HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, September 9, 2017

Video Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin

Kayu rentan dengan rayap dan lapuk akibat lembab dan serangga. Untuk menambah daya tahan funitur kayu dirumah kita bisa mengakalinya dengan melapisi resin ke seluruh permukaannya sebagai alternatif penggunaan cat.
Bahan resin yang ditunjukkan dalam video ini adalah jenis epoxy yaitu jenis yang dikenal dengan resin terbaik dan tentunya termahal diantara jenis resin lainnya. Sifatnya yang kuat menempel ke hampir semua permukaan membuatnya lebih kokoh daripada resin lain seperti UPR atau Unsaturated Poliester Resin yang banyak digunakan dalam pembuatan fiberglass dan juga Resin akrilik yang dikenal dengan resin bening, banyak digunakan dalam pembuatan hiasan seperti gantungan kunci, piala transparan, lamou-lampu kristal imitasi dan lain-lain.

Melapisi kayu dengan resin
Melapisi kayu dengan resin
Di sini dijelaskan juga bagaimana caranya agar lapisan epoxy dalam melapisi permukaan kayu bebas dari gelembung udara atau air bubble yang tentunya mengurangi keindahan lapisan yaitu dengan menggunakan fire torch yaitu alat penyemprot api.
Alat ini banyak dipasarkan di toko online dengan berbagai jenis dan harga yang bervariasi biasanya digunakan pada sebuah tabung kompor kecil portabel berisi gas butanol.
Untuk lebih jelasnya, silahkan ditonton video di bawah ini semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi semua. Mohon dibagikan ya.

Judul Video: Video Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin
Youtube Channel: Kerajinan Kreatif
Durasi: 7 menit 16 detik

3 comments:

  1. Mohon bantuan petunjuk, saya bekerja di bidang furniture, selama ini bidang yg diresin hanya permukaan depan pintu saja, krn tidak berani melakukan resin membungkus penuh pada pintu. apakah harus membuat matrass bentuk kotak sebagai mal utk pintu supaya bisa dibungkus penuh bidang depan, edging samping dan belakang bidang pintu.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf komentar ini masuk ke spam dan baru bisa menanggapi. Untuk jenis pintu kebanyakan pengrajin memakai resin cair dengan cara spray mas. Untuk informasi, resin upr tidak cocok untuk kayu karena akan lengket. Sebaiknya pakai resin sejenis epoxy atau vinylester.

      Delete
  2. Salam kenal bapak.
    Saya bbrp kali mencoba buat daun meja(coffe table) dgn material kayu yg dibungkus resin.
    Saya masih kesulitan di bahan molding yg pkg tepat.plastik,aclirik sdh saya gunakan.wag pelapis jg sdh saya gunakan tp masih lengket.hasik jauh dr maksimal.
    Kira2 bahan untuk molding yg paling idela apa ya.kayu saya ukuran 5x45x120cm.
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊