiki di corr dgn resin. jadi saya mau mengahcurkannya tanpa merusak rangkaian yg di corr, makasih sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba pakai aseton (acetone) biasanya ada dijual di toko cat. Aseton juga mirip pembersih cat kuku ato kutek. Memang sedikit butuh perjuangan karena yg dibersihkan bukan permukaan rata ya... Usahakan kerja cepat karena cepat menguap dan mengeras lagi. Semoga berhasil๐Ÿ˜Š

        Delete
    13. Selamat pagi pak, saya baru saja selesai membuat tempelan kulkas. Resin yang saya pakai adalah resin bening AB777 dengan perbandingan 3 : 1. Saya tidak menggunakan gelas ukur, tapi pakai tutup botol, 3 resin, 1 katalis. Waktu pengeringan sekitar 10 jam. Setelah kering, saya lihat ada seperti titik2 putih di dalam nya, seperti debu. Yang ingin saya tanyakan, apakah cara pencampuran yang saya lakukan masih salah, bagaimana tipnya.... untuk mendapatkan hasil bening seperti kaca, apakah ada jenis resin yang dipakai ? Terimaka kasih sebelumnya.... GBU.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf baru bisa membalas. Saya belum pernah memakai jenis itu tapi mungkin sejenis resin akrilik. Itu sudah sangat bagus untuk kerajinan dan sesuai perbandingannya. Kemungkinan titik2 putih itu cuma gelembung udara yang memang selalu ada dalam proses. Sebaiknya gunakan MMA atau anti bubble untuk mencairkan resin yang terlalu kental untuk membantu gelembung naik dan pecah, atau pakai sedotan untuk meniup gelembung udara setelah dituang kecetakan. Semoga membantu.

        Delete
    14. makasih membantu banget.,,. anda sungguh cerdas.,!!

      ReplyDelete
    15. Trima kasih ilmunya bos semuga semakin sukses. Bos saya mao melapisi box speaker bagaimana ya bos cara agar hasilnya bertistur dan bahan apa saja yang saya harus di persiapkan mohon bantuannya dan ukurannya maaf bos saya mimang sangat awam dalam bidang ini cuman semangatnya saja yang besar mohon bantuannya bos trima kasih ini no hp 0142711218 pakek kode negara malaysia bos sebab saya jadi anak rantau tolong miscol saya butuh bantuan bos trima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih, semoga sukses juga bang. Email saja ke Formulir Kontak (Contact Form) atau message ke https://goo.gl/tmH3Rt nanti saya balas. Kalau di telepon susah komunikasinya. Thanks ya.

        Delete
    16. Artikel yang sangat bagus pak. Terimakasih, apa bapak juga memberikan pelatihan? Saya tertarik untuk mempelajarinya, bisa hubungi siapa ya? Thanks. Dari Christian

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih juga untuk supportnya pak. Maaf, ini hanya sekedar hobby. Untuk video yang mungkin ada sedikit ilmu mengenai ini, bapak boleh lihat video di chennel kerajinan kreatif. Semoga bermanfaat.

        Delete
    17. Pak..Resin dan katalis merk apa yg bagus? Terima kasih sebelumnya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tergantung untuk apa pak? Untuk kerajinan pakai lycal, untuk lantai epoxy, untuk fiberglass pakai yukalac.

        Delete
    18. untuk lantai cor bagusnya pakai resin apa dan berapa takarannya,luas lantai 3m persegi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai epoxy lantai. Coba cari di tokop*edia. Standar pemakaian 1 liter untuk 1 lapis menggunakan kuas roll (ketebalan 300micron)sekitar 10m2. Untuk 3m2 = 333,33333 ml.

        Delete
    19. Pakai epoxy lantai. Coba cari di tokop*edia. Standar pemakaian 1 liter untuk 1 lapis menggunakan kuas roll (ketebalan 300micron)sekitar 10m2. Untuk 3m2 = 333,33333 ml.

      ReplyDelete
    20. Terima kasih share nya suhu,bermanfaat sekali
      Sekalian nanya :)
      saya lg cari artikel pencampuran resin dengan air untuk pembuatan cat kanvas,takaran yg pas brapa ya suhu antara air dan resin
      Mohon pencerahannya
      Oh ya resin jenis apa yang bagus untuk dicampur air
      Sekian dan terima kasih suhu

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih kembali boss. Masih proses belajar ga enak disebut suhu๐Ÿ˜Š. Resin di artikel ini oil base, jadi ga bisa nyampur sama air. Tapi ada cat resin water base misal cat merek S*kura. Air nambah 5% untuk itu. Semoga membantu.

        Delete
    21. Ohh makasih ilmunya suhu:D

      Jd tau resin oil dan resin water base

      Semoga bermanfaat buat saya

      Terima kasih

      ReplyDelete
    22. Klo buat melapisi batu katalis jenis apa y om

      ReplyDelete
      Replies
      1. Katalis=Hardener (Pengeras). Resin biasa dijual sepaket dengan katalisnya, jadi tidak bisa katalis aja. Jenis resin yang cocok pakai epoxy atau vinyl-ester.

        Delete
    23. Gan mau tnya, resin bening yg paling keras itu pake merk ap ya?
      Sama klau pke lycal 1011yg dri taiwan. Takarannya kira2 berapa ya? Biar cepet kering n keras. Biasanya pke 1:3 itu pun nunggu sehari semalem baru keras

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau resin bening paling keras itu type epoxy. Merek boleh dilihat di artikel terbaru blog ini mas. Cepat lambat mengeras banyak faktor penyebab, misal cuaca dingin bikin lama. Coba tambahin katalis sedikit. Untuk cetakan kecil boleh ditutup dengan mangkok atau baskom plastik untuk ngurangin reaksi dgn udara. Semoga membantu.

        Delete
    24. Tanya bang Pigment untuk resin agar warnanya engga bening pakek apa bang

      ReplyDelete
      Replies
      1. Banyak dijual online. Untuk alternatif boleh pakai tinta printer yg bubuk atau cairan tinta spidol marker permanent.

        Delete
    25. Knapa waktu pengeringan resin bisa retak ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kemungkinan besar kebanyakan katalis kerena panas berlebih.

        Delete
    26. pak, saya mo tanya resin untuk pembuatan stabilize kayu jenis resin apa ya ? perbandingan dengan katalis berapa.. terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yg paling nyerap ke kayu jenis resin akrilik pak. Perbandingan akrilik biasanya 3:1. Coba cari rekal resin. Semoga membantu.

        Delete
    27. Saya mau tanya mas resin apa yang cocok untuk clipper atau pick gitar , agar teksturnya gak gampang pecah dan patah ketika di bentuk dan dihaluskan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pagi mas Arief, coba pakai epoxy ya mas. Coba lihat-lihat disini: https://goo.gl/5Zz5Ej Semoga bisa membantu.

        Delete
    28. Sangat membantu tuan.resin untuk membuat meja atau kursi bening yg bagus pake resin apa?biasanya hrg resin brp yg umum.saya masih awam banget.trims.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat pagi mas Kamto, ga apa-apa mas kita sama aja. Coba mas lihat-lihat disini ya https://goo.gl/5Zz5Ej Semoga membantu.

        Delete
    29. Pak, mau tanya, klo resin yg untuk diaplikasikan ke styrofoam bagusnya pakai apa, saya pernah coba dan styrofoamnya meleleh, terima kasih atas bantuannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pagi pak Evan, maaf sejauh ini saya belum dapat resin yang ga ngerusak styrofoam. Biasanya saya lapisi dulu dengan dempul atau lem fox. Solusi lain bisa pakai eva foam (Ethylene-vinyl acetate) untuk pelindung saluran AC yg mirip kerupuk tapi halus dan serbuknya gatal. Semoga membantu.

        Delete
      2. Ok, terima kasih, klo ga keberatan, mau tanya lagi, nama merk dan jenis resin yang elastis dan waterproof, terima kasih dan semoga sukses selalu

        Delete
      3. Coba pakai Lycal nomor code 1079 pak Evan... Terima kasih, semoga sukses juga buat bapak.

        Delete
      4. Tks Suhu... bermanfaat sekali ilmunya, maaf klo nanya terus, maklum newbie hasilnya gimana klo lycal 1079 diaplikasikan pd woven roving, apakah tetap kuat, lentur atau gimana ??? terima kasih suhu

        Delete
      5. Ga apa-apa pak, selagi bisa saya jawab. Bukan suhu pak. Kita sama, cuma duluan saya aja mungkin nyobanya๐Ÿ˜. Kuat dan lentur pak. Semoga berhasil.

        Delete
    30. Mas mau nanya, kenapa setiap saya coba bikin ganci dari resin bening selalu saja gagal mengeras ya, yg ada malah lengket dan empuk, itu karna apa ya, padahal saya sudah gunakan perbandingan di atas, apa katalis saya kurang atau karena faktor pigmen bubuk yg saya gunakan ? Mohon bantuannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh tau pakai resin dan pigment apa pak? Sebagian pigment yang water base memang mengganggu proses pengerasan dan sesuai pengalaman saya tidak pernah pakai pigment lebih dari 5% resin. Pembuatan jangan di ruangan AC atau pada saat udara lembab seperti berembun. Cetakan juga mempengaruhi, ada resin yang tidak cocok dengan silikon. Coba pakai cetakan plastik, atau uji di cetakan agar-agar yang transparan. Bantu pemanasan dengan lampu sekitar 100watt di atas resin. Semoga membantu.

        Delete
    31. Apa cat minyak bs dipake untuk campuran resin bos? Klo bisa truz perbandingannya brp bos. Mohon pencerahannya? Pengin belajar. He

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas. Saya pernah coba pylox dan gak lebih dari 10% dari banyaknya resin. Katalis 2% dari banyaknya resin (bukan total resin + minyak) ditambahkan setelah campuran resin dan cat minyak tercampur rata. Jangan sungkan diskusi disini ya mas... Semoga sukses mas Tatang... Salam.

        Delete
    32. Mau tanya dikit
      Klo untuk bikin diorama efek air pake resin apa y?trus biar warna keruh kayak air sungai pake cat acrylic bisa?jadi agak bening2 keruh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai resin bening poliester atau vinilester bisa mas Aryo, rekomendasi saya pakai epoxy tapi mungkin sedikit lebih mahal. ya, efek air boeh pakai cat minyak putih diaduk terpisah lalu teteskan dan bentuk pakai stik atau lidi. Untuk membentuk ombak coba tiup pakai pipa sedotan, semoga berhasil ya...

        Delete
    33. Artikel ini sungguh bermanfaat. Semoga ilmunya dapat jadi amal baik.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amin y.r.a. Alhamdulillah. Terimakasih untuk doanya, sangat berharga buat saya.

        Delete
    34. Mau tanya, saya bikin kolam ikan pakai resin dicampur pewarna pigmen, sesudah diisi air pewarna pigmen keluar terus bercampur dengan air kolam sehingga air kolam jadi berwarna, itu kenapa yah? Dan cara berentiin nya gimana? Mohon bantuannya, terima kasih..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pigmen yang mas pakai mungkin waterbase. Dilapisi lagi dengan resin bening atau cat epoxy atau akrilik yang bening dan tahan air.

        Delete
    35. Sangat cerdas gan. Ohya kalo untuk pelapis plywood sebelum proses cat Duco atau NC. Pake resin jenis apa ya om, dan katalis pake berbanding berapakah? Butuh banget pencerahan. Panjang umur om...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pake polyester atau vinylester bagus mas seperti rekal resin. Kalau polyester umumnya 100:1 utk resin:katalis. Vinylester 3:1. Bisa jadi berbeda sesuai merek, lebih baik dikonsultasikan langsung ke distributor.

        Delete
    36. Ass,pak klo untuk membuat kotak sampah fiber, perahu fiber, dan furniture bening seperti meja diyoutube, untuk tiap2 barang itu jenis resin apa saja yg bagus untuk kita gunakan? Terima kasih banyak penjelasan bpk smg jd amal ibadah amiin, sy blm ada ilmu tetang resin pak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikum salam pak Alfatih. Sebenarnya resin banyak jenis dan merek nya sampai 140an. Tapi yang populer di Indonesia hanya beberapa seperti R157, 108B, 2668 untuk jenis polyester. Untuk yang bening resin 108 sudah bagus pak dan banyak dipakai baik untuk hiasan dan lapis kayu. Resin yang paling bagus untuk kayu dan beton itu resin epoxy, coba bapak simak ini https://goo.gl/FwCeaJ. Semoga membantu dan terima kasih atas do'a nya pak Alfatih. Wassalam.

        Delete
    37. Resin shcp 2668 bisa dipake untuk membuat perahu dan tong sampah gak pak?

      ReplyDelete
    38. mohon informasi pak saya mau melapisi permukaan meja &bangku dari kayu dengan resin kira2 jenis apa yg sesuai dengan kebutuhan sy serta takaran yg benar mohon petunjuk serta cara pengerjaanya

      ReplyDelete
    39. mohon informasi sy mau melapisi permukaan meja &kursi dari kayu dengan resin kira2 jenis resin apa yg cocok serta berapakah takaran yg pas serta pengerjaanya terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saran saya pakai epoxy mas Adi meskipun resin vinilester sudah bagus. Biasanya dijual dengan perbandingan 1:1 atau 1:2. Slahkan simak disini https://goo.gl/FwCeaJ dan semoga membantu.

        Delete
    40. Sangat membantu sekali mas ilmunya, sekalian mau nanya nih, kalau kita mau buat resin yang berwarna gimana ya, mohon maaf baru belajar ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih untuk dukungannya mas. Pewarna khusus resin ada dijual online tapi sebagai alternatif saya biasa pakai tinta spidol permanen misalnya merek Snowm*n yang bau alkohol itu loh mas.๐Ÿ˜. Semoga membantu.

        Delete
    41. Mau tanya, kalo bikin action figure kecil, agar gak mudah patah atau getas, pake resin jenis dan merk apa Mas? Suwun

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai R108 ditambah talek (talcum powder) sudah cukup bagus dan kuat. Kalau mau lebih keras pakai epoxy. Semoga membantu.

        Delete
    42. Kalau mewarnai menggunakan pewarna makanan bisa tidak ya mas?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas tapi gak akan tercampur rata karena bahan dasarnya beda. Endapan pewarna bakal kelihatan setelah kering.

        Delete
    43. Mau tanya mas... saya mau melapisi pintu kayu dgn resin... supaya hasilnya setelah curing udah langsung bening dan rata kayak kaca gak perlu pake di amplas + poles lagi pake resin apa ya mas...? Terus perbandingan dgn katalisnya berapa...? Makasih sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai resin vinylester atau epoxy mas. Lebih jelasnya ada disini contohnya https://goo.gl/5Zz5Ej

        Delete
    44. mau tanya gan klo untuk melapisi joran bagusnya pake resin jenis apa y,mksh sblmny

      ReplyDelete
    45. Pak jika resin di campur hardener tanpa mengunakan katalis gimana hasilnya.. soalnya katalis di daerah saya susah nyarinya. Trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Pak Wahyu selamat sore. Kalau resin yang bapak maksud resin epoxy atau vinyelester yang dijual sepasang (resin + hardener)ga usah pake katalis (MEKP) lagi. Tapi kalau yang bapak beli resin Polyester (UPR) atau resin kapal untuk fiberglass, biasanya itu dujual dengan katalis MEKP nya. Tanpa katalis resin polyester ga bisa mengeras. Semoga membantu,

        Delete
      2. Jd intinya resin epoxy+hardener bisa ya pak mski tdk dgn katalis. Kira" brp jam mengerasnya pak.. trimakasih sbelumya pak☺

        Delete
    46. Tanya mas, klo untuk melapisi lantai, apakah ada campuran pengeras lain? supaya gak mudah tergores.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semua resin bagaimanapun pasti berbekas kalau tergores. Solusinya bisa dilapisi lagi dengan Cat Polyurethane biasa disebut cat PU spt Blink*en, Nipp*n, Danagl*ss dll. Harganya lumayan mahal, keringnya lama tapi kualitas maksimal.

        Delete
    47. Maaf pak tanya lg.. klok resin polyester 1 liter katalisnya brp tetes ya pak. Di kasih pewarna tinta pulpen ap bisa pak. Trimakasih pak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau boleh saran sebaiknya pakai alat ukur pak Wahyu misalnya takaran obat sirup :). Jadi untuk 1 liter resin poly cukup menambahkan 10ml (10cc) katalis atau setara dengan 600 tetesan infus (1cc = 60 tetes). Tinta pulpen yang mengandung alkohol dan berbahan dasar minyak bisa pak, misalnya tinta spidol permanen. Tapi kalau bahan dasar tintanya air (water base) itu tidak akan larut. Semoga membantu.

        Delete
    48. Selamat pagi pak,saya mau tanya.
      Saya berniat epoxy lantai,setelah lantai d cor beton,proses tahapan selanjutnya apa dan material apa yg saya gunakan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat pagi pak Taufik.
        1. Proses scrubbing/buffing membersihkan dari kotoran.
        2. Menghindari/memeriksa kondisi lantai agar tidak lembab atau basah.
        3. Melapisi dengan epoxy primer
        4. Melapisi dengan epoxy finisher
        Semoga membantu.

        Delete
    49. Selamat sore. Saya mau tanya pak saya ada resin hijau udah lama ga di pake pas di buka skrg resin nya sudah seperti cerby atau gemuk atau seperti odol gigi closeup, apakah resin itu masih bs di gunakan? Apakah itu normal? Trims sebelum nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi Willy Djong, Usia maximum resin rata-rata cuma 5-6 bulan. Setelah itu hasil tidak maksimal atau susah mengeras dan lengket. Tapi coba dicampur dengan aseton atau tinner super untuk mengencerkan sedikit, tidak lebih dari 10% penggunaan tinner/aseton.

        Delete
    50. Assalamualaikum mas terimakasih ilmu yg sangat bermanfaat...mau tanya mas kalo buat bodi motor resin yg bagus merk apa & di jual d toko bangunan gak serta perbandingan takaran'a?
      Semoga usahanya tambah maju

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalam wr. Wb. Terima kasih untuk dukungannya mas Salman. Resin 157 atau resin butek sudah cukup bagus mas. Banyak dipakai untuk pembuatan kapal dan fairing. Perbandingannya 100:1 untuk resin:katalis. Untuk memperkuat campur dengan talek (talcum powder). Semoga membantu.

        Delete
    51. Terimakasih bnyak mas.. saya mau coba kreasi sendiri buat modif motor sendiri..hehe

      ReplyDelete
    52. Assalamualaikum mas, mau tanya... kalau untuk buat pajangan resin menggunakan ikan mati prosesnya gimana mas? apakah prosesnya sama dengan menggunakan serangga atau gimana? posisi ikan sementara saya masukkan ke frezer... terima kasih sebelumnya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalam mas Yayan. Ikan kesanyangan ya mas? Beda dengan serangga karena ikan mengandung cairan yang lebih banyak dibanding serangga dan memerlukan proses pengawetan tanpa mempengaruhi warna dan bentuk. Ada cara mengawetkan dengan beberapa langkah penggunaan formalin dan alkohol sebelum dilaminating dalam resin. Untuk cara agar posisi ditengah, langkahnya sama dengan membuat pajangan serangga di resin. Semoga membantu.

        Delete
      2. jadi kalo meresin objek didalamnya harus kering y? makasih atas ilmunya mas, semoga menjadi ladang berkah...

        Delete
      3. Benar mas.Terima kasih untuk do'a nya. Alhamdulillah.

        Delete
    53. Mat sore pak, apa kbr? Saya mau tanya 1. Pada umumnya semua orang tau klo warna Resin C108 adalah PUTIH BENING, Nah Apa penyebabnya bila warna Resin berubah menjadi hijau?
      2. Apakah masih bisa digunakan utk membuat kreasi seni atau gak?
      3. Bila warna Resin sdh berubah menjadi hijau, bagaimana caranya untuk mengembalikan dari warna Resin menjadi putih bening seperti semula atau Dpt dicampur dgn cat warna lain? Bisa gak?
      Tlg penjelasannya.
      Atas bantuannya saya ucapkan banyak Terima kasih...
      Salam hormat

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat pagi Mas Joe, kabar baik disini, semoga sama dengan mas Joe ya.
        Untuk pertanyaan 1: Maaf, mungkin bisa ditanyakan ke produsen resin karena selama ini saya belum pernah mengalami resin berubah warna dengan sendirinya. Pertanyaan 2: mungkin bisa dicoba dulu dengan sedikit takaran. Pertanyaan 3: Kembali ke nomer 1, mungkin produsen punya solusi bahan kimia yang cocok untuk masalah ini. Semoga membantu.

        Delete
    54. Assalamualaikum..
      Terima kasih atas ilmunya mas.
      Saya mau nanya nih, kalo resin untuk ganci bening itu jenis apa ? Dan takaran yg good.
      Harga normal juga mas, hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikumsalam, terima kasih kembali untuk supportnya mas. Resin bening banyak jenisnya mas dari poliester sampai epoxy. Silahkan baca artikel saya disini https://goo.gl/5Zz5Ej mudah-mudahan ketemu kisaran harga dan jenis yang sesuai.

        Delete
    55. Selamat pagi..
      Saya pernah lihat video aplikasi resin pada kayu.jadi resin digunakan diantara kedua kayu(penyambung) yg pada akhirnya menjadi 3 susunan yaitu kayu, resin dan kayu lg. Sangat bagus hasilnya.
      Klo boleh tau bahan apa saja yg diperlukan selain resin tsb untuk menyambung kayu?
      Terima kasih...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat sore mas Indra. Resin yang digunakan: Epoxy bening+pewarna saja. Sifat epoxy yg kuat merekat kesemua permukaan apalagi kayu. Beberapa ada yg menambah pewarna glow in the dark.

        Delete
    56. Pak klo utk melapisi tangki motor, menggunakan resin yg mana? Berapa perbandingannya? Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai Epoxy pak yang perbandingannya 1:1. Biasanya dijual sepasang Part A dan Part B.

        Delete
    57. Pak mau tanya bagaimana agar kuas atau rol bisa dipakai berulang.
      Pengalam saya setelah kuas kering sudah tidak bisa dipakai lagi stelah kering.
      Trimakasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Cuci kuas dgn aseton sebelum benar2 kering mas.

        Delete
    58. Halo selamat sore senang rasanya ketemu artikel yang memiliki info tentang resin yang bagus :). Saya ingin bertanya, saya ingin membuat liontin, bezel dan charm ala kekinian. Kakak tingkat saya sudah memberitahu kalau resin 108 adalah bahan yang terbaik. Tapi saya masih ragu dgn takaran yang pas antara resin dan katalis. ada saran takaran yang pas? Misal 50ml resin berapa ml katalisnya? Ataukah menggunakan satuan liter atau gram?

      Saya juga ingin menggunakan warna diresin saya. Mas ada rekomendasi pewarna resin yang terbaik? Ataukah ada pewarna resin yang khusus?

      Terima kasih :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat pagi. Maaf baru bisa respon. Resin 108 perbandingan bakunya 100:1. Sebaiknya gunakan alat ukur yang akurat seperti timbangan emas misalnya. Atau takaran obat sirup juga boleh. 50ml resin=50mg resin dicampur katalis sebanyak 0,5ml=0,5mg.
        Untuk pewarna ada yg khusus di toko kimia. Semoga membantu.๐Ÿ˜Š

        Delete
      2. Wah masnya responsif sekali :D pewarnanya juga harus dicampur dengan resin/katalis sebelum di mix dengan warna bening resin?

        Delete
      3. Wah mas responsif sekali :D oya tentang pewarnanya apa juga harus dicampur dengan resin+katalis sebelum digunakan? Saya ingin membuat liontin bening yang ada gelombang warnanya.

        Delete
      4. Hai Yuli Ana, terima kasih untuk dukungannya. Pewarna ditambahkan tidak lebih dari 5% dari jumlah resin, diaduk hingga rata kemudian ditambahkan katalis dengan persentase jumlah resin sebelum diberi pewarna. Sebaiknya dipisahkan dulu resin,katalis dan pewarna di masing2 wadah sebelum proses pencampuran. Semoga bisa membantu.

        Delete
    59. bagemana klo resin terlalu kental?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tambahkan styrene monomer atau aseton sebagai aternatif mas, tapi tidak lebih dar 10%. Bahan pengencer ini ada di toko kimia.

        Delete
    60. Saya adalah pemula yang baru baca artikel ini...
      Saya mau tanya kl untuk membuat body mainan bisa gk memakai resin dan apakah jadinya seperti plastik pada umum nya atau adakah bahan pengganti bahan plastik??...makasih semoga berkah...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amin y.r.a. Terima kasih atas doanya. Untuk bahan yang lentur bisa memakai resin lentur. Solusi lain bisa pakai plastik cair dengan memanaskan bijih plastik yg ada dijual online. Semoga membantu.

        Delete
    61. Saya pemula baru prtama baca artikel ini...
      Apakah resin ini bisa sebagai pengganti bahan plastik pada mainan yg bs lentur dan tidak gampang pecah/retak...

      ReplyDelete
    62. Saya mau bikin tutup mesin yg terbuat dr plastik...
      Resin apa yg cokok sebagai pengganti bahan plastik yg kuat dan tdk mudah retak/pecah
      Bhaimana perbandingan campuran resin dan katalis nya..terima kasih semoga nerkaj dan sukses selalu...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Resin yang paling kuat silahkan pakai epoxy casting resin. Artikel terkait ada disini http://goo.gl/5Zz5Ej semoga bisa jadi bahan referensi.

        Delete
      2. Tp sudah terlanjur beli resin merah 157bqtn.huhuhu
        Brpa perbandingan antara resin merah+katalis dan talk biar sedikit lentur... Sukses selalu untuk anda.

        Delete
      3. Terima kasih mas. Sabar, pasti ada manfaatnya beli R157.. hehehe.
        Ini perbandingannya mas:
        100:1 - 100:3 (max) untuk resin:katalis. Cuaca dingin katalis lebih banyak dan sebaliknya.
        2:1 untuk resin:talc atau 50% dari resin (ukuran volume takaran, bukan berat timbangan). Kalau cara saya, campur dulu resin+talk, aduk rata baru tambah katalis, aduk lagi. Semoga sukses juga ya mas.

        Delete
    63. Selamat malam gan, mau tanya kalau perbandingan redin:katalis kan 10:1
      Kalau di kasih talk perbandingannya berapa? Dan apakah perlu di campur air? Saya mau buat point panjat tebing..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Selamat siang ga, maaf respon lambat. Penambahan talk (calsium carbonate) disarankan sebanyak volume (bukan berat) resin. Jangan menambah air karena tidak akan bercampur dengan resin. Semoga bermanfaat.

        Delete
    64. Maaf mau tanya.. Waktu kering resin lyca berapa jam ya.. Dan apakah heardener lyca itu kental.. Soalnya saya beli dikasi heardener kental dan ini sy aplikasikan gak kering2.. Terima kasih sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Normalnya 50 menit -1 jam. Perbandingan Lycal resin dan hardener membutuhkan takaran yang pas yaitu 3:1 jadi disarankan menggunakan unit timbangan emas untuk mengurangi kegagalan. Ya, hardenernya memang kental sama dengan merek epoxy west system.

        Delete
    65. Mau nanya mas, ada gk yah resin yg bsa diaplikasikn pke spraygun, mislnya sy aplikasikan dbidang otomotif, klo ada gimana yh pencampurannya, soalnya sy btuh coating yg kuat dan glossy

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk coating yang kuat dan glossy kebanyakan pakai cat PU (polyurethan) mas. Banyak merek sudah dipasarkan dan hanya menambah aseton untuk mengencerkan. Tetapi ada juga yang memakai epoxy dengan menambah aseton hingga keenceran/viscositas tertentu yang bisa diaplikasikan dengan spray mangkuk khusus resin. Contoh pengaplikasian dengan spray silahkan simak disini https://youtu.be/TMxPC-4DNR8

        Delete
    66. Mas mau tanya,, apakah katalis Sablon gelas dengan katalis resin itu sama??
      terima kasih sebelumnya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Beda mas, biasanya untuk sablon gelas pakai cairan jadi yg mirip atau sama dengan untuk keramik.

        Delete
    67. mas mau tanya, saya sedang mencoba komposit dari daun nanas, saya menggunakan resin vinyl ester r 802. saya udh memakai perbandingan sesuai di buku penjual yaitu 2.5-3 % katalis, 0.6 promotor. tetapi tidak bisa mengering ya, kalau pun mengering bagian samping2nya, soalnya saya jepit bagian atas dan bawahya pakai plat almunium nah yang kering itu malah resin yang disekitaran samping plat, kalau untuk perbandingan 10:1 promotormya berapa persen ya mas. mohon bantuannya mas. trima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf, belum pernah mencoba resin ve 802 jadi belum bisa memberi saran. Mohon refer ke penjualnya ya mas. Mungkin saya akan coba dalam waktu dekat. Kemungkinan besar, resin ini lama atau tidak mengering kalau terkena udara, coba dengan cara vacuum plastik film.

        Delete
    68. Pak, resin yg digunakan itu oil base? Berarti bila saya membuat gambar beeada di dalam resin, langkah pertama membuat lapisan resin mengeras lalu saya taruh gambar dan saya lumuri minyak dan di lapiai resin lg. Apa kah itu bisa? Karena bapak bilang oil base
      Terima kaaih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf respon lama. Oil base berarti akan bercampur dengan minyak jadi gambar sebaiknya dilumuri dengan waterbase seperti lem fox atau mod podge untuk menghindari reaksi dengan tinta/fisik gambar.

        Delete
    69. mas mau tanya , tipe resin buat serat carbon itu pake resin apa biar keliatan bening dan mengkilat , saya pakai resin 2141 prosesnya sangat lama harus tambah promotor , SM , terus pakai resin 157 kering cuma lengket dan ngilangin lengketnya harus di rendem rinso seharian ( mungkin ada solusi buat ngilangin lengkepnya ) dan terakhir pake resin 2252 kendalanya cepat ngejel padahal takaran 100gram resin , 1gram katalis ,dan udah kering rada burem beda sama 157 yg mengkilat , mohon masukanya mas , dan minta kontak yg bisa di hubungin hehehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Serat karbon sebaiknya apakai epoxy bening. Ada sebagian yang menggunakan R157 (UPR) tapi dengan system vacuum. Sifat resin poliester (upr) memang lengket kecuali ditutup rapat dengan plastik film misalnya.

        Delete
    70. Untuk perbandingan resin dan katalis bagusnya pakai gram atau mili liter

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tergantung alat ukur yang dipakai: wadah takaran (volume) atau timbangan (berat). Sebenarnya 1 mg=1 ml dengan densitas 1 kg/m3. Saran saya, untuk akurasi, pakai timbangan emas lebih baik.

        Delete
    71. Kl untuk melapisi benda yg ditulis pakai tinta spidol permanen pakai resin apa, soalnya sy pernah ciba pakai clear pu tintanya meleleh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Marker permanen sering dipakai sebagai pewarna alternatif untuk resin dan pasti rusak oleh resin. Solusinya harus dilapisi clear waterbase atau lem fox sebelum dilapisi resin.

        Delete
    72. pagi mas, saya ada 2 pertanyaan untuk pakar.
      -jenis dan merk resin apa yang cocok untuk repair casing laptop,pegangan engselnya penutupnya rontok.sudah dicoba macam2 lem ga kuat.
      -resin apa dan merk apa yang cocok untuk coating dan lapisan carbon kevlar/fiber ya? yang bening dan bagus.
      sebelum dan sesudahnya terima kasih banyak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk kedua pertanyaan mas sebaiknya gunakan epoxy. Untuk engsel sebaiknya dicampur dengan talek atau bedak bayi. Untuk serat carbon kevlar juga menggunakan epoxy tanpa campuran. Untuk produk impor epoxy west system 105 tapi kurang tau ada di pasar lokal atau tidak. Silahkan dicari. Eposchon juga bagus dan ada di toko online. Untuk jelasnya silahkan cek ini ya mas: https://goo.gl/5Zz5Ej, terima kasih.

        Delete
    73. Mas mau tanya nih, apakah resin 2668 bisa di aplikasikan untuk melapisi multiplex agar tahan air dan panas. saya akan membuat papan pantul basket dari multiplex 18mm dan akan di pasang di outdoor

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya sarankan menggunakan epoxy mas karena selain lebih keras, epoxy akan lebih kuat merekat di triplex/multiplex. Resin 2668 ini cuma jenis polyester yang akan kuat sebagai cairan komposit fiber saja. Kalau diaplikasikan untuk lapisan saya khawatirkan akan retak/pecah2 terkena panas hujan terus menerus.

        Delete
    74. Ass.. wr.. Wb..
      Pak boleh bagi ilmunya..?
      Saya pengen melapisi meja dengan resin.. resin yg saya pakai epoxy resin yg dijual sepaket perbandingan 1÷1.. permasalahnnya pak hasilnya tidak bisa rata dan bagus, dikarenakan campuran tersebut terlalu kental jadi susah diratakan.. apakah ada solusi supaya resin yang saya aplikasikan bisa jadi rata dan bening seperti kaca..?
      Trimaksih sebelumnya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalam wr.wb.
        Terima kasih sudah percaya dan menanyakan di sini. Benar, epoxy lumayan kental dan bisa diencerkan dengan menggunakan aseton, artikelnya bisa simak disini: https://goo.gl/NWwK5P
        Solusi lain, bisa menggunakan flame torch seperti semprot api barbeque atau heat gun blower, bapak boleh simak di artikel dan video berikut: https://goo.gl/p5GgqW. Semoga membantu.

        Delete
      2. Sebelumnya trimkasih bnyak untuk solusi dan sarannya..
        Maaf pak boleh tanya lagi, kalau menurut bapak mana yang lebih bagus pemakaian aceton atau system pemanasan untuk meratakannya..? Karena meja yg saya pakai untuk keperluan out door notabene akan sering kena panas hujan..
        Selain aceton apa ada bahan kimia lain yang bisa dipakai untuk pengencer..? Saya sich sudah coba dengan menggunakan thiner cat untuk pengenceran, hasilnya bisa keras bagus juga, tapi belum tahu ketahaรฑannya, menurut bapak bagaimana..?
        Maaf ya pak kalau nanti saya sering2 tanya.. karena pengen sekali belajar pemanfaatan resin..
        Trimaksih banyak sebelum dan sesudahnya..

        Delete
      3. Ada yg kelupaan pak.. kalau saya menggunakan epoxy resin yg dijual 1 paket (perbandingan 1:1) apakah pengencer yang ditambahkan 10% dari bagian resin atau perbagian campuran.. karena menurut aetikel bapak di https://goo.gl/NWwK5P pengencer yg ditambahkan tidak boleh lebih dari 10% bagian resin..
        Trimaksih..

        Delete
      4. Terima kasih karena lupa bapak yang mengingatkan saya memperbaiki artikel saya. Hehehe. Benar ada perbedaan khusus untuk epoxy deiabndingkan dengan resin polyester yang menggunakan katalis MEKP 100:1. Mengencerkan Epoxy 1:1 tidak lebih dari 10% dari total resin+hardener dan penambahan aseton dilakukan setelah menggabungkan kedua bagian A dan B, lalu diaduk bersamaan dengan asetonnya. Mohon di pertimbangkan, mengencerkan resin bisa megurangi kekuatan sebanyak 35% dari resin murni, jadi pengenceran cocok untuk penggunaan non struktural.

        Delete
      5. Untuk kekuatan saya sarankan menggunakan system pemanasan bahkan ada yang menggunakan microwave atau di atas air panas untuk mengencerkan kalau terlalu kental. Tunggu artikel saya ya pak, akan saya bahas mengenai ini soalnya sedang lumayan sibuk. Hehehe..

        Delete
      6. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ
        Dtinggu pak untuk artikel terbarunya..
        Trimakasih bak untuk share ilmunya yang sangat bermanfaat..
        Sedikit konsultasi lagi pak..
        Epoxy resin yang diecerkan dengan aceton atau thiner hasil campurannya makin memperbanyak gelembung udara ketika diaplikasikan, apa memang demikian..? Atau kira2 karena faktor lain..? karena saya coba aplikasan dengan pengenceran, gelembung yang terbentuk malah makin parah, itupun masih pada pelapisan pertama yang tipis.. karena takut terjadi hal serupa saya terpaksa hentikan pengerjaan takutnya pada aplikasi utama nantinya hasilnya jadi ndak maksimal..
        Trimaksih sebelum dan sesudahnya..

        Delete
      7. Maaf pak menambahkan dari pertanyaan saya tadi berdasarkan pengalaman pengerjaan yang sudah saya lakukan.. bnyaknya gelembung yang timbul ketika diaplikasikan dimedia (kayu) tidak berlaku pada situasi lain, trnyata adonan epoxy resin (dengan penambahan pengenceran) yang tersisa di wadah pas pencampuran saya diamkan ternyata tidak terbntuk gelembung sama sekali.. jadi mohon info karena faktor apa dan bagaimana solusinya..? Apakah harus ada perlakuan khusus pada media (kayu) sebelum pengerjaan selain dari faktor resin itu sendiri?..
        Maaf pak mohon info juga apakah ada epoxy resin yang dijual dipasaran tapi bukan yang sepaket (perbandingan 1:1), kalau ada nama dipasarannya apa ya pak..?
        Maaf kalau jadi banyak pertanyaan kayak orang kepo..
        Trimaksih..
        Wass.. wr.. wb..

        Delete
      8. Terima kasih pak untuk informasi mengenai gelembung yang timbul pada media kayu. Itu salah satu kekurangan penggunaan epoxy encer pada permukaan kayu karena epoxy akan masuk ke pori-pori dan udara di pori-pori naik ke lapisan. Sebenarnya hal inilah yang membuat permukaan lapisan di permukaan kayu seperti kulit jeruk dan banyak juga mengeluhkan soal ini. Solusinya adalah dengan menutup pori-pori kayu terlebih dahulu dan sudah saya bahas di artikel ini https://goo.gl/p5GgqW semoga membantu.

        Delete
      9. Ass.. wr.. wb..
        Sebelumnya saya ucapkan teimaksih atas semua saran dan arahan yang bapak berikan sebelum2nya..
        Ada yang pengen saya tanyakan lagi pak.. kenapa ya epoxy resin yang saya aplikasikan hasilnya masih terasa lengket ditangan padahal sudah sekitar 1 minggu lamanya, pencampuran yang saya lakukan sesuai dengan takaran.. kira2 penyebabnya apa pak, dan bagaimana silusinya..?
        Trimakasih..

        Delete
      10. Wa'alaikumsalam. Boleh tau epoxy yg dipakai pak? Kemungkinan paling umum adalah kelembapan udara kalau memang takaran sudah pas. Solusinya boleh di amplas dan dilapisi lagi.

        Delete
    75. Assalamualaiqum,resin jenis apa yg bagus buat melapisi perahu/sampan trus takarannya brp yg pas.terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalam wr.wb. Mayoritas menggunakan resin polyester mas yang juga disebut resin kapal, biasa berwarna merah atau butek dan itu sudah cukup bagus. Untuk kualitas hasil lapisan, pertimbangkan juga penggunaan serat yang lebih tebal. Perbandingannya yang dianjurkan adalah 100:1 antara resin:katalis.

        Delete
      2. Terima kasih om untuk pencerahannya semoga sukses selalu.

        Delete
      3. Terima kasih kembali untuk dukungannya. Sukses juga ya..

        Delete
      4. Maaf om 1 peryanyaan lg misalkan parahu itu udah dilapisi resin trus mau dilapis lagi biar lebih tebal apa resinnya bisa menyatu sama lapisan yg pertama

        Delete
      5. Sesuai pengalaman, resin kapal/polyester (UPR) melekat ke permukaan resin sejenis asalakan bersih dari kotor atau lapisan lain. Sebaiknya amplas dulu dan bersihkan dengan thinner sebelum menambahkan lapisan lain. Semoga bermanfaat.

        Delete
      6. Ok om terimakasih atas penjelasannya,maaf sudah banyak tanya ya om.

        Delete
      7. terima kasih kembali. Ngga apa2 kok ditanya dgn senang hati sy jawab kalau bisa๐Ÿ˜Š

        Delete
    76. haloo gan,selamat siang,semoga sehat dan succes selalu ..

      saya mau bertanya,cara penggunaan resin dan anti bubble,itu langsung di campur semua trus di aduk?atau cara lain?

      terima kasih


      salam..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Halo juga gan. Maaf respon lambat. Penggunaan anti bubble sebelum menambahkan katalis. Resin+ab diaduk sampai gelembung terlihat sangat kecil lalu tambahkan katalis.

        Delete
    77. Resin bisa untuk melapisi kertas nggak ya?lagi buat kaligrafi tapi dari bahan kertas,biar keras bisa tegak gitu dikasih apa ya?terima kasih ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas, cocok sekali untuk itu. Silahkan lihat videonya dan artikelnya di sini: https://goo.gl/e7NK2J

        Delete
    78. Halo. Salut dan terima kasih atas artikel dan sharing tipsnya.
      Saya mau tanya bedanya aerosil (=fumed silica??) dan talc.
      Dari yg saya baca fungsi umum mereka adalah sebagai filler.
      Yg bikin bingung, ada artikel yg bilang aerosil untuk memperkuat lengketnya resin ke fiber, dan talc untuk hasil yg lebih keras dan lentur (keras tapi kok lentur??).
      Jadi sebenarnya apakah perbedaan fungsi keduanya?
      Terima kasih banyak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Fungsi utamanya sebagai filler dan mengentalkan cairan resin. Mengenai talcum powder, memang membingungkan kalau pernyataannya bikin keras lentur..hehehe. Menurut saya talc memang memperkuat dan lebih tahan benturan dibanding resin+katalis murni. Silica berfungsi sama dan umumnya untuk menambah ketahanan lapisan sebagai sealer (dipakai juga untuk cat sebagai anti karat). Tapi tanpa serat fiber tetap saja mudah pecah/patah kalau dibengkokkan.

        Delete
    79. Sangat bermanfaat sekali Pak,
      berkah berbagi ilmunya.
      Mantaab.....

      ReplyDelete
    80. Terimakasih atas berbagi ilmunya. Saya ingin mencoba untuk membuat GlasWood Foto.

      ReplyDelete
    81. Haloo om bermanfaat sekali artikelnya, saya lagi mao coba coba bikin tangki bensin untuk motor minibike kira kira resin jenis apa ya yang tahan terhadap bensin apakah harus ada penambahan talc dan serat fiber
      Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Haloo juga. Terika kasih untuk kunjungannya.
        Jenis resin yang tahan bensin: EPOXY biasanya dijual sepasang (resin + Hardener) dengan perbandingan 1:1, 200rb-500rb per kg nya. Harga lebih mahal sesuai dengan kualitasnya yg sangat kuat merekat di hampir semua permukaan keras. Guanakan serat kaca setelah lapisan dasar epoxy untuk menambah kekuatan. Untuk epoxy tidak perlu menambah talc tapi ga salah juga. Semoga berhasil...

        Delete
    82. mas mo tanya kalo resin yang tahan terhadap bensin ada? rencana mo bikin tanki bensin minibike dari fiberglas

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jenis resin yang tahan bensin: EPOXY biasanya dijual sepasang (resin + Hardener) dengan perbandingan 1:1, 200rb-500rb per kg nya. Harga lebih mahal sesuai dengan kualitasnya yg sangat kuat merekat di hampir semua permukaan keras. Saya pernah pakai resin biasa tapi terkelupas. Semoga bermanfaat ya...

        Delete
    83. Kalo hasil nya pecah itu karna apa ya mas, kebnayakn katalis atau kekurangan, atau ada efek dari terlalu tebal barang yg ikin kita buat, dan cara menghindari keretakan itu gimana ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Biasanya karena panas berlebih akibat kebanyakan katalis. Ciri lain mungkin berwarna kekuningan. Solusinya ditambah talcum powder dan kalau untuk fiberglass menggunakan serat.

        Delete
      2. talc powder itu bedak kah bang?, terus nyampur bedaknya itu gimana ?, ketika resin sama katalis tercampur atau dicampur duluan bareng resin sama pigment warna sebelum dikasih katalis ?

        Delete
      3. Maaf baru bisa merespon :)
        Talc powder berupa bahan kimia yang struktur fisiknya mirip dengan bedak bayi. Jadi bedak bayi jyga bisa dipakai tapi kan jadi mahal ya. Untuk mencampurnya bisa sebelum dan sesudah dicampur katalis dan bahan lain (pewarna) tapi harus sudah siap di wadah masing2 dengan takaran yang dianjurkan. Hasilnya sama aja dengan cara mencampur cepat setelah resin+katalis teraduk rata. Selamat mencoba.

        Delete
    84. Aslm ... kk sy mw bertnya.. sy mw buat action figure dr resin.. brp takaran resin+katalis+bubuk talk untuk mendapat kan hasil yang sempurna.. maaf sy masih awam.. mohon bimbingnny

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalam wr.wb. Maaf baru bisa merespon. Takaran resin harus sesuai resin yang di pakai ya. Kalau resin biasa, takaran Resin:Katalis = 100:1. Resin:talc = 100:50 (resep saya) ada juga yang pakai 100:100 atau 1:1 dengan ukuran volume (wadah takar) bukan ukuran berat (timbangan). Semoga berhasil.

        Delete
    85. Mas kalo resin pink itu perbandiang nya 100:1 kan???....... Truss klo mau mudah melepas fiber ke cetakan aqu pakai pengkilap/pelicin lantai itu benar ngk mass??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf baru bisa merespon. Iya benar mas, dan sepertinya sudah terjawab di channel youtube ya mas :)

        Delete

    Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
    Catatan:
    Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. ๐Ÿ˜Š