HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

26 April 2017

Cara Membuat Cetakan Batu Alam dari Silikon Sealant Tabung/Lem Kaca

Cara membuat batu alam dari bahan semen dengan cara manual atau tempel sudah pernah saya sampaikan dan disini saya mencoba menyampaikan cara saya membuat cetakan batu alam dengan menggunakan karet silikon sealant tabung atau lem kaca.
Memang lebih mudah bila menggunakan silikon cair yang banyak dijual online tapi dibeberapa daerah harga karet cair akan sedikit lebih mahal bahkan harga kirim akan lebih mahal dibanding harga silikonnya.
Cetakan Batu Alam dari Silikon Sealant Tabung/Lem Kaca
Cetakan Batu Alam dari Silikon Sealant Tabung/Lem Kaca
Alasan lain menggunakan silikon tabung ini adalah kalau cetakan yang akan dibuat relatif kecil dan bukan untuk produksi massal seperti hiasan dari resin misalnya. Kenapa tidak kita coba saja? 
Bahan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut:
  • Silikon tabung dan alatnya tembaknya. Belilah silikon tabung 300ml yang warnanya bening karena cetakan yang saya buat lama-kelamaan menyusut/mengecil pada saat saya menggunakan silikon tabung yang berwarna. Sebenarnya saya kurang yakin apa penyebabnya tapi saya merasa itu terjadi karena kandungan zat warnanya yang menyebabkan penyusutan atau kurang bersihnya cairan pelarut pada saat proses pembuatan yang nanti akan saya jelaskan lebih lanjut.
Silikon tabung/lem kaca 300ml dan alat tembaknya
Silikon tabung/lem kaca 300ml dan alat tembaknya
  • Sabun lemon cair untuk mencuci piring banyak kita temukan di minimarket atau warung-warung terdekat
Cairan Detergen Pencuci Piring
Cairan Detergen Pencuci Piring 
  • Baskom plastik, harganya tidak terlalu mahal atau pakai yang bekas saja tetapi masih cukup bagus dan bersih (sama aja yah😁) ..isi dengan air bersih.
wadah-silikon-cair
Baskom Plastik
  • Model batu alam yang akan kita tiru.
Model Batu Alam
Model Batu Alam
  • Lis kayu 1x3, untuk membuat frame cetakan 
  • Kuas kecil untuk mengoleskan sabun ke model 
  • Kaca atau Plastik Mika untuk alas model cetakan. Bisa juga menggunakan triplek licin acrilik.
  • Kalau tidak ada, triplek yang diolesi sabun juga bisa.
kaca-mika-cetakan-batu-alam-silikon
Plastik Acrilic
  • Lem Tembak (Hot Glue Gun) bisa dibeli di supermarket atau toko bangunan
lem-tembak-hot-glue
Hot Glue Gun
  • Lotion pelembab
Setelah semua tersedia, kita bisa memulai pembuatan cetakan sebagai berikut:
Baca juga: Membuat Meja Getar Murah untuk Memadatkan Campuran Beton
  • Buat frame dari lis kayu 1x3 sesuai ukuran model batu tetapi dilebihkan sekitar 1 cm dari setiap sisi batu. Kali ini batu yang akan dibuat adalah berukuran 30x10cm dan 20x10 cm. Tebal model batu adalah sekitar 1,5 cm
    Model Batu
    Model Batu
  • Tempelkan model batu sejajar di atas kaca atau plastik mika dengan menggunakan lem tembak. Beri jarak sekitar 1 cm antara kedua batu. Tempelkan juga lis kayunya sebagai penahan silikon
    Model Batu dan Frame Lis Kayu
    Model Batu dalam Frame Lis Kayu
  • Oleskan permukaan batu dan kayu dengan sabun cairan pencuci piring dengan menggunakan kuas dan biarkan agak mengering
  • Ambil baskom diameter sekitar 25-30 cm dan isi air 3/4 bagiannya. Larutkan cairan lemon pencuci piring ke dalam air hingga airnya berwarna kehijau-hijauan. Kegunaan larutan ini adalah untuk menghilangkan bahan kimia yang dikandung silikon dan sekaligus mengeraskan agar bisa dibentuk dengan jari. Kemungkinan proses pencucian silikon yang kurang baik juga dapat mengakibatkan penyusutan pada cetakan yang telah dibuat selain penggunaan silikon berwarna seperti yang saya sebutkan di atas. Oleh karena itu usahakan silikon yang kita remas-remas sudah tidak terlalu lembek seperti krim.
  • Semprotkan silikon sekitar empat kali tembakan kedalam air larutan sabun tadi, usahakan jangan sampai berserak. Silikon yang mengapung kita satukan dengan menggunakan tangan yang basah dan licin oleh larutan sabun. Remas-remas gumpalan silikon tersebut hingga sedikit membeku. 
  • Masukkan dengan memijat silikon ke semua celah antara model batu dan lis kayu kemudian menutupi semua permukaan batu. Lakukan hal ini dengan sedikit cepat karena silikon yang sudah kita cuci di sabun akan sedikit membeku dalam waktu sekitar 15 menit. Jangan khawatir, silikon yang basah akan tetap menyatu sengan yang lainnya apabila kita tekan dengan baik. Bau silikon ini sangat menyengat dan disarankan menggunakan masker demi kesehatan. 
  • Usahakan semua permukaan tertutupi dengan padat untuk membentuk tekstur yang lebih detail pada cetakan dan silikon paling atas juga harus rata karena ini akan menjadi alas pada saat kita mencetak batu alam nantinya. Gunakan triplek untuk menekan permukaan silikon untuk meratakannya. 
  • Tunggu sekitar 1 jam sambil di angin-anginkan sebelum kayu dan batu model dilepas atau periksa permukaan silikon untuk lebih meyakinkan. 
  • Oleskan lotion atau pelembab ke seluruh permukaan tangan yang terkena larutan sabun dan silikon karena akan mengakibatkan kulit ari terkelupas. Sebaiknya gunakan juga sebelum menyentuh larutan untuk mengurangi efek kulit kering.
Inilah tampilan cetakan batu alam dari Karet Silikon Tembak atau lem kaca yang telah siap untuk digunakan saya menghabiskan tidak sampai 2 tabung untuk cetakan seperti ini:
Cetakan Batu Alam Buatan
Cetakan Batu Alam Buatan
Demikian penjelasan saya kali ini, semoga sedikit banyak dapat difahami. Apabila ada pertanyaa, kritik dan saran, silahkan meniggalkan komentar di bawah. Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

7 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊