HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

18 April 2017

Cara Membuat Meja Kerja Cetak Semen Murah dan Tahan Lama

Kegiatan yang menyangkut kreatifitas memang sangat mengasyikkan bahkan bisa sampai lupa waktu, harus disalurkan tetapi tidak harus membutuhkan tempat yang mewah dan besar. Menghasilkan karya yang hebat dengan harga fantastis cukup dengan ruangan sekitar 4 x 3,5 meter dan itu sudah lebih dari cukup untuk meluangkan waktu menyalurkan ide kreatifitas kita. Berikut ini, akan dibahas mengenai cara praktis dan ekonomis dalam membuat meja kayu yang bisa dibuat sendiri di rumah.

working-table
Working Table
Saya coba buat denah sederhana ruangan yang saya gunakan sekarang beserta beberapa perlengkapan pendukung lainnya seperti di bawah ini dan silahkan natinya disesuaikan sesuai kenyamanan masing-masing. Ukuran ruangan dalam denah di bawah ini adalah 4 x 4 meter dan sudah cukup nyaman melakukan kegiatan atau hobby sehari-hari. Perlu digaris bawahi bahwa ventilasi yang memadai sangat diharuskan untuk ruangan kecil sebagai tempat berkreasi karena bahan-bahan kerajinan kreatif banyak yang mengharuskan pemakaian di tempat yang udaranya bebas keluar masuk. Ini dikarenakan bahan-bahan tersebut bisa saja mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.
denah-ruang-kerja-kerajinan-tangan
Workplace Layout
Meja yang telah dibuat diletakkan di tengah sebagai pusat kerja agar lebih mudah mengakses alat-alat kerja beserta bahan-bahan utama yang saya butuhkan. Dinding-dinding yang kosong saya manfaatkan sebagai gantungan alat-alat seperti martil, tang, pahat, bor, gergaji dll.

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba menuliskan cara membuat meja sederhana yang saya gunakan sekarang, lumayan murah dan saya buat dari barang-barang bekas di sekitar rumah saya. Karena keseringan saya 'bermain' dengan semen dan air, maka saya berfikiran bagaimana supaya meja ini tidak gampang lapuk dan mudah dibersihkan untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang sifatnya lebih bersih dan kering seperti pengecatan misalnya.
Berikut Alat-alat yang dibutuhkan:

working-tools
Alat Tukang
Bahan-bahan yang saya gunakan:
  • Triplek 12mm ukuran 122 x 244 (1 lembar)



triplek-meja-kerja
Ketebalan Triplek/Multiplek

  • Kayu 3 x 4: Potong sepanjang 80cm sebanyak 6 batang untuk kaki meja. 
  • Kayu 1 x 2: Potong sepanjang 240cm sebanyak 6 batang untuk kerangka. 
  • Kayu 1 x 2: Potong sepanjang 120cm sebanyak 10 batang untuk kerangka. 
  • Paku dan sekrup untuk triplek secukupnya. 
  • Plastik mika transparan dengan ketebalan ~0.5 mm biasanya untuk taplak meja dapur dijual dengan lebar 130cm. Kita cukup membeli sepanjang ukuran triplek sekitar 250cm (2,5m). Harga per-meter biasanya dijual dengan harga ~Rp 40.000.
plastik-mika-lapis-meja-kerajinankreatif.com
Plastik Mika Untuk Pelapis Meja


Cara Membuat:
  • Siapkan gambar rencana kerja, bisa dengan coret-coret di kertas karena perencanaan yang tepat akan membuahkan hasil yang memuaskan sehingga ini saya anggap sangat perlu untuk menghindari kesalahan pemasangan dan mempercepat proses pengerjaan. Sambungan-sambungan juga menjadi penentu kuatnya sebuah meja dan oleh karenanya ada baiknya bentuk sambungan yang baik juga tertera dengan jelas di dalam gambar perencanaan.
draft-kerja-pembuatan-meja
Contoh Draft Kerja (Digambar dengan Google SketchUp) 
  • Menyiapkan kaki meja adalah hal utama yang harus dilakukan terlebih dahulu karena dengan kaki meja kita bisa menentukan tinggi yang sesuai dan nyaman selama melakukan kegiatan. Kaki meja juga merupakan tumpuan beban yang mengharuskannya memiliki struktur yang kuat dan kokoh menahan beban. Agar meja juga bisa digunakan untuk kegiatan pembuatan barang-barang yang memiliki bobot berat seperti semen beton, maka ukuran kaki meja kayu yang dibuat hendaknya berukuran cukup besar misalnya kayu 3 x 4.
draft-kaki-meja
Kaki Meja (digambar dengan Google Sketchup)
  • Susun tiga kaki meja dan satukan dengan kayu 1 x 2 yang telah kita potong sepanjang 240cm tadi dan lakukan juga hal yang sama ke tiga kaki meja yang lainnya. Usahakan sisi benar-benar siku ke segala arah agar semua ukuran kerangka bisa terpasang dengan baik dan sesuai dengan gambar rencana atau sketsa.

sketsa-kerangka-meja
Kaki Meja (Digambar dengan Google Sketch Up) 

  • Setelah kaki meja terangkai dengan baik, kita sudah menyatukan triplek 12mm dengan kaki. Gunakan baut supaya lebih kokoh. 
  • Gunakan sisa-sisa kayu yang dibentuk siku untuk memperkokoh sudut-sudut yang rawan goyang seperti sambungan kaki dengan lis kayu (bila perlu). 
  • Tutup permukaan triplek dengan plastik mika dan rapikan dengan staples. Hindari plastik dari lekukan-lekukan dan disarankan menggunakan hair dryer untuk hasil yang lebih baik. 
  • Penggunaan plastik sebagi pelapis hanya sebagai contoh atau boleh bersifat sementara. Rencanaya saya juga akan melapisi meja saya dengan bahan lain yang lebih baik dan licin seperti triplek melamin. Sebagai opsi lain, resin juga sangat bagus dan murah untuk melindungi permukaan kayu dari lembab dan kotor.
Demikian penjelasan saya mengenai cara pembuatan meja kerja yang sedang saya pakai. Saya mengoleskan minyak atau oli bekas dengan tipis agar bekas semen gampang dilepas dan dibersihkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Wah Artikelnya sangat lengkap sekali. Cocok untuk di baca oleh kalangan kerajinan nih. Sampai ada cara caranya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas supportnya, semakin memotivasi untuk berkreasi..

      Hapus
  2. Mantap, lengkap & kreatif sekali gan..

    BalasHapus
  3. cocok ngga nih kalo buat meja komputer :3

    BalasHapus
  4. Buat sendiri sih kebesaran menurut saya. Cocoknya gan untuk layout confrence, buat warnet yang ruangannya kecil. Disusun keliling gitu..hahaha. Tapi lis kayu pinggir sebaiknya di sesuaikan agak ke tengah jadi nggak kena kaki kali ya..makasih atas kunjungannya..

    BalasHapus
  5. bang next artikel coba buat cara buat tampat pajangan barang koleksi untuk ditaruh di tembok, bentuknya seperti meja kecil tp panjang yg di tempelkan ke tembok. semoga mengerti yg sya maksud :) hehee

    BalasHapus
  6. bang next artikel coba buat cara buat tampat pajangan barang koleksi untuk ditaruh di tembok, bentuknya seperti meja kecil tp panjang yg di tempelkan ke tembok. semoga mengerti yg sya maksud :) hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..bagus juga tuh idenya. Udah ada buat yang begituan tapi belum masuk ke blog. Oke, thanks masukannya ya..😁

      Hapus

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊