HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Wednesday, June 28, 2017

Beragam Lampu Hias dari Pemanfaatan Botol Bekas

Memanfaatkan barang-barang bekas memang memiliki kesenangan tersendiri bagi kita yang suka berkreasi karena selain mendapatkan barang dengan harga yang sangat ekonomis kita juga sudah mendukung kepedulian terhadap lingkungan. Selain plastik, salah satu limbah yang banyak dan tidak akan lapuk oleh tanah adalah botol kaca.





Banyak manfaat yang bisa kita ambil dan kita kreasikan dari botol-botol bekas seperti misalnya lampu hias. Beberapa botol bisa langsung digunakan tanpa memerlukan proses apapun seperti contoh adalah obor minyak tanah yang sejak dari jaman dulu sudah dilakukan. Hal ini juga sangat memungkinkan karena sering putusnya arus listrik selama ini. Sedikit polesan dan tambahan akan menciptakan tampilan yang lebih menarik dan unik seperti gambar-gambar berikut ini.
ilustrasi-lampu-hias-botol-bekas-istanbul
  • Lampu pagar luar rumah. Botol-botol utuh dapat langsung dimanfaatkan dengan merubahnya menjadi lampu pagar rumah hanya dengan menambah sumbu dan besi sebagai penahan akan menambah nilai artistik lampu botol ini. Penahan gantungan botol bisa dilakukan dengan modifikasi ring-ring selang yang banyak dijual di toko-toko bangunan dan menggabungkannya dengan besi batangan dan plat yang dilobangi. Bisa juga dengan memesan ke tukang pagar besi untuk dilas sedemikian rupa sesuai keinginan kita.
lampu-botol-taman1lampu-botol-taman2lampu-botol-taman3

  • Lampu Meja. Memanfaatkan botol bekas menjadi lampu meja sudah sangat populer di Indonesia dan sangat aman dari resiko kebakaran ketimbang penggunaan lilin ditempat terbuka. Cara yang praktis dan ekonomis akan menambah nilai artistik penggunaan lilin dan kombinasi bola lampu di ruangan dalam rumah kita.
dekorasi-interior-lampu-botol-kamar1dekorasi-interior-lampu-botol-kamar2dekorasi-interior-lampu-botol-kamar3

  • Lampu Gantung Interior. Kombinasi antara botol bekas dan bola lampu pijar atau LED menghasilkan keindahan yang tidak kalah dengan lampu-lampu hias gantung kristal yang banyak dipasaran malah menambah nilai artistik karena keunikannya. Penggunaan bola-lampu berwarna yang disesuaikan dengan warna botol juga sangat menarik. Kita bisa menggunakan bola-bola lampu LED yang hemat arus apabila ingin menggunakan lebih banyak botol.
dekorasi-interior-lampu-botol-gantung1dekorasi-interior-lampu-botol-gantung2dekorasi-interior-lampu-botol-gantung3

  • Hiasan Ruang Makan. Dengan atau tanpa lampu, botol-botol bekaspun bisa menjadi barang yang sangat menarik di ruang makan. Pilih botol-botol yang artistik dan potong sedemikian rupa kemudian gantung di langit-langit tepat di atas meja makan tentunya akan lebih indah daripada kosong sama sekali.
dekorasi-interior-lampu-botol-gantung-ruang-makan

  • Lampu Gantung Eksterior. Selain dalam rumah, botol-botol bekas juga bisa dimanfaatkan dengan menjadikannya lampu gantung sebagai komponen dekorasi ekstrior. Proses yang sama dengan dekorasi lampu interior akan menambah suasana asri diluar rumah kita terutama di area pekarangan tempat keluarga berkumpul.
dekorasi-exterior-lampu-gantung-taman1dekorasi-exterior-lampu-gantung-taman2dekorasi-exterior-lampu-gantung-taman3

  • Lampu Hias Meja Kamar. Botol-botol bekas yang bentuknya unik sangat cocok apabila dipadukan dengan bola lampu menjadi lampu hias seperti gambar di bawah ini. Menggabungkannya dengan tudung lampu meja orisinil atau menambah kayu sebagai gantungannya sangat menarik terlebih-lebih kalau diletakkan diruang tidur atau di atas meja rias.
dekorasi-interior-lampu-botol-meja1dekorasi-interior-lampu-botol-meja2

Baca Juga: Cara Praktis Menghias Dinding Kosong Bagian Luar Rumah

Cara Praktis dan Ekonomis Memotong Botol Bekas

Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memotong botol tanpa menggunakan gerinda atau alat pemotong mahal lainnya. Tentu saja dengan alat pemotong yang lebih modern akan menghasilkan potongan yang lebih rapi tetapi jangan khawatir karena ada juga beberapa cara yang sudah sangat populer dan juga sangat praktis serta ekonomis. Ada 3 cara yang saya rasa sangat mudah dan sudah saya praktekkan sendiri dan sudah saya rangkum via wikihow..

Silahkan unduh atau perbesar gambar berikut untuk langkah-langkahnya. Silahkan juga dishare agar teman-teman yang lain bisa mempraktikkannya:
Cara-memotong-botol-kaca

Apabila langkah-langah di atas kurang jelas, Anda juga bisa menonton video berikut untuk lebih jelasnya di sini.

Demikian beberapa kreasi dengan memanfaatkan botol-botol bekas menjadi lampu hias baik interior maupun eksterior rumah. Jangan buang botol-botol bekas Anda sembarangan karena akan merusak lingkungan, tempat nyamuk berkembang biak dan pecahannya sangat berbahaya bagi anak-anak dan akan lebih baik memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊