HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Saturday, June 10, 2017

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis dari Bahan Semen

Taman di halaman depan, samping atau belakang rumah sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga tercinta sekaligus tempat menghilangkan beban pikiran yang mungkin ada selama aktifitas keseharian kita seperti pekerjaan kantor misalnya.
Dekorasi taman akan lebih asri apabila dipadukan dengan kolam minimalis ditambah suara gemericik air dipercaya bisa membawa ketenangan bagi kita yang sibuk dengan pekerjaan dan kesibukan. Untuk hiasan kolam minimalis sebenarnya tidak perlu yang besar dan dibangun permanen seperti kolam ikan dengan bak besar di area taman misalnya. Ukuran kecilpun sudah bisa mengahasilkan lantunan suara gemericik air yang harmonis cukup dengan meletakkannya di tempat strategis seperti bangku taman.
Air Terjun Minimalis Bahan Semen
Air Terjun Minimalis Bahan Semen (Bagian atas / tanpa Bak Kolam)
Memang pada umumnya banyak kolam minimalis dibuat dari bahan batu dengan harga yang fantastis dan tidak semua daerah bisa mengakses kemudahan untuk mendapatkannya menurut saya. Untuk sebuah kolam minimalis tidak perlu memakan biaya yang besar, karena kita bisa dengan mudah membuatnya sendiri dengan bahan dasar semen yang tidak kalah indahnya apabila kita bisa memaksimalkan kreatifitas kita dalam membuatnya.






Dalam kesempatan ini, saya akan menunjukkan cara paling praktis dan paling ekonomis dalam membuat air terjun kolam ikan minimalis dengan harapan bisa menjadi bahan untuk berkreasi lebih jauh lagi. Cara yang akan saya jelaskan disini adalah dengan cara sambung dan tempel lempengan beton, dicetak sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Sistemnya persis seperti merangkai papan atau kayu triplek hanya saja kali ini dengan menggunakan lempengan semen. Sampai disini sepertinya sudah ada gambaran ya.

Membuat Bak Kolam Ikan
Oke, hal yang paling mendasar dan paling penting adalah menentukan bentuk kolam minimalis yang kita ingin buat kemudian membuat gambar beserta ukuran. Nah, dari sini kita bisa mengetahui jumlah dan ukuran lempengan semen yang akan kita butuhkan. Saya ambil contoh sketsa bak kolam untuk gambar air terjun minimalis di atas, bentuk bak aslinyanya seperti ini:
bak kolam
Bak Kolam
Untuk komponen terpisahnya saya gambar dengan google sketchup kira-kira seperti ini:
Komponen Lempengan Bak Kolam Minimalis
Komponen Lempengan Bak Kolam Minimalis
Dari sketsa ini kita bisa menentukan banyaknya komponen lempengan yang kita akan buat yaitu 2 panjang ukuran 110 cm dan 2 lebar ukuaran 80 cm. Maaf tingginya tidak saya sebut, disini saya membuat dengan ketinggian 30 cm saja. Terserah ketinggian yang diinginkan sesuai kedalaman air kolam nantinya. Sebagai catatan, pada saat mencetak, buatlah 2 atau 3 lobang di sisi kiri, kanan dan bawah masing-masing lempengan seperti dibawah ini:
Lubang Kawat di Setiap Sisi Lempengan
Lubang Kawat di Setiap Sisi Lempengan
Buatlah lubang-lubang kecil ini pada saat campuran masih basah dengan menggunakan paku untuk menghindari penggunaan bor. Funfsi lubang ini adalah untuk kawat pengikat sambungan masing-masing lempengan. Fungfsi lubang yang bawah adalah untuk menambah kekuatan penopang dasar bak dengan menghubungkan semua sisi bawah menggunakan kawat. Berhubung karena dasar bak mempunyai luas yang lebih dari lempengan lain, kita harus meggunakan kawat yang lebih besar seperti kawat jemuran, agar dasar bak yang rawan retak ini lebih kuat. Di atas kawat penghubung bagian bawah, ikatkan wiremesh selebar dasar bak kolam dengan menggunakan kawat yang lebih halus untuk memaksimalkan kekuatan dasar bak kolam.
Setelah semua selesai, buatlah campuran semen aci dan additive cair yang berfungsi memperkuat sambungan lalu kuaskan ke semua sisi yang akan disambung. Lanjutkan dengan mengaplikasikan semen aci yang lebih padat ke semua sambungan LUAR dan DALAM dengan menggunakan sendok semen atau spatula. Usahakan semua celah terisi padat agar sambungan semakin kokoh dan pastikan sambungan tetap dalam keadaan lembab agar tidak retak rambut. Retak rambut adalah retakan halus karena proses pengeringan yang sangat cepat biasanya terjadi ke semen acian saja. Saya yakin semua pengrajin semen dan tukang bangunan tau istilah ini.
Lantas dasarnya bagaimana? Setelah semua lempengan yang kita satukan mengeras kuat dan wiremesh sudah kita ikat, kita tinggal menuang campuran semen dan pasir saja tentunya setelah menguaskan campuran additive tadi ke semua sisi bawah lempengan. Saya sarankan juga mencampur sedikit additive pengeras ke campuran semen untuk dasar bak kolam tadi. Pastikan semua terisi rata sambil memadatkan tuangan di sisi lempengan bak bagian bawah.

Membuat Pancuran / Bagian Atas Kolam Ikan Minimalis
Tidak berbeda dengan bak kolam, kita juga harus menyiapkan gambar sketsa untuk menyediakan lempengan-lempengan semen penganti batu alam yang dibutuhkan. Proses pembuatan komponen lempengan boleh saja bersamaan dengan pembuatan komponen lempengan bak. berikut gambar pancurannya:
Pancuran / Bagian Atas Kolam Ikan Minimalis
Pancuran / Bagian Atas Kolam Ikan Minimalis
Sekarang coba kita perhatikan sketsa di bawah ini:
Sketsa Pancuran
Sketsa Pancuran
Dari gambar di atas tentu kita sudah mendapat sedikit gambaran mengenai proses pembuatannya. Usahakan selalu membuat lubang kawat pengikat di tempat tempat yang rawan saja.
Untuk sudut-sudut yang kurang tepat atau lebih, saya memotongnya dengan menggunakan gerinda.
Untuk hiasan-hiasan sudut dan sisi atas saya menggunakan lempengan-lempengan semen yang lebih tipis dan menempelnya satu persatu kemudian merapikannya dengan kuas.

Membuat Alas Penopang Pancuran.
Penopang Set Pancuran
Penopang Set Pancuran
Karena pancuran yang kita buat akan diletakkan di dalam bak, tentunya memerlukan penahan agar pancuran paling bawah tidak berada di bawah permukaan ari kolam. Mudah saja, kita boleh menggunakan 2 buah batako tetapi harus melapisinya dengan aci terlebih dahulu agar kuat. Lebih saya sarankan lagi agar membuat dua buah batu petak dari semen yang campurannya lebih kuat karena kebanyakan batako menggunakan campuran yang kurang bagus. Buatlah batu yang baru setinggi bak agar pancuran bisa berdiri lebih stabil dengan menopangnya ke sisi bak bagian belakang.

Memasang Pipa dan Pompa Air Mancur
Pipa untuk saluran air dari bak ke penampungan bagian atas boleh menggunakan pipa paralon ukuran kecil di padukan dengan selang elastis untuk bagian bawah. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Sistem Pemipaan Sederhana
Sistem Pemipaan Sederhana
Gambar dibawah adalah Air Mancur Kolam Ikan Minimalis dari bahan semen buatan sendiri dan sedang saya pakai sekarang:
Kolam Ikan Air Mancur Minimalis
Kolam Ikan Air Mancur Minimalis
Catatan Penting:
  • Semua sambungan dan dasar bak harus selalu dalam posisi nihil getaran hingga benar-benar kuat untuk menghindari resiko retak dan menjamin daya rekat campuran semen yang permanen.
  • Haluskan semua permukaan dengan semen aci. Gunakan kuas berbagai ukuran yang sesuai.
  • Untuk daerah yang tergenang air, lapisi dengan semen putih setebal + 3 mm. Apabila ingin warna (misal biru) tambahkan sedikit semen nat warna.
  • Sketsa di atas hanya sekedar gambaran/sketsa kasar, bukanlah perbandingan ukuran dimensi yang tepat 100%.
  • Lapisi permukaan sesuai warna yang diinginkan dan lapisi lagi dengan cat pelindung batu alam atau resin cair.
  • Silahkan menempel ornamen-ornamen sederhana, baca Cara Membuat Ukiran Batu Alam dari Semen tanpa Cetak dan Pahat.
  • Gunakan pompa kolam rendam (underwater pump) yang sesuai dengan tinggi kolam ikan minimalis yang Anda buat.
Gambar proses pembuatan kolam minimalis:

Kolam minimalis sebelum di cat
Demikian artikel saya mengenai Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis dari Bahan Semen. Mohon maaf kalau penjelasannya terlalu sederhana. Silahkan hubungi saya melalui halaman contact apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Mudah-mudahan saya akan jawab secepat mungkin yang saya bisa. Untuk penampakan asalinya dalam video, silahkan lihat dibawah:



11 comments:

  1. Hahaha...terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Kira-kira butuh biaya berapa utk membuat kolam minimalisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditotal, saya menghabiskan hanya sekitar Rp250rb untuk bahan dan 190rb untuk pompa, mas Irfan. 😊

      Delete
    2. Ya, lagipula kita bisa beli bahan eceran atau kiloan untuk hobby yang satu ini. Untuk alat bantu cetak saya pakai kayu lis bekas, kebetulan ada. 😄

      Delete
  3. Di jual gak om ?? Apa om ada workshop ??

    ReplyDelete
  4. Di jual gak om ?? Apa menerima pembuatan om ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru buka blog, udah terjawab ya di youtube. Oia, thanks udah berkunjung..

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊