HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Wednesday, April 19, 2017

Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin

Kayu rawan akan kerusakan yang kebanyakan disebabkan oleh air, benturan, goresan, rayap, kumbang dan lain-lain. Kerusakan yang paling sering adalah lapuk karena lembab oleh air terutama pada kayu-kayu olahan pabrik seperti triplek, papan serbuk kayu (particle board) yang biasanya digunakan untuk bahan lemari. Pelindung kayu banyak kita jumpai di toko cat dan toko bangunan seperti cat, epoxy, plitur, dll.
Melapisi-Permukaan-Kayu-Dengan-Resin
Melapisi Permukaan Kayu Dengan Resin (Image by flashclean.co.id)
Resin kebanyakan digunakan sebagai bahan pembuatan fiber seperti badan kapal, gantungan kunci, patung atau model, bingkai gambar, air mancur, fairing motor dan masih banyak lagi.
Baca juga: Pengenalan Resin dan Katalis serta Takaran Terbaik Pencampurannya
Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai penggunaan resin dan katalis (pengeras) sebagai pelapis kayu yang menurut saya lebih kuat, praktis dan ekonomis dibanding bahan-bahan lainnya. Langsung saja, berikut cara yang saya lakukan:
  • Utamakan keselamatan kerja, bahan kimia yang dikandung resin dan catalys beresiko dengan kesehatan dan disarankan untuk menyediakan alat-alat pelindung sebelum memulai pekerjaan seperti masker, sarung tangan dan kaca mata kerja.
safety-tool-kerajinankreatif.com
Alat keselamatan kerja
  • Sediakan Resin dan Catalyst (hardener) dan beberapa gelas air mineral atau sejenisnya. Ada juga yang menambahkan talk untuk memperkuat resin dalam membuat fiber tetapi karena ini hanya untuk mengaplikasikan ke permukaan kayu, maka cukup dengan resin dan catalys saja. Tetapi silahkan apabila ingin mencoba-coba tentu saja tidak ada salahnya.
resin-dan-takaran
Resin, katalis dan wadah plastik
Resin bisa kita temukan di toko-toko cat dan toko bangunan yang biasanya dijual per-liter satu paket dengan catalystnya sesuai dengan takaran resin yang kita beli. Gelas plastik air mineral kita gunakan sebagai wadah mencampur resin dan catalys.
  • Kertas Amplas, Kuas dan kain bekas. Sebaiknya sediakan kuas lebih karena ukuran yang harus kita kuas lumayan luas dan sifat resin yang cepat mengeras mengharuskan kita mengganti kuas apabila tidak sanggup menyelesaikan pekerjaan satu kali.
  • Rakel Karet. Biasanya digunakan dalam sablom atau percetakan, Sifat karet yang tahan terhadap resin sangat baik digunakan untuk meratakan resin. Jangan menggunakan busa atau sejenisnya karena akan hancur dan akan menempel pada hasil lapisan resin. Kita juga bisa menggunakan sendal bekas sebagai alternatif jika rakel tidak ada tetapi harus di potong dan di tajamkan dengan benar-benar rata.
rakel-karet-resin
Rakel Karet
Langkah-langkah Pelapisan Kayu dengan Resin:
Dengan bahan, alat dan perlengkapan di atas kita sudah bisa memulai pelapisan sebagai berikut:
  1. Merapikan Permukaan Kayu: Rapikan permukaan kayu dengan menggunakan kertas amplas. Kayu yang akan dilapisi resin harus bebas dari minyak karena akan megurangi resapan resin terhadap kayu dan hal ini dapat menyebabkan resin terkelupas atau menggelembung.
  2. Membersihkan Permukaan Kayu: Debu, serat kayu dan benda-benda lain harus kita bersihkan dari permukaan kayu yang akan kita lapisi resin dengan menggunakan kuas atau kain bekas yang kering dan bersih. Sisa-sisa kotoran dan benda lain sangat berpengaruh terhadap hasil polesan resin.
  3. Campur Resin dengan Catalys: Penjelasan mengenai cara mencampur resin dan catalys dapat kita simak di artikel perbandingan resin dan catalys.
  4. Oleskan lapisan tipis (Primary Bonding): Dengan primary bonding diharapkan dapat mencapai pori-pori kayu dan tentunya akan memperkuat ikatan resin terhadap kayu. Untuk langkah ini campuran resin dan catalys tidak perlu banyak. Resin yang sudah tercampur katalis sangat cepat mengeras dan mengharuskan kita melakukan pelapisan dengan cepat maka saya sarankan untuk menggunakan kuas yang besar.
  5. Menuang Resin (Secondary Bonding): Cara termudah untuk menutupi permukaan datar kayu adalah dengan cara menuang resin setebal 2 mm oleh karena itu gunakan tempat mencampur yang lebih besar. Resin yang sifatnya seperti minyak akan menyebar mengikuti permukaan kayu hingga 'rata air'. Kita bisa menggunakan rakel karet seperti gambar di atas untuk membantu meratakan resin ke seluruh permukaan kayu sambil memperhatikan dengan teliti permukaan yang belum terkena resin. Apabila ada permukaan yang belum cukup, kita bisa menuang resin sedikit demi sedikit hingga rata.





Penggunaan resin untuk meja kerja seperti di artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Meja Kerja Cetak Semen, saya perkirakan kebutuhan resin untuk melapisi permukaan triplek adalah sekitar 1,5 liter resin untuk mencapai ketebalan 2mm.
Resin yang sudah kering akan susah menyatu dengan sondary bonding dan sebaiknya secondary bonding kita lakukan pada saat permukaan primary bonding masih basah. Apabila primary bonding sudah terlanjur kering, kita bisa mengamplas seluruh permukaan resin yang kering agar secondary bonding lebih kuat mengikat primary bonding.
Demikian penjelasan saya kali ini, mohon maaf apabila ada kekurang, silahkan memberikan komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

53 comments:

  1. Cara di atas sudah saya praktekan sendiri, kan msih pemula didunia perlemarian gitu jdi mau nanya. Selain resin apakah ada bahan lain yg sama manfaatnya? Soalnya disini bahan resin cpt habis, jdi kadang nunggu lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf agak terlambat responnya. Oia, penggunaan resin sebenarnya untuk alternatif murah untuk wood finishing. Sebenarnya banyak cat resin epoxy yang fungsinya sama dan siap jadi tanpa proses campur seperti Impra atau Propan misalnya. Cuma kalau pake yang itu butuh banyak untuk hasil yang tebal seperti kaca. Untuk produksi komersial silahkan disesuaikan saja harga jualnyanya. Terima kasih atas kunjungan dan supportnya ya, salam sukses selalu.

      Delete
  2. bagus sekali mas artikelnya. Makasih

    www.374shop.com
    www.farmaperkasa.com

    ReplyDelete
  3. mau tanya: kalau melapisi bidang tegak gimana caranya? karena resinnya kan meleleha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara terbaik harus menggunakan kuas bulu atau rol, sama aja spt mengecat mas Fadli... Malah pakai semprot juga bisa. Untuk mengencerkan boleh ditambah acetone.

      Delete
  4. Mas mau tanya...kalau kayunya sudah di cat,apa bisa dikasih resin lg..dan apa resinnya bisa melekat sempurna???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikasih resin tapi diamplas dulu untuk buka wax permukaan cat. Kalau soal sempurna atau tidak itu relatif tergantung rekatan cat ke kayu.

      Delete
  5. Mau nanya gan ....
    Saya kelas pemula, Utk epoxy & herdener saya campur tiner saya mau semprot tapi hasilnya kok gk bisa ya mas.
    Mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi gan, maaf gak bisanya gimana ya? Epoxy(A) dan thinner dicampur sebelum dimasukin katalis(B) ya gan. Banyak thinner ga lebih dari 10% dari banyak resin dan penggunaan ASETON murni lebih baik dari thinner biasa meskipun fungsinya mirip. Semoga berhasil.

      Delete
    2. maaf gan kalau tdk pakai aseton cuma pakai thiner,trus cara campurnya mana yg lebih dulu?atau bersamaan?trims

      Delete
  6. Mas sya mau tanya kalau maengatasin resin sama kayu jati, saya masih mengalamin masalah ini, kayu jati sama resi tidak mau menyatu, ada solusi gak buat kayu jati yang karakternya banya getah ma minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau resin apa yang mas pakai? Seharusnya resin menyatu karena juga terbuat dari getah dan berbasis minyak meskipun sintetis. Kemungkinan besar permukaan kayu kurang di amplas atau coba resin epoxy. Solusi lain, coba sapukan thinner atau aseton sebelum melapisi dengan resin.Semoga membantu.

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk epoxy lantai gmn ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi ELLIN ELLIN,
      1. Proses scrubbing/buffing membersihkan dari kotoran sekaligus membuka pori-pori.
      2. Menghindari/memeriksa kondisi lantai agar tidak ada yg basah/lembab (pakai blower).
      3. Melapisi dengan epoxy primer (merek apa saja)
      4. Melapisi dengan epoxy finisher (konsultasikan yang sesuai dengan epoxy primer)
      Semoga membantu.

      Delete
  9. Gan hasil dari campuran resin dan katalis sama gk dngn hasil akhir dari resin epoxy yg di jual di toko bangunan atau cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Epoxy itu resin kualitas paling bagus mas. Kalau dibandingkan dengan polyester dengan vinylester tentu lebih kuat epoxy meski fisik terlihat sama.

      Delete
  10. Gan mau tanya resin kalau gak di campur katalis bisa jadi nggak/ bisa seperti kaca nggak
    Maaf pemula trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bakal keras gan. Solusi lain pakai polyurethan (cat PU) aja kalau ga mau ngoplos.

      Delete
  11. Maaf mau tanya ini epoxy resin itu lem epoxysi yg buat ngelem kayu itu apa beda lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, epoxy ada dalam bentuk lem (biasa tulisannya adhesive) Ada juga diproduksi untuk lapisan bening (clear coating) tapi sebaiknya untuk area yang butuh kekuatan lapisan aja. Coating ini ada 2 macam lagi seperti primer coat dan finisher coat. Untuk lapisan bening aja cat resin vinyl atau PU (polyurethan) sudah cukup. Semoga membantu.

      Delete
  12. Aslkm gan.. mau tanya material yg ga bisa di lapisi resin itu apa ya... trima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam gan. Semua bisa gan tapi gak merekat ke plastik film, karet dan permukaan basah.

      Delete
  13. Halooo salam kenal, mau tanya kalau antara melamin dengan resin bila digunakan di bagian luar lebih tahan yang mana ya ? misal untuk meja, kursi dll
    kalau sudah menggunakan melamin untuk finising kayu apa bisa lalu dilapisi dengan resin? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon di jawab mas,,, pertanyaannya sama dg saya

      Delete
  14. Terima kasih atas infonya gan. Saya berhasil melapisi resin ke kayu palet. Tapi keburu habis resinnya .pertanyaannya setelah kering apakah bisa di lapisi langsung dengan resin baru .Soalnya baru 1 lapis. Itupun pake kuas .tipis banget hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, langsung saja. Tapi kalau sudah mengeras atau lapisan lama, sebaiknya amplas sedikit dan sapukan thinner/aseton sebelum memberi lapisan selanjutnya. Semoga membantu.

      Delete
  15. Slamat siang, Salam kenal. Mas saya ada rencana mau melapisi permukaan Perahu Kayu saya. Jenis resin dan campuran apa yang harus saya pakai? dan apakah harus menggunakan serat fiberglass atau tidak perlu?
    Mungkin ada artikel cara buatnya??... trimakasih sudah membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas. Resin UPR (unsaturated polyester resin) seperti yuc*lac R157 sudah cukup bagus biasanya warnanya merah muda dan sering jg disebut resin kapal. Menurut saya penggunaan serat fiber wajib untuk kapal untuk memperkuat lapisan. Untuk bahan lain boleh menggunakan fumed silica atau talkum powder sebagai campuran resin, biasa dijual juga di toko kimia. Untuk artikel spesifik belum saya jumpai mas, tapi mungkin boleh lihat lihat di channel youtube saya disini: https://goo.gl/VmKZPH
      Semoga membantu.

      Delete
  16. Assalaamu'alaikum selamat pagi. mohon ijin bertanya gan.
    misalkita membuat busur panah pakai kayu agar nggak mudah patah bagaminan ya cara melapisi kayu pakai resin.apaharus pakai serat fiber juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb.Sebaiknya pakai serat kaca (fiberglass) pak karna kalau resin saja nggak akan kuat. Serat ada yg di desain untuk pipa berbagai ukuran.

      Delete
  17. Kalo pakai lem avian epoxy bisa tidak untuk meja kayu?atau moon refrensi nama merknya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melapisi pakai coating mas. Jangan adhesive.

      Delete
  18. Caranya gimana melapisi tongkat kayu dengan resin, tolong dijelaskan step demi step. Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melapisi tongkat:
      1. Pastikan permukaan bebas dari kotoran, minyak dll dengan menyapukan thinner/aseton
      2. Pakai resin epoxy bukan resin fiberglass/butek karena hasil akan lengket kalau dipakai sebagai pelapis.
      3. Epoxy biasanya dijual sepasang dengan perbandingan 1:1 dan harus tepat. Di aduk dengan seksama selama 2-4 menit untuk hasil yang bagus.
      4. Gunakan kuas busa atau kuas biasa yang berkualitas baik untuk menghindari rontok.
      5. Gunakan aseton kalau terlalu kental sebanyak 5% dari campuran. Aseton juga bisa dipakai untuk membersihkan kuas.
      6. Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. Wisnu
      Gan, mau tanya,,,dinding ane dicat motif papan dan serat kayu pakek cat tembok, bisa dilapisi resin ngak, klau bisa resin yg jenis apa dan caranya gmana,mator suwon

      Delete
  19. Di youtube banyak memakai jenis resin epoxy..yang mw saya tanyakan jenis resin epoxy apakah itu..apakah di indonesia untuk membuat meja bisa menggunakan resin epoxy yang beredar di toko toko .
    Mohon informasi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa merespon. Resin epoxy yang sering digunakan untuk meja atau counter top itu epoxy clear casting mas. Di Indonesia sudah ada juga barang impor yang sudah dipasarkan. Silahkan cari dengan keyword Epoxy Clear Casting. Semoga membantu.

      Delete
  20. selamat malam mas.
    baru saja saya membuat almari anak2 dan meja belajar bahan jati belanda.
    boleh minta sarannya mas ya secara step by step agar bisa saya finising menggunakan bahan resin.
    disini saya masih belajar finising mas.
    mohon pencerahan apa saja yg harus saya belanjakan ?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali baru bisa merespon. Resin disarankan untuk melapisi permukaan yang datar horizontal seperti meja makan. countertop dll. Tapi beberapa pengrajin ada yang memakai spray khusus resin polyester. Silahkan dicari di toko-toko bangunan/teknik.

      Delete
  21. Kalau kitchen set pakai triplek melamin kemudian dilapisi epoxy clear bisa mas ?

    ReplyDelete
  22. Sy pemula,,,, kepingin meresin perabot yg lama,, tp kayunya sangat baik/bagus,(maklum perabot warisan orang tua)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resin memang tepat dan membantu pengawetan kayu. Wah.. kenangan warisan nilainya memang tak ada bandingannya, semoga berhasil dicoba aja dulu dengan kayu lain yg sejenis.

      Delete
  23. Mas, untuk mencegah bending di media triplek/plywood ukuran 3-12mm yg dasarnya sdh dilapis resin warna kemudian top coat dg resin (bening biasa) itu gimana ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Mau tanya gan
    Kalo mau bikin meja kombinasi kayu-resin
    Bagian bawahnya kayu itu di lapisi apa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh menggunakan triplek yang dilapisi plastik film atau plastik rigid.

      Delete
  25. Mau tanya gan
    Kalo mau bikin meja kombinasi kayu-resin
    Bagian bawahnya kayu itu di lapisi apa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Mau nanya gan, resin apa yang dipakai untuk melapisi sticker yang ditempel pada ikat pinggang seragam sekolah trus gimana caranya ? Makasih

    ReplyDelete
  27. salam kenal mas. saya mau tanya mas. klo permukaan kayu sudah di cat(pakai cat tembok) apa bisa merekat ya tanpa harus di amplas? klo di plas takit cat nya malah hilang mas. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resin sifatnya melengkung kalau sudah kering tanpa penopang. Dikhawatirkan cat tembok melekat dan terkelupas dari kayu.

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊