HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Monday, August 21, 2017

Benda Unik di Rumah dengan Batu Kerikil Menarik yang Layak Dicoba

Punya batu kerikil lebih tapi tidak tau mau diapakan? Jangan khawatir karena banyak yang bisa dikreasikan. Mungkin kita sudah sering mendengar terapi menginjak atau berjalan di atas batu kerikil yang tersusun sangat baik buat kesehatan dan peredaran darah.
Kerikil hias juga berguna untuk mempercantik tanaman-tanaman sebagai penutup permukaan tanah yang banyak dimanfaatkan pada pot tanaman-tanaman hias seperti bonsai misalnya. Membahas mengenai mempercantik tampilan sesuatu barang di rumah sudah tentu batu alam merupakan salah satu hal yang sangat mungkin dan tidak memakan biaya mahal. Sangat beruntung orang-orang yang tinggal di daerah yang banyak batu kerikilnya seperti sungai, karena di sana sangat mudah mendapatkan batu-batu kerikil yang bagus dan beragam.


Kerikil Hias
Kerikil Hias
Bagi yang susah mendapatkan batu kerikil, kita juga bisa memproduksi tiruannya dengan biaya yang relatif murah dan tentunya bisa menentukan ukuran yang kita inginkan.
Baca artikel:  Cara Membuat Batu Koral Hias dari Bahan Semen
Di artikel kali ini, saya akan menjelaskan 2 jenis barang yang bisa kita buat dari kerikil-kerikil berukuran kecil maupun sedang yaitu keset kaki dan alas tempat wadah makanan panas di meja makan sebagai alternatif sentra usaha kerajinan anyaman yang sudah banyak di pasaran. Bahan-bahan yang digunakan juga relatif tidak mahal dan mudah didapatkan tentunya sangat fantastis kalau dijadikan salah satu sektor usaha kecil yang bisa menghasilkan keuntungan. Coba silahkan dibuat perhitungan biaya produksi berdasarkan penjelasan lebih mendalam mengenai cara dan bahan yang dibutuhkan di bawah ini untuk dapat menentukan harga jualnya:
  • Bahan Dasar untuk Alas
Sehelai kecil karpet lantai nylon meteran dapat dijadikan bahan dasar pembuatan alas kedua barang ini karena sifatnya yang sedikit kaku. Kain tebal juga bisa digunakan dengan menjahit lapisan lain seperti plastik tebal dibawahnya. Bahan dasar ini dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan kita seperti bentuk hati, bulat, oval atau kotak/petak dengan cara mengguntingnya.
  • Batu Kerikil
Selain dari penjelasan di atas, batu kerikil ini dapat juga dibeli di toko ikan atau toko-toko tanaman tetapi tentunya dengan biaya yang sedikit lebih mahal. Batu kerikil buatan yang berwarna banyak juga dijual online dengan harga bervariasi. Batu inilah yang nantinya disusun sedemikian rupa dengan kreasi dan imajinasi keindahan yang kita miliki tentunya akan menambah nilai artistik yang dihasilkan.
  • Silikon Tabung atau Lem Kaca
Bahan ini banyak dijual ditoko bangunan dengan harga bervariasi. Warna yang digunakan sebaiknya adalah yang bening karena kasat mata dan agar tidak menggangu penampilan batu kerikil apabila ada yang melekat disisinya. Keuntungan penggunaan lem kaca ini selain sangat kuat meskipun elastis juga tahan air apabila ingin membersihkannya.
proses-merekatkan-kerikil
Proses Merekatkan Kerikil
  • Cat pelapis batu alam (Opsional)
Cat pelapis ini berguna membuat batu tampak mengkilap dan mudah dibersihkan apabila kotor. Penggunaannya hanya sekedar opsional sesuai keinginan saja tetapi tentunya akan menambah nilai aristik dan nila jual. Warna yang dugunakan juga sebaiknya yang bening saja. Menimbang harga yang lumayan mahal di kisaran 90-100 ribu rupiah per kilogramnya, cat ini cukup dikuaskan sedikit dipermukaan batu saja untuk mengurangi pemborosan.
Kerajinan seperti ini masih kurang dikembangkan tetapi peminatnya sangat banyak karena penampilannya yang unik dan sangat menarik. Barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti ini memang sudah sangat banyak terbuat dari bahan-bahan sintetis dengan harga yang relatif murah tetapi hal ini belum tentu menjadi pilihan bagi orang-orang yang menyukai keindahan. Pemasaran online barang-barang yang bernilai seni juga sangat banyak seperti BukaLapakQlapa.comHeritage.idCraftline.co.idTokopedia.com, Shopee, dan masih banyak lagi.

Coba lihat gambar di bawah ini, mungkin bisa jadi inspirasi bagi semua dan pasti bisa lebih baik lagi, tentunya semua hanya memerlukan kemauan dan niat yang kuat untuk meningkatkan nilai jual di pasaran. Kualitas batu-batu yang ada di Indonesia masih lebih baik daripada luar negeri dan sangat memungkinkan menjadi salah satu barang ekspor yang diminati mancanegara. Kenapa tidak?

Contoh Alas Wadah Makanan / Minuman Panas
Contoh Alas Wadah Makanan / Minuman Panas

Contoh Keset Kaki Batu Kerikil
Contoh Keset Kaki Batu Kerikil
Demikian 2 buah contoh barang yang bisa dikreasikan dari batu kerikil yang menarik, sangat banyak dan mudah didapatkan atau bahkan dibuat sendiri. Tentunya nilai suatu barang akan lebih tinggi apabila menggunakan yang alami.
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan ide untuk dikembangkan menjadi salah satu sentra usaha kecil kerajinan kreatif rakyat Indonesia. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊