HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Monday, November 20, 2017

Membuat Model Kertas dengan Pepakura

Dari sejak kecil kita sudah pasti sering bermain lipat kertas hingga membentuk mainan atau prakarya yang dikenal dengan origami . 
Sebenarnya teknik lipat kertas ini sudah lama ada sejak jaman dulu dan pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan, ahli matematika dan mesin Islam yang bernama Ismail al-Jazari (1136-1206).
Dalam tulisan ini akan kita bahas dan kupas tuntas hal yang berkaitan dengan teknik lipat kertas modern dan lebih rumit yaitu pepakura dengan bantuan perangkat lunak viewer yang bisa di download gratis yaitu Pepakura Designer.

Apa itu Pepakura Designer?
Pepakura Designer adalah perangkat lunak untuk mencetak bentuk model 3D yang serumit apapun ke atas kertas menjadi bentangan bagian-bagian model 3D tersebut. Kita bisa menggunakan program ini secara gratis untuk menampilkan saja tetapi untuk mengekspor file kita harus membayar lisensi sebesar US$38. Program ini bisa membuka file ber-format ekstensi .3DCG. Sebenarnya banyak freeware dan boleh kamu lihat di sini.

Apa saja yang kita butuhkan?
Kertas tentu saja ya, dan kertas yang kita gunakan sebaiknya kertas tebal atau boleh di cetak di atas kertas HVS kemudian ditempel ke kertas tebal sebelum 'bermain'. Berkreasi dengan pepakura yang sudah di cetak tidaklah begitu mahal dan bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko buku yang diantaranya adalah:
  • Gunting atau Pisau Cutter
  • Lem kertas / Lem Putih. Sebaiknya menggunakan lem tetes cyanoacrylate atau lem setan untuk perekat sementara karena bisa ditetes dan cepat kering. Boleh juga dibantu dengan menggunakan selotip kertas yang meskipun sedikit merepotkan tetapi terbukti bagus.
  • Kuas untuk melapisi bagian yang perlu ditutupi dengan lem putih.
  • Penggaris untuk membantu melipat lurus.
  • Paku atau obeng tumpul untuk memberi tanda dan membantu melipat garis melengkung.
  • Dempul kalau memang serius menjadikan karya pepakura menjadi lebih kokoh.
  • Cat kalau ingin mewarnai dan tidak perlu kalau sudah di cetak warna.
  • Alas potong atau selembar kayu triplek juga bisa.
  • Alas boleh menggunakan aluminium foil atau plastik agar pepakura tidak merekat.
Singkatnya, adalah mencetak, menggunting dan menempel semua bagian menjadi satu bentuk model sesuai yang kita cetak. Mohon diingat bahwa hobby ini sangat membutuhkan kesabaran dan yang paling penting, waktu. Pandai-pandailah memanfaatkan waktu luang๐Ÿ˜.

Mungkin ada kegagalan atau kebingungan yang timbul pada saat melipat dan menggunting kertas sebelum menempel. Perlu diperhatikan tanda garis yang ada di hasil cetak dan masing-masing garis memiliki fungsi petunjuk tersendiri sebagai berikut:
  • Garis putus-putus artinya LIPAT KE ATAS
  • Garis normal artinya GUNTING / POTONG
  • Garis Titik Garis Titik artinya LIPAT KE BAWAH
Dengan memahami arti garis tersebut kita tidak akan merasa bingung lagi. Sketsa yang lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini:
Garis-garis Pepakura
Garis-garis Pepakura 


Untuk cara yang cukup mudah, silahkan saksikan video di bawah ini. Jangan lupa subscribe ya:
Judul Video: Membuat Model Kertas Sederhana dengan Pepakura
Youtube Channel: Kerajinan Kreatif
Durasi: 5 menit 10 detik


Demikian cara membuat model kertas dengan pepakura, semoga bermanfaat bagi semua. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan silahkan juga berbagi untuk kita semua. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. ๐Ÿ˜Š