22 Juli 2017

Cara Membuat Clay Porcelin Pengganti Tanah Liat

Kerajinan-kerajinan berbahan porselin yang terbuat dari tanah liat china (China Clay) sudah sangat populer sejak dulu di seluruh dunia. Di Indonesia, tahun 1950 bahan-bahan keramik seperti keramik, porselen dan gerabah berasal dari tanah liat sudah dikembangkan dengan cara dibakar untuk proses pengerasannya.
Tidak semua daerah memiliki kualitas tanah liat yang benar-benar bagus termasuk daerah saya di Kepulauan Riau yang tanahnya mengandung senyawa bauksit yang susah untuk langsung dibentuk kecuali melalui proses penyaringan yang lumayan memakan waktu dan biaya. Sebagai salah satu solusi untuk membuat kerajinan porselen adalah dengan membuat bahan clay buatan disebut dengan clay porselen nabati yang aman terutama bagi anak-anak karena clay porselen nabati ini cocok untuk bahan prakarya anak-anak untuk memancing daya kreatifitasnya.

clay-porselen-nabati
Clay Porselen Nabati
Kali ini, Kerajinan Kreatif melansir Kliping.Co akan mencoba membahas salah satu cara terfavorit dari berbagai cara membuat clay yang cocok untuk barang-barang porselin dan kualitasnya tidak kalah dengan tanah liat pada umumnya.

Berikut Bahan dan Cara Membuat Clay Porselin Nabati:

skema-cara-membuat-porselen-nabati
Cara Membuat Porselen Nabati

Sebelum memulai proses lebih lanjut, kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya:
  • 125 gram Tepung maizena/tepung jagung, merek bebas
  • 225 gram Lem putih atau lem kayu
  • 2 sendok makan baby oil seperti j&j tetapi bebas memakai merek apa
  • 2 sendok makan cuka makanan atau vinegar
  • Pewarna makanan sesuai selera kalau mau. Sebenarnya akan lebih baik kalau proses mewarnai dilakukan setelah prakarya selesai untuk hasil maksimal.
Setelah semua bahan tersedia, porselen nabati sudah bisa dibuat dengan cara berikut:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah berukuran sedang dan uleni sampai semua bahan tercampur merata dan kalis/tidak lengket.
  2. Tambahkan tepung jagung apabila terlalu lengket/lunak, dan apabila terlalu keras tambahkan lem, baby oil dan cuka sampai sempurna.
  3. Masukkan pewarna sesuai keinginan sedikit demi sedikit hingga merata.
  4. Coba dibentuk dan apabila sudah cukup liat silahkan mulai berkarya atau simpan ditempat tertutup apabila tidak digunakan agar tidak mengering. Wadah seperti kantong plastik kedap udara boleh juga digunakan yang penting usahakan tidak banyak sisa udara sebelum ditutup rapat.
Catatan:
Untuk hasil yang lebih baik, proses membuat adonan disarankan dimasak dengan api kecil setelah semua adonan tercampur dengan rata. Tambahkan tepung jagung sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu lunak.

Berikut ini ada beberapa contoh kerajinan dari clay porselen nabati yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi Anda:
karya-kerajinan-dari-clay-porselen-diy
Kerajinan Kreatif dari Clay Porselen Nabati

Demikian cara membuat bahan clay porselen nabati untuk kerajinan seperti mangkok kecil, patung-patung mainan dan boneka-boneka lucu. Paduan warna warni akan menambah keindahan karya kerajinan seperti bunga, model animasi, model buah, unggas lucu dan lain-lain.
Selain resep di atas, silahkan simak resep paling sederhana yang ada di video berikut ini: