HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Thursday, December 14, 2017

Cara Membuat Pot Bunga dari Bahan Semen GRC dengan Sistem Tempel

Pot bunga merupakan hiasan yang wajib ada di ruang tamu baik itu untuk bunga hidup maupun bunga imitasi dari plastik. Selain menambah keindahan, rangkaian bunga di dalam pot ini bisa menambah rasa nyaman dan lebih hidup ruangan yang tentu menambah betah penghuninya. Pot bunga bisa didapatkan di pasar dengan mendatangi langsung maupun dengan memesan secara online tentunya dengan nilai artistik dan harga yang bervariasi.

Pot bunga banyak yang berbentuk unik dan menarik dipandang mata, terbuat dari berbagai macam bahan dari besi, kuningan/tembaga, plastik, kayu, keramik maupun semen. Kebanyakan pot bunga berbahan semen ditempatkan untuk bunga hidup yang dipajang dihalaman rumah yang bentuknya besar dan berat sehingga kebanyakan diletakkan di tempat yang sama dan jarang dipindah-pindah. 

Penggunaan bahan semen ternyata tidak melulu untuk pot bunga besar tetapi juga bisa untuk meja tamu meskipun pada dasarnya, semen memang memiliki massa yang berat tapi bisa dibuat kecil, tipis, kuat dan ringa seperti pot bunga dibawah ini:
pot bunga grc
Pot bunga dari semen grc buatan
Untuk membuat barang berbahan semen yang ringan dan kuat tentunya harus dilihat dari ukuran dan ketebalan lapisan semen yang apabila tipis tidak akan cukup kuat dan mudah pecah. Berikut langkah-langkah membuat pot bunga semen yang ringan untuk ruang tamu.

Alat dan bahan yang diperlukan:
  • Semen wajib ada
  • Pasir halus untuk campuran semen
  • Sika atau Lem fox untuk memperkuat campuran semen
  • Serat fiberglass (chopped strand mat) yang dipotong-potong halus untuk campuran semen
  • Pipa paralon (PVC) ukuran sedang, dibelah menjadi 2 bagian yang sama untuk membentuk dudukan melengkung berbentu S. Bahan ini boleh digantikan dengan memodifikasi kardus bekas.
  • Plastik sampul tebal dari plastik atau kertas tebal tahan air.
  • Triplek 8mm dipotong membentuk huruf S yang sama dengan bentuk pipa PVC
  • Cat kuas atau pylox
  • Lem tembak, Pisau cutter, kertas amplas dan gergaji triplek
Baca Juga: Jenis Kain Serat Kaca yang Populer di Masyarakat dan Pasaran Indonesia

Setelah semua bahan dan alat tersedia, berikut langkah-langkah membuatnya:
  1. Membelah (bukan memotong) pipa PVC dengan ukuran panjang 30 cm menjadi 2 bagian yang sama kemudian menempel sisinya dengan lem tembak membentuk pola melengkung.
  2. Memotong triplek dengan gergaji membentuk lengkukngan yang sama dengan sisi pipa PVC yang sudah ditempel. Fungsi triplek ini adalah untuk membentuk sisi pot bunga.
  3. Mencapur bahan semen, pasir, serat fiberglas halus dan air yang sudah dicampur lem pvc atau sika dan diaduk hingga rata. Campuran ini tidak boleh terlalu basah, cukup lembab tetapi tidak juga terlalu kering.
  4. Menebarkan adukan ke atas permukaan plastik membentuk petak atau seukuran dengan palstik sampul tersebut, kemudian memotongya menjadi 2 bagian yang sama.
  5. Meletakkan lapisan semen di atas plastik sampul ke pipa PVC yang melengkung dengan cara diangkat. Posisi lapisan semen akan membentuk mengikuti pipa PVC dan potongan membagi 2 bagian dengan bentuk yang persis sama.
  6. Meletakkan 2 bilah triplek 8mm yang berbentuk S dengan arah yang berlawanan hingga membentuk celah berbentuk mirip guci, kemudian mengisinya dengan campuran semen yang sama. Bentuk guci ini dibutuhkan sebanyak 2 buah, caranya adalah dengan menggoyang-goyang rangkaian triplek dan mengankatnya kemudian membentuk lapisan sama 1 lagi.
  7. Menunggu hingga kering sekitar 8-12 jam
  8. Mengangkat semua lempengan semen dari posisinya dan menyambung/merangkai menjadi pot bunga. Setiap sisi ditempelkan dengan menyapukan semen dan lem putih pvc dengan menggunakan kuas. Untuk merangkai keempat keping semen GRC ini oleh diikat sementara dengan karet atau tali sebelum mengolesi semua sisi sambungan.
  9. Setelah kering dan bisa di tegakkan, isi sisi bawah rangkaian dengan campuran semen untuk membentuk dasar pot bunga sekaligus memperkuat rangkaian.
  10. Setelah kering, amplas semua permukaan hingga halus dengan menggunakan kertas amplas atau mesin gerinda kalau ada.
  11. Bersihkan dari sisa debu semen kemudian cat. Pot bunga siap digunakan.
Demikian langkah mudah membuat pot bunga unik dari semen GRC buatan yang tentunya tidak berat karena tipis tetapi kuat karena fiberglass. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video cara membuatnya di channel Kerajinan Kreatif Youtube di bawah ini:


Judul Video: Cara Mudah dan Murah Membuat Pot Bunga Semen Cantik
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 5 menit 40 detik


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊