HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, July 22, 2017

Cara Praktis Menghias Dinding Kosong Bagian Luar Rumah

Rumah dengan pekarangan yang kecil memang membutuhkan perhatian khusus bagi penyayang tanaman hias tapi pekarangan yang kecil bukan jadi halangan untuk tetap bisa memelihara tanaman hias kesayangan kita yang sekaligus memperindah eksterior rumah.
Dekorasi eksterior rumah yang menarik merupakan kebanggaan dan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Seringkali kita mengabaikan dinding yang kosong di bagian luar rumah padahal banyak cara untuk membuat sekitar rumah lebih asri dan hidup salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanaman-tanaman hidup yang berukuran relatif kecil. Bisa juga dengan memanfaatkan alat bantu penerangan yang artistik dari barang-barang bekas dan masih banyak lagi.
Berikut ini ada beberapa contoh hiasan dinding bagian luar rumah yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi kita semua dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai.

1. Kotak Kayu Pot Bunga Hidup
Kotak Kayu Pot Bunga
Kotak Kayu Pot Bunga
Dinding kosong akan terlihat lebih asri apabila ada bunga hidup di sekitarnya apalagi dengan bentuk unik yang jarang kita lihat seperti bunga di dalam kotak kayu yang digantung ini misalnya, Kayu bekas mudah sekali didapat dan kadang terbuang begitu saja. Sayang rasanya kalau tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Caranya cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan kayu-kayu lis tipis seperti kayu bekas ekspedisi seperti yang ada di gambar atas. Sedikit modifikasi di bagian sudut akan menambah keindahan kotak ini.

Kayu yang digunakan tidak perlu yang berkualitas tinggi sepeti jati atau mahoni dan tidak perlu yang berbentuk sempurna dengan ketajaman sudut yang baku karena selain menambah nilai artistik sebuah kotak untuk pot bungan dinding, proses pembuatannya juga tidak akan membuat pusing. Hal yang terpenting dalam pembatanya adalah dengan tetap memperhatikan bentuk yang benar-benar kotak hingga nyaman untuk dulihat. Keindahan akan bertambah apabila kita mengaplikasikan finishing kayu seperti resin atau cat transparan untuk tetap menunjukkan warna dasar kayu dan tentunya hal ini juga akan menambah perlindungan terhadap permukaan kayu dari rayap, udara lembab dan cuaca ekstrim.

2. Menggunakan Semen sebagai Tempat Pot
kotak-wadah-semen
Kotak Semen Pot Bunga
Selain menggantung tanaman, kita juga bisa meletakkannya di dekat dinding tembok rumah. Nilai artistik akan bertambah dengan membuat kotak kecil yang bisa dipindah-pindah untuk tempat pot tanaman. Hal ini memang terlihat mubajir karena kotak ini bisa saja langsung diisi tanah dan ditanami bunga tetepi kelebihannya adalah, kita bisa mengganti warna dan jenis bunga agar tidak membosankan. Cara membuatnya juga tidak begitu susah, hanya dengan beberapa kepingan semen yang dibentuk dan meletakkannya di lantai hingga membentuk kotak. Sesuaikan warna kotak dengan earna tembok dengan kombinasi yang sama terang atau melapisi kotak dengan cat warna yang lebih terang dari warna cat tembok.
Baca Juga: Cara Manual Membuat Batu Alam dari Bahan Semen
3. Memanfaatkan Batu Karang Besar sebagai Tatakan Pot Bunga
Batu Karang Besar Dudukan Pot Bunga
Dinding yang kosong bisa ditutupi dengan tanaman-tanaman hias di atas batu karang besar yang diberi pewarna putih atau krim dan pelapis batu alam transparan untuk menghindari lumut. Cara ini memang sangat praktis dan sangat ekonomis tetapi nilai artistiknya cukup tinggi. Sesuaikan warna yang menarik yang tidak berlawanan dengan warna dinding Anda dan bunga yang cocok untuk ini adalah bunga-bunga kecil dan tidak liar seperti jenis kaktus.

4. Membuat Tebing Tiruan dari Bahan Semen
tebing-tiruan
Tebing Tiruan dari Semen
Tebing tiruan dari semen banyak kita temukan tetapi hanya sekedar hiasan dinding taman atau kolam ikan air terjun mini. Hal ini bisa juga kita aplikasikan sebagai tempat pot-pot bunga kecil di dinding rumah sebelah taman dan tentunya dengan bentuk dan ukuran yang relatif kecil dengan ketinggian 80cm dan ketebalan 20cm sudah lebih dari cukup untuk hiasan dinding.

Kita bisa memanfaatkan batu batu disekitar rumah dengan bermacam-macam bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan. Tekstur yang kasar dan pewarnaan yang alami seperti warna batu alam akan menambah nilai artistik tebing tempat bunga ini.

5. Membuat Ornamen dari Semen sebagai Pot Bunga Dinding
Pot bunga ornamen
Pot Bunga Ornamen Dinding
Nilai seni yang tinggi dan ide yang kreatif memang selalu menghasilkan keindahan yang istimewa misalnya ornamen yang ditempel di dinding luar rumah ini. Cara membuatnya memang relatif susah dan butuh kesabaran tetapi sebanding dengan keindahan yang didapatkan. Kita bisa memanfaatkan wadah kecil tanpa lubang untuk pot bunga, dan menutupi sisinya dengan semen cor. Untuk mengurangi berat, kita bisa mencampur semen dengan serbuk kayu atau busa parut kedalam campuran semen cor tersebut dan untuk ornamennya, dengan cara tempel manual.
Baca Juga: Cara Membuat Ukiran Batu Alam dari Semen tanpa Cetak dan Pahat
Demikian beberapa contoh dari banyak hiasan yang bisa menambah asri rumah dengan memanfaatkan kekosongan dinding bagian luar. Sekali lagi, halaman pekarangan rumah yang terbatas tidak menjadi halangan untuk tetap memelihara bungan hidup. Selamat berkreasi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊