HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, May 2, 2020

Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali

Membuat cetakan batu alam tentunya untuk membuat batu alam buatan atau tiruan ya teman-teman. Disini akan saya bahas cara membuat cetakan batu alam susun sirih bali yang modelnya saya buat sendiri dari bahan semen.

Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali
Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali






Hal pertama yang saya lakukan adalah menyediakan bahan-bahannya sebagai berikut:
1. Semen biasa sebanyak 1 kg
2. lis kayu setebal 1 cm sekitar 1 meter
3. Silikon tembak tabung sebanyak 2 tabung
4. Sabun pencuci piring cair lemon sebanyak 1 bungkus 250 ml
5. Air untuk larutan sabun cuci

Untuk proses membuat cetakan bisa disimak disini: CARA MEMBUAT CETAKAN DARI SILIKON TABUNG/LEM KACA


Proses membuat model batu alam susun sirih bali ini terbilang sangat sederhana karena hanya menyusun potongan-potongan semen yang dicetak potong ke atas lempengan semen lain. Perekatnya adalah campuran semen aci yang disapukan dengan menggunakan kuas cat bekas seperti gamabr dibawah ini:
Membuat Lempengan Semen
Membuat Lempengan Semen
Gambar di atas adalah proses membuat lempengan semen ke dalam bingkai lis kayu. Untuk membuat potongan-potongan kecil, kita hanya membagi-bagi lempengan ini menjadi bagian-bagian kecil dengan garis memanjang, boleh menggunakan plat logam atau pisau cutter bekas.

Membuat Model Batu Alam Susun Sirih Bali
Membuat Model Batu Alam Susun Sirih Bali
Gambar di atas adalah hasil tempel potongan kecil ke atas permukaan lempengan semen yang sudah jadi sebelumnya. Untuk memperhalus hasil dan memperkuat rekatan saya menyapukan semen aci dengan tipis ke atas permukaannya.

Frame kayu tadi dapat digunakan lagi untuk membuat cetakan karet dari bahan silikon tembak atau lem kaca dengan alat penyemprot khusus tentunya. Silikon tembak kita masukkan ke dalam campuran air dan sabun pencuci piring lemon seperti disebut di bahan-bahan di atas untuk mengurangi zat pencair di silikon tersebut.
Campuran sabun ini juga berfungsi sebagai mold release karena air sabun akan mencegah silikon merekat ke benda yang dilapisi air sabun.

Untuk detail pembuatan cetakan hingga praktik mencetak menggunakan cetakan yang sudah jadi bisa kita simak di video lengkap berikut, semoga bermanfaat. Bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saya di whatsapp official Kerajinan Kreatif.





Judul Video: CARA TERBAIK MELAPISI KAYU DENGAN RESIN EPOXY BISA JUGA UNTUK MEJA DAN LANTAI KAYU
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 11 menit 44 detik

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊