HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, July 22, 2017

12 Benda Kerajinan Tangan dan Barang Kreatif dengan Memanfaatkan Ban Bekas

Mungkin terlintas di benak kita apabila mendengar kata Ban Bekas yang identik dengan sampah atau limbah yang berbahaya. Bagaimanapun limbah ini tidak akan hancur oleh tanah dan bisa menjadi sarang nyamuk apabila dibuang begitu saja. Jadi, ban-ban bekas jangan dibuang karena selain merusak lingkungan, masih banyak manfaat yang bisa dikreasikan dari ban-ban bekas misalnya untuk pekarangan dan bahkan bisnis. Semasa sekolah mungkin memanfaatkan ban bekas menjadi pot bunga kecil sudah dipelajari dan menjadi tugas mata pelajaran keterampilan. Itu bukan sekedar untuk nilai tinggi dari mata pelajaran saja tetapi secara jelas hal itu sudah memberikan bekal ide untuk generasi muda dalam menghadapi masa depan sekaligus menumbuhkan rasa sayang lingkungan sejak dini.
Sekarang ini banyak pengrajin yang dapat bertahan hidup bahkan cukup lumayan hanya dengan memanfaatkan keterampilan dalam mengolah ban-ban bekas menjadi kebutuhan masyarakat. Kita juga bisa menyulap sampah ini menjadi hal-hal yang bermanfaat bagi pekarangan rumah kita sendiri atau merubahnya menjadi karya unik yang bernilai tinggi. Kenapa tidak? Semuanya bisa menjadi mungkin asalkan ada kemauan.





Selain sebagai karya seni, ban-ban bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan-bahan bangunan atau furnitur-furnitur yang tidak kalah menariknya dengan furnitur yang harganya fantastis. Dengan sifat karet yang tidak mudah rusak atau busuk menjadi nilai lebih tersendiri bagi ban bekas dalam hal ketahanan untuk dimanfaatkan di dalam maupun di luar rumah.
Berikut ini ada 12 bentuk pemanfaatan ban-ban bekas menjadi barang-barang yang bernilai tinggi.

1. Pot Bunga.
Taman yang kosong akan lebih indah apabila dipenuhi bunga-bunga segar dan penuh warna. Pot-pot yang digunakan tidak perlu dibeli cukup dengan memanfaatkan ban-ban bekas menjadi penggantinya denga menyusun serta mewarnai sedemikian rupa sudah bisa menjadikan pekarangan rumah kita terlihat asri dan menarik. Proses pembuatannya terbilang mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus dalam hal ini.


 Pot-bunga-ban-bekas
Pot Bunga dari Ban Bekas

2. Kursi Taman
Siapapun pasti ingin bersantai menikmati waktu luang bersama keluarga di pekarangan rumah apalagi kursi-kursi dan meja taman yang dibuat sendiri merupakan suatu kebanggaan bagi pembuatnya. Ban-ban bekas yang ada disekitar kita bisa dijadikan bahan tempat duduk yang cantik dan unik dan hanya memerlukan sedikit polesan. Untuk lebih menarik lagi, ban bekas bisa dibentuk sedemikian rupa dengan alat-alat sederhana seperti pisau, dan kawat ditambah dengan bahan-bahan tekstil lain sebagai sandarannya atau busa-busa bekas yang dilapisi kain / plastik sebagai dudukannya. Aplikasi warna yang cerah sudah tentu menambah kesan ceria areal pekarangan rumah.

kursi-dan-meja-dari-ban-bekas

Kursi dari Ban Bekas
3. Hiasan Model Hewan dan Unggas di Taman
Taman yang diisi dengan model patung hewan atau unggas akan menambah keindahan taman dan terlihat lebih hidup. Tidak perlu yang mahal, model hiasan ini bisa dibuat dari ban-ban bekas yang dihias dengan cat warna-warni.

model-patung-dari-ban-bekas
Patung dari Ban Bekas
4. Air Mancur Hias Taman
Air mancur mini tidak selalunya mahal. Ban-ban bekas bisa dijadikan air mancur menarik yang tidak kalah menariknya dengan yang berbahan batu alam atau semen. Air mancur dari ban bekas ini juga memiliki kelebihan dibanding yang permanen atau yang terbuat dari batu alam dimana ban bekas ini bisa dipindah-pindah dengan mudah karena tidak seberat yang terbuat dari batu alam atau semen.

air-mancur-dari-ban-bekas

Air Mancur dan Kolam Ikan dari Ban Bekas
5. Atap Rumah dari Ban Bekas
Atap rumah tidak harus terbuat dari genteng, seng atau asbes. Ban-ban bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi atap rumah yang tidak kalah cantiknya bahkan lebih menarik dari atap rumah konvensional.

atap-rumah-dari-ban-bekas

Atap Rumah dari Ban Bekas
6. Sol Sepatu dan Sol Sendal
Punya sendal atau sepatu bekas yang solnya sudah rusak? Gunakan ban bekas sebagai gantinya. Pengrajin sol sendal dan sepatu juga banyak memanfaatkan ban-ban bekas sebagai mata pencarian sehari-hari atau mungkin bisa menjadikannya komoditas alternatif baru. Sifat karet ban yang lentur dan tahan lama jadi kelebihan lain dari penggunaannya sebagai sol sendal dan sol sepatu.

sol-sendal-sepatu-dari-ban-bekas

SolSepatu dan Sendal dari Ban Bekas
7. Bingkai Gambar dan Bingkai Foto
Garis-garis ban-ban bekas bisa membentuk corak yang menarik apabila dijadikan hiasan seperti gambar bingkai foto di bawah ini. Corak ban-ban bekas juga bisa dibentuk dengan menggunakan besi-besi panas sesuai dengan keinginan. Paduan warna hitam dengan warna abu-abu atau putih cocok untuk dijadikan hiasan elegan dan minimalis atau apabila suka yang hitam polos, kita bisa menggunakan semir sepatu untuk mempercantik tampilannya.

bingkai-foto-dari-ban-bekas

Bingkai Foto dari Ban Bekas
8. Tempat Buku dan Majalah
Punya banyak buku atau majalah tapi ingin meletakkanya di dekat tempat duduk, silahkan manfaatkan ban bekas menjadi rak penyimpanannya. Cukup memotong ban menjadi dua atau 3 sudah bisa dijadikan tempat buku dan majalah yang unik. Penambahan besi cor jadi kakinya tidak begitu susah. Polesan warna bisa disesuaikan dengan warna interior dengan menggunakan cat minyak.

tempat-majalah-dari-ban-bekas

Tempat Majalah dari Ban Bekas
9. Rak Dinding Gantung
Tidak susah memikirkan rak gantung untuk tempat barang-barang. Cukup dengan ban utuh dan menambahkan kayu bekas di tengahnya sudah bisa kita jadikan tempat barang-barang kita daripada berserak dilantai atau meja. Warna putih atau metalik sangat cocok sebagai kombinasi warna apapun.

rak-dinding-dari- ban-bekas

Rak Dinding dari Ban Bekas
10. Wastafel dan Meja Kamar Mandi
Modifikasi kerangka besi sebagai tempat ban bekas bisa dikreasikan menjadi wastafel kamar mandi atau luar rumah. Ban bekas ini juga bisa dijadikan meja rias di depan cermin kamar mandi. Usahakan menutup celah-celah menuju ruang kosong bagian dalam ban agar tidak menjadi sarang serangga. 

wastafel-dari-ban-bekas

Wastafel dari Ban Bekas
11. Meja Serbaguna
Ban bekas bisa disulap menjadi meja lesehan yang serba guna. Cocok untuk anak-anak mudah yang ingin ruangannya lebih sederhana dalam penyimpanan barang-barang keperluan yang berukuran kecil seperti gambar di bawah ini. Susunan 2 buah ban bekas bisa dijadikan meja ruang tengah atau ruang tamu dan bisa juga sebagai meja sudut ruangan.


meja-serba-guna-ban-bekas

Meja Serbaguna dari Ban Bekas
12. Taman Bermain untuk Anak-anak (Kids Playground)
Memiliki pekarangan yang kosong dan ingin memiliki usaha kecil sebagai playground sangat cocok untuk dijadikan sebagai uang tambahan. Manfatkan ban-ban bekas berbagai ukuran sebagai hiasan warna-warni yang menarik atau sebagai arean permainan, ayunan dan pijakan bagi anak-anak.

fasilitas-play-ground-dari-ban-bekas

Arena Bermain Anak
Demikian beberapa manfaat ban-ban bekas menjadi benda-benda yang serba guna. Selain dengan memanfaatkan barang yang tidak bernilai menjadi barang lain yang bernilai jual kita juga sudah ikut serta mengurangi limbah yang cenderung merusak lingkungan bahkan bisa menjadi bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan dengan ban-ban bekas ini, kita hanya tinggal memikirkan ide-ide kreatif yang ada di dalam diri kita. Semua kreatifitas tidak harus menjadi keahlian karena semua manusia sudah dilahirkan dengan kemampuan berfikir yang cenderung kreatif. Tinggal kita sendiri saja yang menentukan apakah kita mau mengembangkannya atau tidak.

2 comments:

  1. Selamat siang admin, bisa minta tolong atau dibantu untuk pemesanan dimana ya ini kami ada di semarang tp kesulitan untuk mencari penggrajin yg ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak, saya juga belum melihat banyak pengrajin di daerah saya Kepulauan Riau. Minat masyarakat mungkin sudah besar tapi keterbatasan alat, bahan dan pelatihan di daerah membuat mereka susah mengembangkannya. Untuk itu kali pelan-pelan mencoba menuliskan apa yang kami bisa untuk memberi manfaat termasuk tutorialnya di artikel2 mendatang.

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊