HIMBAUAN

Mohon non-aktifkan Ad-blocker atau tambahkan ke 'whitelist' Ad-blocker browser Anda.
Blog ini menampilkan iklan yang benar-benar bersahabat dan aman untuk mendukung biaya pemeliharaan dan pengembangan demi kebaikan kita bersama. Mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan.
Terima kasih, dukungan Anda sangat berarti.

Monday, May 8, 2017

Memanfaatkan Lazy Susan sebagai Alat Pengaduk Semen Sederhana

Lazy susan banyak dijual di toko-toko bangunan dengan beragam variasi ukuran, bahan dan harga. Kebanyakan lazy susan ini dimaanfaatkan sebagai alas meja putar dan alas televisi yang ukurannya besar seperti televisi tabung besar orang tua saya yang berukuran 42 inchi dan itu masih ada sampai sekarang. Tujuannya sebenarnya hanya mempermudah mengarahkan hidangan makanan kehadapan anggota keluarga yang mengelilingi meja makan. demikian juga halnya dengan televisi, akan mempermudah kita mengarahkan layar televisi ke arah yang diinginkan dan tidak perlu menggunakan tenaga termasuk pinggang orang tua untuk menggeser atau mengangkatnya. Sebenarnya penggunaan lazy susan sangat banyak kita temukan dan memang harus diakui manfaatnya sangat banyak.

Pengrajin hiasan dari bahan semen pasti tidak lepas dari pekerjaan mengaduk semen yang lumayan menyusahkan dan melelahkan apalagi campuran yang akan diaduk lumayan banyak meskipun tidak sebanyak keperluan proyek beton bangunan, biasanya paling banyak sekitar 1/2 sak atau 25kg semen ditambah campuran pasirnya. Penggunaan sekop untuk mengaduk campuran semen di atas permuakaan di tanah sangat sering saya temukan meskipun campuran itu hanya sedikit bahkan masih banyak yang kurang menyadari bahwa kita harus menyayangi pinggang kita tidak hanya dalam pekerjaan berat tetapi juga dalam kegiatan ringan sehari-hari, bukan berarti kita sama sekali mengistirahatkan pinggang kita.

Cara pengolahan semen yang saya maksud dalam kesempatan ini adalah bagaimana cara kita mengaduk campuran semen yang praktis dan menghemat tenaga juga waktu yaitu pemanfaatan lazy susan ini sebagai alas wadah bahan campuran yang akan di aduk dan cara pembuatannya juga sangat mudah. Kita hanya cukup memotong triplek tebal dan membentuknya lingkaran dengan diameter yang libih besar sekitar 1 cm dengan diameter lingkaran roda paling besar di lazy susan yang kita miliki.

Setelah kita triplek kita bentuk, ada baiknya kita lapisi dengan cat atau resin agar tidak mudah lapuk atau kotor karena selama pemakaiannya, permukaan kayu triplek ini pasti akan selalu terkena air dan bahan semen. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca:

Untuk menyatukan kayu dengan lazy susan cukup dengan menggunakan paku sekrup di keenam lubang yang telah tersedia. Biasanya ada 6 lubang khusus untuk paku sekrup di lingkaran sebelah dalam yaitu yang akan kita satukan dengan triplek bulat dana ada 3 di bagian lingkaran luar yang biasanya digunakan apabila lazy susan diletakkan di tempat yang permanen. Tetapi dalam praktek saya, lazy susan ini tidak saya pakukan ke tempat permanen dan hanya saya gunakan di atas meja kerja setinggi pinggang yang telah saya buat. Selain menghemat tempat, lazy susan ini juga bisa saya simpan atau gantung di tempat lain selama tidak saya pakai. Untuk contoh meja kerja, dapat Anda lihat di artikel: 
Satu hal yang perlu kita perhatikan, kedua lingkaran lazy susan ini dirancang untuk bergerak bebas berlawanan arah dan berisi bola-bola besi (bearing) yang sangat rentan dengan kotor dan karat oleh debu, pasir dan air. Ada baiknya kita merawatnya dengan menggunakan minyak pelumas/oli bekas secara berkala atau mencucinya dengan minyak tanah apabila sudah sangat kotor karena hal ini akan mengurangi kemungkinan macetnya putaran lazy susan. Kita bisa menemukan lubang khusus dengan sekrup penutup disisi terluar lazy susan ini yang tujuannya untuk mengeluarkan/memasukkan bola besi atau tempat meneteskan oli/pelumas.
Lazy Susan Aluminium
Lazy Susan Aluminium 
Saran saya berikutnya, ada baiknya kita memberi alas dari karet supaya lingkaran bawah/alas lazy susan lebih kuat menahan beban putaran pada saat lazy susan sedikit macet. Sebenarnya rata-rata lazy susan sudah ada karet bawaannya tetapi hanya berbentuk bulat kecil dan cenderung keras seperti plastik. Lebih baik kita gunakan cara lain dengan menempelkan karet bekas seperti ban dalam bekas atau sendal karet bekas ke bagian lingkaran roda paling bawah atau bisa juga dengan menambah triplek bulat lagi untuk alasnya. Tapi ini tidak saya sarankan karena sedikit mempersulit bongkar-pasang apabila lazy susan macet.

Untuk tempat mengaduk campuran semen, gunakanlah ember karet yang bersisi rendah, banyak dijual di toko bangunan atau minimarket terdekat. Biasanya berwarna hitam dan penampilannya tidak terlalu rapi. Gunakan juga sendok semen yang kecil dan kuat untuk mempermudah proses pengadukan campuran semen atau silahkan berkreasi dengan memodifikasi kayu bekas untuk pengaduknya. Letakkan ember di atas lazy susan, tangan kiri memutar embernya sambil mengaduk dengan menggunakan tangan kanan. Untuk yang kidal, tinggal menyesuaikan saja ya..hehehe.

Ember Plastik Karet
Ember Plastik Karet 
Demikian artikel singkat saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 comments:

  1. bener bener ide yang kreatif gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, hanya cerita pengalamam dan semoga bermanfaat..

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi blog Kerajinan Kreatif. Silahkan meninggalkan pesan, baik itu kritik maupun saran untuk kepentingan kita bersama. Kami akan menanggapi secepat mungkin yang kami bisa. Kami sangat menghargai support Anda dengan membagikan artikel ini.
Catatan:
Semua komentar yang masuk akan kami moderasi terlebih dahulu, harap maklumnya. Mohon berkomentar dengan sopan demi kepentingan rekan-rekan kita yang lain. Komentar yang mengandung tautan atau berulang-ulang akan masuk ke kategori spam. Terima kasih atas perhatiannya. 😊