HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

27 Oktober 2017

Mengenal Karakteristik Resin Polyester dan Resin Epoxy Lebih Jauh


Artikel ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam menentukan jenis atau type resin yang sesuai untuk kita gunakan dan agar penjual resin di Indonesia juga memahami serta mampu menjelaskan manfaat resin apa yang dijualnya kepada konsumen karena terkadang peminat resin Indonesia bingung membedakan merek apa saja yang termasuk resin polyester, resin acrylic dan resin epoxy.





Langsung saja, Unsaturated Resin Polyester (UPR) atau disebut juga Fiberglass Resin sudah sangat populer dalam bidang perkapalan sejak tahun 1930-an sebelum munculnya epoxy dan karena itulah resin polyester lebih dikenal dengan nama resin kapal. Kepoluperan resin polyester ini lama-kelamaan memudar seiring banyaknya produksi dan penggunaan resin epoxy dalam industri-industri besar pada saat ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa karakteristik resin epoxy jauh lebih baik dibandingkan dengan resin polyester tetapi harganya juga jauh lebih mahal.

polyester vs epoxy
Resin Polyester vs Resin Epoxy
Untuk mengenal lebih jauh karakteristik kedua resin ini, berikut akan dijelaskan dengan cara yang mudah dicerna tanpa istilah-istilah kimia yang bikin mumet dan dengan lebih dalam lagi. Tujuannya adalah agar kita bisa menentukan resin yang sesuai dengan kebutuhan kita dan mengurangi kesalahan penggunaan.
Baca Juga: Jenis Resin yang Umum Digunakan pada Saat ini dan Perbedaannya
Resin Polyester (UPR)
Resin polyester, fiberglass resin atau resin kapal banyak dipasarkan di dunia khususnya Indonesia dengan warna yang berbeda-beda seperti merah, putih kekuning-kuningan dan hijau yang akan telihat sedikit transparan apabila diaplikasikan dalam lapisan yang relatif tipis. Penggunaan jenis polyester resin diperkirakan sekitar 70% dalam seluruh penggunaan seluruh jenis resin diseluruh dunia. Proses pengerasan resin ini akan dimulai setelah dicampur rata dengan katalis yang biasanya dijual sepaket dengan resin polyester. Kekurangan resin ini adalah tidak akan kuat apabila hanya digunakan untuk lapisan tipis tetapi memerlukan bahan lain seperti talek (mirip bedak bayi) dan serat kaca (mat fiberglass) karena tanpa bahan tambahan ini lapisan resin polyester hanya akan mudah retak atau terkelupas.
Sifat lain resin polyester adalah permukaan akhir yang tetap lengket di udara terbuka karena memang dirancang khusus demikian untuk memperkuat rekatan dengan lapisan-lapisan selanjutnya. Polyester resin ini tidak cocok untuk lapisan akhir (finishing) untuk aplikasi pada permukaan benda-benda tertentu terutama kayu yang menonjolkan corak artistik kayu tersebut. Kenapa saya katakan tidak cocok? Karena dengan resin polyester ini, kita akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak lagi untuk menghilangkan sifat lengket dan bekas jari apabila disentuh. Untuk finishing tentunya kita menginginkan tampilan yang menarik dan elegan yaitu mengkilap (glossy) dan memang ini bisa diakali dengan cara mengamplas habis lapisan yang lengket tersebut dan memoles lagi dengan alat pemoles dan pasta/krim khusus waxing atau melapisinya lagi dengan cat transparan (clear). Opsi paling mudah adalah dengan melapisi permukaan yang lengket langsung dengan resin sejenis atau resin epoxy. 

"Resin Polyester lebih banyak 70% digunakan di seluruh dunia dari pada Resin lain"

Resin polyester ini sangat baik dalam produksi fiberglass seperti pembuatan kapal, fairing motor, kotak atau kontainer penampungan air, dan tentu masih banyak lagi yang tidak membutuhkan tampilan glossy dan transparan dan tahan untuk jangka waktu lebih dari 15 tahun.

Resin Epoxy
Resin epoxy tidak bisa dikatakan sebagai pilihan yang baik dari segi ekonomis karena harga yang relatif mahal dan bisa 4 kali lipat dibanding harga resin polyester tetapi sangat mudah dalam hal penggunaan dan sangat tahan dalam hal kekuatan tentunya harga barang berbahan epoxy lebih mahal 4 kali lipat dibanding barang berbahan polyester resin.. ya iyalah😁.
Resin epoxy yang banyak berwarna bening kekuningan merekat dengan baik dan kuat pada permukaan kayu dan tidak akan memerlukan lapisan akhir (finishing) tidak seperti resin polyester. Tidak hanya pada kayu, resin epoxy ini juga merekat kuat hampir disemua permukaan termasuk permukaan resin polyester sehingga cocok untuk bahan finishing. Sifat tahan banting dan elastisitas resin epoxy yang melebihi resin-resin lain ini membuatnya populer dalam bidang pertahanan seperti pembuatan kevlar bahkan kaca-kaca anti peluru dan lebih poluper lagi dalam industri-industri perkapalan sekarang. Bayak forum-forum yang membahas masalah penggunaan resin epoxy sebagai hal yang paling utama dalam perkapalan meskipun masih banyak yang memilih meggunakan resin polyester dan tentunya semua kembali kepada masing-masing individu sejauh itu tidak berdampak negatif pada penggunanya dan penggunaan resin polyester juga sudah teruji sejak lama. Tetapi ada baiknya menggunakan resin epoxy karena lebih aman dan praktis tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.
Karakteristik lain dari resin epoxy adalah tidak berbau tajam seperti resin polyester membuatnya lebih aman dan nyaman digunakan dalam ruangan. Sudah tentu barang-barang interior yang dihasilkan dari bahan resin epoxy ini lebih baik dari pada resin polyester seperti lapisan kayu meja makan, meja tamu, counter top di dapur dan hiasan-hiasan lainnya. Ya, resin epoxy bening ini juga sangat banyak dipasarkan untuk kerajinan-kerajinan perhiasan seperti bingkai elegan, gantungan kunci, mata kalung bahkan batu cincin tiruan yang begitu populer di Indonesia beberapa waktu lalu.

Kesimpulan
Penjelasan di atas sedikit banyaknya bisa menjadi acuan bagi kita untuk memilih resin mana yang paling cocok untuk kebutuhan dan berikut hal-hal yang bisa disimpulkan sebagai rangkuman penjelasan di atas:
  1. Resin epoxy lebih kuat 20% dibanding resin polyester
  2. Harga resin polyester jauh lebih murah dibanding resin epoxy
  3. Resin polyester tidak bisa digunakan untuk melapisi atau memperbaiki benda-benda yang terbuat dari resin epoxy karena tidak akan merekat dengan baik.
  4. Resin polyester berbau tajam sedangkan resin epoxy tidak
  5. Penggunaan resin epoxy lebih praktis dibanding resin polyester
  6. Permukaan lapisan polyester resin terasa lengket sedangkan resin epoxy tidak demikian
  7. Resin epoxy lebih cocok untuk melapisi permukaan yang membutuhkan kebeningan dan tidak memerlukan finishing sedangkan resin polyester sedikit berwarna dan membutuhkan proses finishing
  8. Penggunaan resin polyester di dunia masih lebih besar 70% dibanding resin epoxy
  9. Polyester resin merekat kuat pada serat aramid yaitu bahan kevlar dan badan pesawat dan resin epoxy lebih kuat (meskipun masih diperdebatkan)
  10. Resin Polyester tidak melekat kuat pada serat karbon (serat mahal) tapi tidak sekuat resin epoxy
  11. Type resin antara epoxy dan polyester adalah resin VINYLESTER
  12. Resin Polyester tidak bisa dicampur dengan resin epoxy karena takaran katalis yang berbeda
  13. Persentase takaran resin polyester dan katalisnya berbeda dengan resin epoxy yang mayoritas 1:1 atau sebanding
  14. Katalis resin polyester TIDAK SAMA dengan katalis untuk resin epoxy
  15. Resin polyester akan menghancurkan styrofoam sedangkan epoxy tidak
  16. Resin polyester merusak lapisan gambar berwarna tidak seperti kebanyakan resin epoxy
Demikian sedikit penjelasan mengenai karakteristik resin polyester dan resin epoxy yang bisa saya sampaikan. Menurut saya, lebih baik menggunakan resin epoxy yang harganya lebih mahal dibanding resin polyester apabila membutuhkan finishing karena biaya finishing pada lapisan resin polyester hampir menyamai harga resin epoxy tanpa finishing. Pertimbangan waktu dan tenaga juga sudah termasuk tapi semua kembali kepada sobat-sobat kreatif semua.
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kreatifitas kita, mohon dibagikan ke sesama apabila sobat semua merasakan manfaatnya. Terimakasih banyak... 

191 komentar:

  1. Resin yg paling cocok buat diaplikasikan di permukaan logam dan resin nya bening.. Apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lycal atau r108 sering dipakai buat papan nama sama pelapis piagam plat.

      Hapus
  2. Pak saya lihat tutorial di youtube untuk coating meja beton menjadi mirip marble. Saya coba pake epoxy merk milan dengan perbandingab 1:1, tapi hasilnya kok kental bgt dan tidak bisa pakai kuas. Apakah bisa kekentalannya dikurangi dengan perbandingan 2:1 Pak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modifikasi perbandingan nggak membuat epoxy menjadi lebih cair pak. Solusinya, aduk aseton tidak lebih dari 10% ke part A, kemudian tambahkan part B. Untuk jelasnya silahkan baca disini https://goo.gl/c9aN3o. Semoga membantu pak Sihaloho.

      Hapus
  3. Apakah pengeringan cat polyester semakin tebal semakin cepat kering dan semakin tipis semakin lambat kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cat seharusnya lebih cepat kering mas. Tapi kalau resin memang lebih lama kalau tipis bahkan terasa lengket terus dan perlu finishing seperti lapisan di badan kapal fiberglass.

      Hapus
  4. Jika saya ingin memasukkan bahan organik seperti daun atau bunga , lebih baik pakai resin epoxy atau polyester? Terus apakah bahan organik tersebut akan rusak? Saat resin mengering?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai epoxy bening lebih bagus. Preservasi bahan organik perlu sebelum dilaminating dengan resin. Sebagian orang mengawetkan pakai butir silika di dalam wadah kedap udara misal tupperw*re.

      Hapus
  5. Kalo resin keruh menggunakan cetakan plastik itu bening dan cepat kering, tapi saat menggunakan cetakan silikon ko lengket terus dan hasilnya pun kurang bening, itu faktor apa nya ya gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resin keruh itu polyester yg sifatnya gak mengandung zat seperti wax. Fungsi wax ini melapisi dan mengeraskan permukaan luar resin setelah kerin spt yg ada di epoxy dan vinylester. Tapi akan mengeras cepat ke cetakan yg permukaannya licin dan padat spt plastik film sementara karet itu lentur dan cocok untuk epoxy/ve.

      Hapus
    2. penggunaan wax ini langsung diaduk bersama resin dan katalis, atau setelah resin mengeras baru kemudian dioles wax?

      Hapus
  6. Punya nomer WA gak mas.. Saya pengen belajar mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas. Di channel youtube juga ada: 08117773884. Terima kasih.

      Hapus
    2. ch youtubenya apa mas?

      Hapus
  7. Mas kalau mau melapisi perahu karet ..mainan anak yg di pompa dg rrsin supaya lebih tahan bocor dan kuat pake resin apa ya

    BalasHapus
  8. Om. Cara membersihkan kuas bekas epoxy gmna ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum kering/keras coba cuci dengan aseton mas.

      Hapus
  9. tanya mas Admin Tolu.
    rencananya saya mau modifikasi meja ruang tamu di rumah memakai resin seperti yg adadi youtube. pertanyaanya resin apa yang cocok untuk media kayu, supaya kuat rekatanya dan tidak mudah pecah ?

    sepengetahuan saya ada beberapa resin tapi tidak tau yang mana yg mau di pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa merespon. Resin untuk kayu sebenarnya banyak dan semua merekat kuat ke kayu. Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah cara mengaplikasikannya, semakin tebal semakin keras dan bagus. Untuk lapisan tipis lebih baik menggunakan varnish karena resin yang tipis cenderung terasa lengket di permukaan.

      Hapus
  10. Mas sy mau tanya,

    Rencana sy mau coba bikin pedang ukuran 1meteran panjangnnya. menggunakan resin. rencananya menggunakan epoxy resin clear yang AB.. itu hasilnya gmn ya mas? bisa keras kah? atau hasilnya gak terlalu keras?. mohon bimbinganya mas.. terima makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resin AB/Epoxy jenis resin paling keras. Cocok untuk model pedang.

      Hapus
  11. Saya baru baca artikelnya mas..bagus banget..minta ijin ngesave no.nya..mungkin nanti saya mu nanya2.trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas. WA saja khusus Kerajinan Kreatif: 08117773884.

      Hapus
  12. tanya mas...kalo resin lycal bs dipake buat motif/finishing meja kayu?trims sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa mas. Hehehe...

      Hapus
    2. Salam kenal ya mas nya,sy ikutan nanya..bearti resin lycal bisa untuk lapisan kayu ya?hasil akhir tidak perlu finishing dan tidak lengket seperti resin biasa kan mas?jadi merk nya opo tho mas?
      Yg jual pada bingung aplg sy yg awam...sebut epoxy dkasi resin 108..minta epoxy clear,dkasi resin57...alhasilnya tetap resin lengket...mohon mas info nya...thx

      Hapus
  13. Mas, resin 108 kalo di buat lembaran besar seperti kaca, sifatnya gimana mas? Lentur? Atau getas? Atau gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keras seperti akrlik. Takaran dengan katalis banyak hasilnya getas dan kekuningan. Gunakan takaran 100:1 dan jangan lebih untuk lembaran, meski keringnya max 72 jam..

      Hapus
    2. Mas mau tanya via wa bisa?

      Hapus
    3. Mas wa dong, 085728180507, jangan di publis ya mas

      Hapus
  14. mas kalo menggunakan resin epoxy untuk melapisi cat pada body motor apa bisa???

    BalasHapus
  15. Om mau tanya
    Kalo mau lapis kevlar biar nempelnya kuat pake resin apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai resin epoxy pasangan tepat kevlar.

      Hapus
    2. Mana yang lebih bagus,resin epoxy atau resin orthophthalic ?

      Hapus
  16. Sy mau melapisi meja kayu, supaya kelihatan bening sebaiknya pake resin apa. Dn apakah klo sudah pake resin ga perlu finising lg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai resin 108B sebenarnya bisa tapi perlu amplas dan finishing. Kalau pakai epoxy clear, biasanya gak perlu finishing lagi. Silahkan konsultasikan ke penjual sebelum membeli.

      Hapus
  17. kak mau tanya dong.. yg ada ditoko bangunan itu resin epoxy addesive apakah itu yg di maksudkan resin epoxy diatas atau epoxy khusus yg hanya bisa di pakai untuk ngelem aja ya? saya coba2 pakai resin 108 hasilnya kurang bagus untuk kerajinan. misalnya aja resin 108 menyusut saat proses kering lalu menghasilkan panas yg lumayan dan merusak warna hijau daun kering yang saya masukan dalam cetakan resin 108. makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, untuk menempel kebanyakan tetapi ada juga yang nekat memakai sebagai pelapis. Hehehe..

      Hapus
  18. Mas resin buat bahan joran pancing pake jenis apa y?

    BalasHapus
  19. Misi gan mau nnya..
    Kalau mau buat meja panjang sekitar 1 meter dan lebar 30 cm..
    Ketebelan yang pas brpa cm ya.. Dan bagus gunakan exopy resin apa... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai epoxy clear untuk hasil terbaik dan ketebalan menurut saya yg terbaik minimal 1 cm.

      Hapus
    2. Resin bening mksd.a om....???

      Hapus
  20. Mas mohon pencerahanya, bedanya resin polyurethane dengan resin biasa yg di pake buat fiber, apa bedanya yah mas?? Setau saya polyurethane untuk membuat foam, trus apa bedanya dgn "RESIN polyurethane" mas..??
    Mohon pencerahannya mas
    Trimakasih sbelumnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Polyurethan untuk busa (Busa PU/Rigid Foam) dan ada resin polyurethan untuk dicetak sebagai model atau joran.

      Hapus
    2. Berarti Pembuatan joran pancing menggunakan resin polyurethan.
      Kalo resin epoxy sebagai bahan dasar joran pancing gimana mas hasilnya?
      Berdasarkan artikel di atas sifat elastis resin epoxy lebih bagus dari pada resin polyurethan.
      Mohon penjelasannya πŸ™‚

      Hapus
    3. Mas apakah resin polyurethan adalah bahan untuk membuat joran pancing?
      Bagaimana jika resin epoxy saya gunakan untuk membuat joran pancing?
      Apakah bisa kuat dan lentur?
      Mohon penjelasannyaπŸ™‚

      Hapus
  21. Ulasan yang bermanfaat. Aplikasi resin polyster ke kayu dan epoxy resin ke kayu kuat yang mana. Beberapa jenis kayu kurang melekat dengan polyster resin. Apakah mencona epoxy akan lebih baik. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Epoxy tentunya paling bagus untuk kayu.

      Hapus
  22. Terimakasih banyak sudah memberikan informasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali untuk dukungannya..

      Hapus
  23. Selamat malam, mau tanya apakah resin polyester atau resin epoxy bisa untuk menyambung body motor yg patah ?
    Mohon penjelasan,
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, ditambah dengan talek dan serat mat / fiberglass.

      Hapus
    2. Mas mau tanya saya mau membuat meja dan mau menutup lubang motif dari kayunya biar hemat, saya mau menggunakan resin polyester dan finisingnya saya gunakan resin epoxy. Mohon petunjuk?

      Hapus
  24. Terima kasih atas infonya mas
    izin numpang lewat ya mas, link jasa epoxy lantai
    http://kontraktorcatepoxy.com/

    BalasHapus
  25. Mas maaf mau tanya, kalo amino polysiloxane itu resin apa bukan ? Ini buat bahan coating

    BalasHapus
  26. Mas maaf mau tanya kalo amino polysiloxane itu resin apa bukan ? Ini untuk bahan coating

    BalasHapus
  27. Anda membuat dorongan kepda saya untuk berkreasi... Ijin save nomer dan maaf bila nanti bertanya terlalu banyak... Good articles

    BalasHapus
  28. ada nomor w.a ga mas? itu yg 0811 nomor w.a bukan?

    BalasHapus
  29. Terima kasih kang, forumnya banyak nambah wawasan,πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  30. Minta saran pak admin, resin yg kuat dan lentur buat mainan kecil, atau ada resep khusus... Thx

    BalasHapus
  31. Numpang tanya kak..semisal Mau buat kerajinan dari epoxy .cetakannya hrus berbahan apa ya Dan day rekat epoxy sngat kuat di permukaan apa saja jd bagaimana supaya hasil epoxy jika sudah lengket setelah kering dari cetakannya.terimakasih

    BalasHapus
  32. Bahan Cetakan epoxy lebih di rekomndasikan dari apa ya

    BalasHapus
  33. Malam mas, numpang nanya. Kalau untuk kerajinan clay, misal saya mau buat kuah bakso. Itu pakai resin yang jenis apa?trims

    BalasHapus
  34. bedanya casting resin sama epoxy resin apa ya mas,dari segi fisik dan penggunaan

    BalasHapus
  35. Artikel, pertantaan dan jawabannya sungguh sangat sangat bermanfaat.. Ijin simpan no tlp nya mas, untuk tanya2 langsung ke WA.. Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  36. halo, saya baru belajar tentang resin..
    saya beberapa hari ini mencoba bermain dengan resin polyester dan epoxy.

    dari keduanya untuk resin epoxy terlalu encer menrt saya, apakah ada resin epoxy yang sekental seperti resin polyester ya ? karena saya kesusahan kalau mau bikin resin painting menggunakan epoxy (terlalu encer), sedangkan kalau menggunakan polyester cukup oke kentalnya tapi sayangnya jadi lengket permukaanya.

    atau adakah saran lain ?

    BalasHapus
  37. Mau tanya, kl resin epoxy atau resin acrylic apakah bs di aplikasikan sbg top coat cat body mobil? Thk u

    BalasHapus
  38. Mas saya mau tanya selain resin adakah bahan dari alam yg bisa digunakan sebagai penganti resin..
    Krna di daerah saya blm ada jual produk sejenis resin...mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  39. Selamat malam,mohon bantuan ilmunya mas..untuk lantai multyplex cocok pakai apa mas..makasih dan semoga barokah ilmunya..aamiin.

    BalasHapus
  40. Mas..saya mau beli resin epoxy.bisa di kirim gak?

    BalasHapus
  41. saya sangat senang dgn ulasan ini,..rencana saya mau finishing sangkar burung dr kayu yg sdh di.politur/cat,...sebaiknya pake resin jenis apa ya?
    terima kasih sebelumnya πŸ™

    BalasHapus
  42. Untuk epoxy resin per kilo berapa ya? Trus untuk pigmentya berapa? Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  43. mas kalau resin PVC itu apa?

    BalasHapus
  44. Artikel yang menarik, fast respon dan tidak pelit informasi. Salam sukses!!!

    BalasHapus
  45. Selamat malam mas.
    Mohon petunjuknya mas krn z baru kenal yang nmanya resin dengan katalis. Rencananya mau bikin meja,sdh z coba buat pakai resin 2668 klo bkn 2886 tpi hasilnya nda bening mas. Kira2 untuk buat meja dengan media kayu yang didalammya resin apa yang cocok mas. Krn z liat d yotube hasilnya memuaskan. Mohon bantuannya mas.

    BalasHapus
  46. keren sharing ilmunya. semoga menjadi barokah gan. btw kalau alas untuk epoxy sebaiknya menggunakan apa ya, apakah kayu dilapis solstip atau fiber ? (dalam pembuatan meja+resin)

    BalasHapus
  47. mas pewarna polyester yg metalik pake apa ya?

    BalasHapus
  48. Mau tanya mas,untuk melapisi styrofoam biar jdi keras baiknya menggunakan apa ya

    BalasHapus
  49. Mau tanya mas, apa beda epoxy coating dan epoxy resin.kiq saya susah ya cari epoxy resin clear di toko kimia dan epoxy coating. Dimana saya bisa membeli, selain di toko online, trimakasih

    BalasHapus
  50. selamat pagi,, izin bertanya,, resin apa yang paling cocok digunakan untuk membuat gantungan kunci atau plakat atau hiasa,,? diluar dari segi ekonomis

    BalasHapus
  51. Mau tanya kalo mau membuat lantai warna pakai epoxy.apa campuran nya ketebalan nya berapa?buat lantai ruang tamu om.
    Makasih om yg baik hati

    BalasHapus
  52. Mas mau tanya saya mau membuat meja dan menutup lubang motifnya dengan resin polyester nanti finishing nya saya gunakan resin epoxy bisa gak ya mas. Mohon petunjuk

    BalasHapus
  53. Berapa Harga Epoxy Resin untuk lantai pabrik?

    BalasHapus
  54. Selamat malam, membaca penjelasan mas... Bahwa epoxy bisa digunakan sebagai kaca anti peluru, nah kebetulan Saya mau coba buat kolam ikan yg dinding depannya pakai kaca, apakah epoxy bisa menggantikan kaca tersebut, apakah epoxy kuat terhadap tekanan air Dan sinar Matahari dan tetap bening, jika bisa bagaimana Cara membuatnya, terimakasih mas

    BalasHapus
  55. Apakah bisa melapiskan resin polyester ke bahan Kain katun? Apa pengencer resin in?

    BalasHapus
  56. Selamat tahun baru pak, pak kalau untuk foam core fiberglass Polyester pakai busa yg di pasaran bisa ga ya, ada rekomendasi bisa lokal yg cocok setidaknya karakteristik nya mendekati busa M3 yg khusus untuk core fiberglass

    BalasHapus
  57. Makasih gan akhirnya terjawab pertanyaan dipikiran ane..udah terang benderang tentang resin.. tapi bedanya resin sama plastik apa ya.. buat dong artikel khusus tentang ini.. [0000ff] Thanks..gan..!!

    BalasHapus
  58. maaf mau tanya ni,klau epoxy cat lantai pkai resin gak si?

    BalasHapus
  59. maaf mau tanya ni,klau epoxy cat lantai pkai resin gak si?

    BalasHapus
  60. maaf mau tanya ni,klau epoxy cat lantai pkai resin gak si?

    BalasHapus
  61. Mas, mau nanya resin epoxy clear yang bagus buat bahan komposit alam merk atau tipe apa ya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  62. Kak, aku mau belajar kerajinan meja kayu dg epoxy plus pigment,
    Ukuran meja nya 2,5 x 0,8 mtr, dgan 3 lembar kayu kiri kanan dan tengah, yg tebal nya 1,5 cm,,
    Kira2 perlu brp banyak epoxy nya dan hardener nya kak,,
    Thank kak,,
    Aku sering liat youtube nya kkak,,

    BalasHapus
  63. Kak, aku mau belajar kerajinan meja kayu dg epoxy plus pigment,
    Ukuran meja nya 2,5 x 0,8 mtr, dgan 3 lembar kayu kiri kanan dan tengah, yg tebal nya 1,5 cm,,
    Kira2 perlu brp banyak epoxy nya dan hardener nya kak,,
    Thank kak,,
    Aku sering liat youtube nya kkak,,

    BalasHapus
  64. slamat siang mas..
    kita mau nanya. kalau bahan poliester ini bisa di buat pelapis stiker gak.?

    BalasHapus
  65. Artikel yg sangat bermanfaat, terima kasih banyak,semoga sukses selalu
    Izin save no wa nya Pak ��

    BalasHapus
  66. Kalau untuk melapisi triplek 200 x 100 cm berapa banyak resin digunakan dg ketebalan 1cm

    BalasHapus
  67. Berapa banyak resun digunakan untuk melapisi 200 x 100 cm terima kasih

    BalasHapus
  68. assalamualaikum pak mohon pencerahannya nya. sy lg belajar bikin river table kira2 bagus nya pake resin apa ya ? Krn sy coba pake resin upr 108 malah gak nyatu ma kayu nya dan retak2 itu karena faktor apa ya ? jenis nya yg salah atau teknik pencampuran nya yg salah.. terimakasih

    BalasHapus
  69. mas, untuk kekuatan panas dari resin epoxy sendiri maksimal tahan panas pada suhu berapa ya ?

    BalasHapus
  70. Mantap artikelnya mas top pisan deh... saya mau tanya mas kalo resin 108 dan lycal masuk kategori resin apa mas ?

    BalasHapus
  71. Artkikel yang mantap mas... mas kalo resin 108 dan lycal masuk kategori resin apa ya mas?

    BalasHapus
  72. Mau tanya mas, kalau acrylic resin rekal itu bagaimana ya pengolahannya. Saya campur dengan hardener 4902 ,knp jadinya lebih cair. Berapa lama proses kering sebenarnya? Saya buat knp g jadi2 y, sdh lebh dr 5 hari mash lembek setengahnya. Trus bekas dr cetakannya kenapa jd lengket, bagaimana cara membersihkan lengketnya.

    BalasHapus
  73. Mas terimakasih atas Ilmunya........... Mohon izin save No Wa karena mau nanya naya lagi nantinya... Tp sebelumnya mau nanya dulu... Jenis epoxy yg dipakai orang luar dalam membuat meja itu apa ya... kok kelihatannya tidak lengket seperti resin 108. Sebelumya terimakasih sekali lagi... Semoga masnya panjang umur dan murah rezeki.

    BalasHapus
  74. Tanya om..saya coba buat lapisan di bahan plastik yg licin pakai resin upr..setelah kering resin ikut lepas..gk menepel kuat..solusinya gimana ya ..om.. resin yg cocok kira2 apa om..makasih

    BalasHapus
  75. Bosque, klo untuk pembuatan tanki motor, kira2 pakai resin jenis apa ya..

    BalasHapus
  76. Permisi admin saya mau tanya bahan/benda yg baik untuk dijadikan cetakan itu apa? Takutnya pengaplikasian pada plat besi yg licin adonan resin melekat pada permukaan cetakan, terimakasih 😁😁

    BalasHapus
  77. Mau tanya mas: kalau untuk melapisi tanki motor yang dalamya karatan pakai apa ya?

    BalasHapus
  78. Keren bagi2 ilmunya mas. Salut.. Sy save WA nya yah.. Mau ikut belajar.mksh

    BalasHapus
  79. Mas, mau tanya. Kalo resin untuk buat meja, 2meter, lebar 1meter dan tebal 6cm, an cocok nya pake resin yg jenis apa mas, kira"yg paling keras. Terus pengaplikasian perbandingannya berapa banding berapa mas. Mohon infonya mas?

    BalasHapus
  80. Malam mas...
    Mau tnyak dimana perbedaan resin dan epoxy..?
    Dan klo mau buat sovenir bgusan yang mana mas...?
    Mohon bimbinganya....
    Trimakasih.

    BalasHapus
  81. Min. Apak resin bisa di pakek di permukaan plastik dengan menggunakan spraygun...?

    Contohnya di sepakbor motor yang habis di cat.
    Trimakasih min.

    BalasHapus
  82. Hi...infonya bagus sekali. Tapi sy ingin bertanya, cara membedakan resin epoxy dngan resin polyester bagaimana? Secara dipasaran selalu bilangny resin sj.

    Kebtulan ingin membuat meja kayu di percantik dngan resin,apakah ada saran untuk resin epoxy yg bisa digunakan?
    Trima kasih

    BalasHapus
  83. Resin yang di gunakan untuk membuat joran pancing, pakai resin apa ya?

    BalasHapus
  84. Ka mau tanya kalo epoxy fiberglass atau yg sering di sebut dengan EFG dan polyester fiberglass atau PFG,dalam segi kelenturan dan kekuatan nya lebih kuat dan lentur yg mana yah? ?

    BalasHapus
  85. Ka mau tanya kalau epoxy fiberglass dengan polyester fiberglass dalam segi kelenturan dan kekuatan nya lebih lentur dan kuat yg mana yh ka??

    BalasHapus
  86. mas. saya mau belajar bikin meja kayu kombinasi resin... bagusnya pake resin apa dan takaran nya berapa mas

    BalasHapus
  87. mas... saya mau belajar cara membuat meja dari resin dan kayu... baiknya pake resin apa ya mas

    BalasHapus
  88. selamat sore.
    mau tanya kenapa plastik laminating saat masuk ke campuran resin dan katalis jadi mengkerut, apa karena daya rekatnyaberbeda sengan lakban bening.

    terima kasih.

    BalasHapus
  89. Selamat Siang, MAs, saya mau melapisi meja beton untuk dapur dengan resin Epoxy mohon penjelasan yang cocok pakai jenis apa..?

    BalasHapus
  90. Epoxy clear Untuk melapis cat mobil bisa dan aman ga om?

    BalasHapus
  91. Klo buat joran pacing lebih direkomen ke yg mana? Sebelumnya Terima kasih

    BalasHapus
  92. om admin tolu... selama ini sy hanya tau butek (resin) itu jenis dari resin UPR a/ epoxy, tidak tau jenis nya cuma suka tanya ke penjualnya peruntukannya.
    yang mau tanya klo mau bikin meja (primary tebal 6-7mm) dan secondary nya pakai resin epoxy tebal 2mmutk proses finishingnya, apakah akan lebih bagus dan kuat? ... mohon pencerahanutk proses pewarnaan pakai apa? nama bahan dan merknya utk pewarna
    terimakasih om admin tolu

    BalasHapus
  93. Selamat mas mas... Saya rencana mau buat meja seperti yang d chanel YouTube mas.
    Bisa ngak saya pakai resin polyester untuk lapisan pertama n kedua. Tapi untuk lapiran ketiga n akhir, saya pake resin epoxy. Gimana menurut mas...? Biar dapat menghemat pengeluaran.
    Terima kasih banyak sebelumNya mas...

    BalasHapus
  94. Selamat malam mas...
    Saya ingin membuat meja seperti yang ada d chanel youtube mas.
    Bisa ngak, saya pake resin polyester untuk lapisan pertama n kedua.
    Trus untuk lapisan ketiga n akhir, saya pake resin epoxy. Jadi bisa menghemat pengeluaran untuk bahan.
    Mohon penjelasaNya mas...
    Terima kasih.

    BalasHapus
  95. Misi mas kalo resin epoxy yang hitam untuk merekatkan serat karbon(karbon kevlar) kan kentel banget ya mass jadi susah buay di oleskannya pake kuas nahh kalo misalkan di tambah tinner supaya cair itu bisa gk ya mas ??

    BalasHapus
  96. Permisi om....mau tanya nih om..
    kalau resin Polyester bisa gak di pakai buat cat lantai.......?

    BalasHapus
  97. Permisi om....mau tanya nih om..
    kalau resin Polyester bisa gak di pakai buat cat lantai.......?

    BalasHapus
  98. pewarna buat resin epoxy namanya apa ya

    BalasHapus
  99. Kalau membuat meja dgn kayu tp dilapisi resin bagusnya menggunakan resin epoxy atau polyster ys

    BalasHapus
  100. Epoxy Floor coverings Nashville could estimate a competitive selling price and practically quick set up timeline. The task was done easily along with fantastic communication. All-in-all, these people know what they're undertaking; they do it nicely and also for an extremely fair price https://www.epoxyfloornashville.com/.

    BalasHapus
  101. Bang mau nanya semisalnya mau kevlar pada bagian yg panas contoh kap mobil dengan cara pertama pake resin polyster yg di campur cobalt terus di lapisi serat carbon dan selanjutnya di kasih resin epoxy apakah tahan terhadap panas dri kap mobil atau bisa rusak karna panas tadi??? Mohon ilmu nya bang

    BalasHapus
  102. Pak, nkalau lem sy DEKA polyester resins. Mengetal padat kayak agar-agar gitu. Ini kenapa ya? Apa berarti bgak bisa dipakai lagi? Kalau bisa, cara mencairkannya bagaimana? Apa tambah acetone atau cairan apa gitu?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  103. Resin orthophthalic apakah berbeda dengan resin 108 ? Tentang katalist M dan T bagaimana cara membedakannya? Karena banyak pedagang yang berlaku curang.mohon pencerahannya.terimakasih

    BalasHapus
  104. Kalo untuk pembuatan helm cocok pakai resin apa mas?

    BalasHapus
  105. Kalau pembuatan helm cocok resin apa mas?

    BalasHapus
  106. Resin bening yg tidak mudah patah, resin apa ya mas? Mohon masukan ny.

    BalasHapus
  107. Nanya kang, apakah resin bening itu kuat/tidak mudah patah?

    BalasHapus
  108. apakah resin epoxy bila di diam kan selama berhari² (yg blm di campur katalis) akan mengeras dengan sendirinya?

    BalasHapus
  109. Mau nanya apakah benar jika di diamkan berhari hari resin akan mengeras dgn sendirinya meski blm di campur katalis?

    BalasHapus
  110. Sangat manfaat info nya,
    Tanya: untuk hasil lapisan meja 0'5cm bisa pakai resin epoxy atau resin polyster bagusnya.? Mohon pencerahan..
    Ukuran meja 190cm x 85cm

    BalasHapus
  111. kalau nambal pipa besi pakai resin bisa gan?

    BalasHapus
  112. Pak saya mau bertanya untuk tugas kuliah saya.

    Di modul saya, polyester resin bisa digunakan untuk mobil dan kapal. Nah yg ingin saya tanyakan, di bagian mana polyester resin tsb digunakan? Dan fungsinya apa?

    Mohon jawabannya pak heheh

    BalasHapus
  113. alhamdulillah sangat bermanfaat
    izin tanya gan
    untuk penggunaan pada carbon atau fiber pakai resin apa ya agar menghasilkan plate lentur dan tidak mudah retak ?
    terima kasih

    BalasHapus
  114. Min kalo buat meja dari resin cetakan nya d lapisi apa kalo dari kayu?

    BalasHapus
  115. Sumpah keren mas ulasannya, semoga ilmu pengetahuan mas menjadi ladang pahala karena sudah berbagi kepada yg membutuhkan, terimakasih mas

    BalasHapus
  116. Sumpah keren mas ulasannya, semoga ilmu pengetahuan mas menjadi ladang pahala karena sudah berbagi kepada yg membutuhkan, terimakasih mas

    BalasHapus
  117. Pak tolong pencerahan nya pak, kalo untuk cetak mobil mobilan kecil bagus nya resin jenis apa ya pkπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  118. kqk kalo mau buat meja tapi pakai 108 bisa kah? hasilnya beda jauh atau beda tipis dengan epoxy. ini mau perdana buat meja, kalo misal pakai epoxy jiwa mesqueenku berontak soalnya 🀣

    BalasHapus
  119. Pingin belajar bikin meja resin bang dimana t4 saya bisa belajar dan cari bahan2 yang dperlukan bang.
    Mohon pencerahanya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  120. Untuk mengisi retakan pada kayu trembesi cocok dgn resin apa ya..
    Trus step step nya bgmn..? Trims

    BalasHapus
  121. Mas tanya dong, klo untuk dinding panjat bagusnya menggunakan resin apa epoxy dan resin type apa? Terima kasih

    BalasHapus
  122. Tanya Mas, kalau mau buat bak air ukuran 2mx2mx1, 2m,kira kira berapa perlu ketebalan dinding rencana pakai tulangan kayu,berapa kira kira pakai resin dan jenis apa? Terimakasih.

    BalasHapus
  123. Mas klw art resin n epoxy resin itu sama or beda??!
    Juga pengerasnya apakah pake katalis dua2nya ??!

    BalasHapus
  124. Mas warna resin polyester itu gimana mas, apa radak ke abu abuan ?

    BalasHapus
  125. Mas warna resin polyester gimana ?, apa rada keabuabuan

    BalasHapus
  126. Untuk buat kerajinan/hendel pintu/mengkombinasikan kayu buat meja paling cocok pake poxy yg jenis ap ya..terus perbandingannya berapa dalam pengadukanya..aku lihat di yutub hasilnya keren..trimksh

    BalasHapus
  127. min mau nanya? meja/kerajinan yg dilapisi resin itu kalo terkena panas leleh apa nggak ya resinny

    BalasHapus
  128. min saya mau nanya? kerajinan atau meja yang dilapisi resin itu kalo terkena panas leleh nggak ya resinnya. contoh gelas kopi panas yg ditarus di atas meja yg dilapisi resin. maaf min masih awam baru belajar

    BalasHapus
  129. Mas mau tanya ,saya beli resin yg namanya art resin kok hasilnya jadi lentur dan lama kering ya ,padahal takaran sudah mengikuti petunjuknya 3:1 kok hasilnya gk bisa keras .mohon dijawab mas

    BalasHapus
  130. Assalamualaikum....
    Tanya,mas.
    Sy mau buat kolam ikan hias ukuran 1,5m x 1 m. Resin yg cocok apa dan serat fibernya yg jenis apa ya?
    Maturnuwun.

    BalasHapus
  131. kalo buat carbon fiber pake resin 1560 atau epoxy, kalo epoxy bening biar ngga jadi kekuningan caranya gimana?

    BalasHapus
  132. Mas kalau mau buat meja kan membutuhkan banyak epoxi, dan banyak biaya. Kalau misal lapisan pertama epoxy kedua resin 108 lalu dilapisi epoxi finishing bisa nggak ya? Apakah merekat kuat ke pinggiran kayunya nanti? Mohon jawabannya mas. Nuhun

    BalasHapus
  133. Mas mau nanya ,art resin sama epoxy resin apa ya ?

    BalasHapus
  134. Pak.. Boleh ya saya simpan nomor hp nya utk konsultasi langsung suatu saat bila diperlukan

    BalasHapus
  135. min maaf mau tanya
    resin yang di gunakan untuk membuat stabilized wood itu resin jenis apa ya ?

    BalasHapus
  136. Gan maaf mau tanya, kalo ngebuat kerajinan resin night lamp yg biasanya ada bunga nya didalam itu pake resin apa ya?

    BalasHapus
  137. Mas, mohon pencerahannya.
    dalam dunia modifikasi saat ini pembuatan bodykit mobil banyak yang yang menyebutkan bahan DURAFLEX,
    bahkan sample nya (yang ada di youtube2) bodykit dari duraflek tahan bentur dan puntir.
    apa2 saja bahan dasarnya ?
    Resin jenis apa ?


    apakah bisa jenis resin lentur (lycal 1079) di campur dengan resin biasa (pink) untuk membuat bodykit berbahan serat fiberglass?

    BalasHapus
  138. Mas untuk membuat joran fiber itu pake serat kaca yg kya gmn yh
    Trus pke resin dan apa ajah campuran y 😁

    BalasHapus
  139. Mau tanya mas..saya buat meja kayu tp kanyunya masih basah alias baru ditebang..apakah bisa langsung dilapisi?tka

    BalasHapus
  140. Hallo mas, sy mau tanya sy kan coba aplikasikan Resin bening 108 untuk bunga segar, tapi kenapa selalu hasilnya kecoklatan ya, warna asli bunganya tidak keluar. Perbandingan berapa banding berapa ya baiknya agar warna bunganya tetap utuh, selain sy harus memakai bunga kering.

    BalasHapus
  141. Apakah resin termasuk bahan food grade? Mohon pencerahannya kak.. resin yg paling aman untuk kemasan makanan..

    BalasHapus
  142. Resin yg baunya seperti lem itu apa resin Polyester. Baunya sangat mengeyat

    BalasHapus
  143. Misi mas mau tanya kalo resin epoxy itu apakah ada exp nya ato kekurangannya kalo lama tdk dipakai dan didiamkan?

    BalasHapus
  144. Saya mo buat meja resin ukuran 100x180 ketebalan 6 cm yg di dalamnya ada kayu 4mm bisakah pak?

    BalasHapus
  145. numpang tanya.... buat nambal tangki motor bocor bisa gak om?? kalo bisa pake polyester apa yg epoxy

    BalasHapus
  146. Mas..klw mau lapisin lantai dengan stiker 3d..resin epoxy jenis apa yg bagus ya mas...trus finishingnya bisa diamplas biar mengkilap ndak ya...terima kasih

    BalasHapus
  147. Kakak,,, kalau pakai resin polyester yang sudah kering, bisakah dilapisi dengan resin epoxy??

    Terima kasih

    BalasHapus
  148. Admin izin bertanya

    Saya ingin membuat sepeda dari bambu cuma saya bingung untuk merekatkan ujung yg satu dengan yg lain

    Jika hanya menggunakan tapi pasti ga kuat dan berubah posisi

    Nah apakah setelah sambungan bambu saya ikat dengan tali kemudian ikatan itu saya lapisi dengan epoxy dengan ketebalan yg lumayan apakah itu bisa bekerja dengan baik pak ????

    Mohon masukan.a

    BalasHapus
  149. Saya menggunakan resin epoxsy untuk kerajinan.d Biasanya hasilnya berwarna bening seperti kaca . Tetapi akhir2 ini hasil akhirnya meninggalkan bercak putih bahkan hampir tidak bening. Tolong solusinya ?? Trimakasih

    BalasHapus
  150. Min,,kalau mau bikin meja dari resin,, cocoknya pakai resin jenis apa ya???,,yang kuat, bening dan tahan lama gitu

    BalasHapus
  151. Chanel you tube nya apa mas?
    Saya ingin belajar dan mengenal tentang resin.
    Makasih.

    BalasHapus
  152. Mau tanya nih mas,kalau untuk gagang atau hendel...yg bagus pakai resin jenis apa ya ? sebelumnya terimah kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  153. Salam santun min...
    Mau tanya kalo buat rod cutome untuk joran pancing pake resin yg apa? Terimakasih

    BalasHapus
  154. Maaf, mas kalo untuk merekatkan fiber dengan kayu supaya lbih kuat, kira2 pake resin mrek apa ya, minta anjuran...mkasih

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊