HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

15 Mei 2021

Masih Bingung dengan Kerajinan Resin? Berikut Jawaban Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan

 

Bongkahan Resin Bening yang Mengeras

Salam kreatifitas tanpa batas!

Sobat kreatif di manapun berada, semoga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa dan selalu dilimpahkan kebahagiaan.

Mimin sudah lama tidak menulis dan akan mencoba lagi berbagi hal-hal yang mimin ketahui seputar resin. Hal ini juga terkait banyaknya dukungan, komentar dan pertanyaan-pertanyaan yang ada di blog ini. Mimin totalkan ada sekitar 675 tanggapan di kolom komentar dan mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya (mumpung masih lebaran juga) Karena mimin tidak sanggup menanggapi kembali satu-persatu.

Di artikel kali ini, mimin akan mencoba merangkum pertanyaan dan mencoba memberikan penjelasan yang beberapa diantaranya mengenai permasalahan sekitar resin. Berikut pertanyaan yang paling sering mimin temui dan memiliki bobot yang lumayan penting. Mimin coba jawab satu-persatu dibawah ini:


Pertanyaan 1Untuk merekatkan fiber dengan kayu supaya lbih kuat, kira2 pake resin mrek apa ya, minta anjuran? Jawaban:

Merek apa saja sangat kuat untuk dijadikan perekat fiber dan kayu. Yang perlu diperhatikan adalah permukaan fiber dan kayu tidak tertutup cat atau wax / sejenis lilin yang keras, karena akan mempermudah rekatan terlepas. Solusinya adalah dengan mengamplas kedua permukaan sebelum direkatkan dengan resin.

2.     Pertanyaan 2Kalo blokbot dulapisi resin dan diggunakan untuk meja kitcheset bisa ndak? Jawaban:

Mungkin yang dimaksud adalah Block Board atau Kepingan Blok Kayu. Tentu saja bias dilapisi resin dan dijadikan kitchen set. Tetapi perlu diketahui kalau resin yang bagus untuk kitchen set adalah Resin Rpoxy dan pengaplikasiannya harus dikuaskan ke kayu sebelum dituang sesuai ketebalan yang diinginkan. Tuang resin epoxy sebelum lapisan yang dikuaskan mongering. Hal ini untuk memperkuat rekatan dan menghindari lapisan resin terlepas karena sifat resin akan melengkung setelah kering akibat panas.

3.      Pertanyaan 3 :Misal kalau kita bikin adonan resin nih, tapi dalam jumlah banyak tapi masih ada sisa lumayan banyak gitu. Apa bisa ngeras kalau gak d abisin? Walau d simpen d wadah kaya botol tertutup gitu? Apa mesti bikin sesuai kebutuhan yang pas aja?😅 Tapi ada gak sih resin yang instan, siap pake gitu? Soalnya aku mau coba bikin custom case pake resin gitu. Kira", resinnya pake yang apa sama takarannya gimana yak? Tolong d bantu jawab.  Jawaban:

Jangankan disimpan, dibiarkan saja selama 30 menit sudah pasti mengeras. Apalagi ditutup dalam kemasan akan semakin mempercepat pengerasan karena panas reaksi katalisasi terbantu oleh kemasan tertutup. Resin yang siap pakai dan tidak perlu dicampur lagi adalah Resin UV (Ultra Violet). Sesuai namanya, tetap saja resin ini memerlukan bantuan penyinaran dengan cahaya lampu unltra violet, sejenis lampu biru pemeriksa keaslian uang kertas.

4.     Pertanyaan 4Melapisi Permukaan Foto dengan Lem Putih. Pertanyaannya apakah Lem itu Warnah Putih atau Bening, Mohon Info Jenis Lem yang disarankan, terima kasih. Jawaban:

Lem putih PVC seperti Fox hasilnya akan transparan untuk lapisan tipis dan berkabut untuk lapisan tebal.
Kalung Terbuat dari Resin


5.      Pertanyaan 5: Pernah coba bikin gantungan kunci ..say beli resin di online shop gak paham resin type apa..pas sya isi dengan daun/bunga kenapa jadi kering ya gan..apa salah dalm pencampuran atau gmna ndan..pas sya pegang cetakan panas sekali. Jawaban:

Resin apapun akan menimbulkan rekasi panas dalam proses katalisasi dan inilah yang menyebabkan daun hijau menjadi berubah warna. Kebanyakan artisan resin mengeringkan daun dulu. Perlakuan daun sama seperti bunga, dimana cara terbaik agar warna tetap bagus adalah dengan memotong bunga tepat sebelum mekar sepenuhnya (selagi muda), lalu ikat menjadi bundel, dan gantung terbalik di tempat yang kering, gelap, dan hangat. kita akan mendapatkan retensi warna terbaik dari lokasi gelap, karena cahaya dapat memutihkan warna.

6.      Pertanyaan 6:Apa bs menggunakan plat besi sbgai cetakan resin ? Jawaban:

Resin yang sudah mengeras akan susah dilepas dari cetakan yang tidak lentur seperti besi dan logam lainnya.Resin juga sangat kuat merekat ke logam, kecuali logam licin yang sudah diberi mold release seperti Honey Wax atau Mirror Glaze.  Itulah sebabnya cetakan yang paling banyak digunakan pasti bersifat lentur seperti karet yaitu Silicone RTV.

7.      Pertanyaan 7:Resin apakah bisa di aplikasikan dengan spray gun... Kalau bisa cara dan takarannya seperti apa? Jawaban:

Bisa dan memang ada alat semprot khusus untuk resin. Tentunya takaran khusus juga berlaku untuk sitem spray dengan penambahan SM (Styrene Monomer) sebanyak 10%. Metode ini jarang digunakan untuk industry kecil karena kurang ekonomis dan rentan kegagalan. Alat campur otomatis juga sangat diperlukan untuk menghemat waktu pemakaian resin untuk menghindari pengerasan dengan sangat cepat.

 

Aksesiris Terbuat dari Resin



Pertanyaan 8:
Saya ibu rt lg hamil.. ingin nanya ada ga efek racun dari zat resin itu sendiri..saya ingin buat gantungan kunci nih cuma takut ada bahaya r zar resin bagi ibu hamil. Jawaban:

Tidak disarankan untuk menggunakan resin yang berbau seperti resin polyester (resin merah/resi kapal) karena berbau dan mengandung zat berbahaya terlebih-lebih untuk ibu hamil. Boleh saja menggunakan resin epoxy yang tanpa bau tetapi wajib dan harus di ruangan terbuka, lengkap dengan masker khusus minimal sejenis N95. Silahkan dikonsultasikan ke penjual resin epoxy mengenai kadar bau resinnya.

9.      Pertanyaan 9:Cara menempelkan resin dan resin bagaimana?di sekrup atao dilem? Jawaban:

Dengan cara mengamplas kedua permukaan lalu direkatkan dengan resin yang sama. Jangan khawatir, hasil amplas yang buram akan hilang dan kembali bening bila terkena resin.

10.  Pertanyaan 10:apakah resin diperbolehkan untuk sebagai penganti aqua proff untuk bagian dak beton bagian atas rumah pak? Jawaban:

Menurut mimin boleh menggunakan resin biasa tetapi tidak disarankan karena sifat resin sama seperti plastik yang akan pecah dan rapuh apabila terkena air dan panas matahari secara terus menerus. Biayanya juga terbilang kurang ekonomis dan pengaplikasiannya yang tidak praktis. Saran mimin, gunakanlah bahan yang memang sudah dirancang untuk aquaproof yang tahan lama seperti epoxy lantai dan cat lapangan tennis / outdoor.
 apakah resin berbahaya pak jika terkena sinar matahari langsung? Jawaban:
Seperti dijelaskan di atas kalau resin akan lebih mudah rusak.

11.  Pertanyaan 11:Papan dengan resin yg bening sudah berhari hari masih lengket minta saran baiknya gimna om. Jawaban:

Sifat resin polyester yang memang didesain begitu. Lengkapnya silahkan simak ini: https://youtu.be/AWZ0iPKXecw

12.  Pertanyaan 12:Untuk cat dasboard kendaraan yang sudah kusam dengan pewarna resin , tapi saya terbentur ada kelunturan , atau kering tetap kusam , solusinya campuran apa yang di pakai , ini juga saya brniatbusaha rumahan , terima kasih sebelumnya . Jawaban:

Tidak semua resin cocok untuk pelapis atau pengganti cat. Aplas terlebih dahulu cat lama yang kusam lalu gunakan resin epoxy ditambah pewarna yang hasilnya mengkilap. Resin epoxy juga dipercaya lebih merekat kuat ke hampir semua permukaan bahan plastik, kayu dan logam. Kekurangannya adalah harga yang mahal dan sebaiknya menggunakan cat atau gelcoat yang dirancang khusus untuk dashboard.

13.  Pertanyaan 13:Tapi saya mau nanya ka berapa banyak bahan yg di perlukan untuk bikin cetakan, tinggi 100 cm Lebar 80 cm dan tebal 1 cm. Jawaban:

Sangat mudah menghitung volume cairan dari ukuran centimeter. 1 Liter = 1000 cm3 (Kubik). Kubik didapat dari Panjang x Lebar x Tinggi. Kalau ukuran wadah kamu 100cm x 80cm x 1cm, totalnya adalah 8000 yang artinya memerlukan resin sebanyak 8 liter. Tetapi beberapa resin memiliki tingkat pemuaian dan penyusutan loh. Fahami juga sifat resin yang akan melengkung setelah mengeras dengan lebar dan tipis seperti itu.

 


14. Pertanyaan 14:  kalau mau bikin meja dari resin,, cocoknya pakai resin jenis apa ya???,,yang kuat, bening dan tahan lama gitu. Jawaban:

Resin Epoxy

15.  Pertanyaan 15:Gimana cara merawat gelang dari bahan epoxy agar tetap bening. Jawaban:

Dipoles dengan compon atau wax. Silahkan simak artikel ini: https://www.kerajinankreatif.com/2021/05/Cara-Membuat-Permukaan-Resin-Mengkilap.html

16.  Pertanyaan 16:Kalau pakai resin polyester yang sudah kering, bisakah dilapisi dengan resin epoxy? Jawaban:

Bisa, dengan syarat resin polyester di amplas terlebih dahulu. Hasil amplas memang buram tetapi akan kembali bening dengan lapisan epoxy.

17.  Pertanyaan 17: resin epoxy itu apakah ada exp nya ato kekurangannya kalo lama tdk dipakai dan didiamkan? Jawaban:

Batas maksimum resin epoxy dan resin lainnya adalah 6 bulan. Sebagian resin terutama resin polyester akan mengendap dan menggumpal lebih cepat apabila disimpan di tempat yang bersuhu panas. Silahkan simak penjelasannya disisni: https://youtu.be/clOiX1072eo

Demikian penjelasan untuk rangkuman pertanyaan yang sering diutarakan dan coba mimin selatankan 😅😅😅.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat, dan mimin mohon maaf apabila tidak semua pertanyaan mimin tanggapi karena terlalu sering disampaikan. Silahkan gunakan pencarian di blog ini untuk menemukan jawaban pertanyaan kamu ya. Salam kreatifitas.

Hiasan Terbuat dari Resin

Oh ya, video di bawah ini mungkin bias jadi bahan referensi untuk kamu. Jangan lupa Like dan Subscribe yah. Hehehe...


Judul Video: PROSES RESIN SHCP MENGERAS TANPA KATALIS
Youtube Channel: Kerajinan Kreatif
Durasi: 3 menit 23 detik

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊