07 November 2020

Jenis Resin Lengkap dan Kegunaannya

 

jenis-resin-dan-kegunaannya
Jenis Resin dan Kegunaannya


Resin merupakan zat kental yang diubah menjadi polimer kaku melalui proses pengawetan. Resin terbentuk secara alami tetapi sekarang sering dibuat secara sintetis. Beberapa resin sintetis memiliki sifat yang mirip dengan resin tumbuhan alami, tetapi banyak juga yang sangat berbeda.

Resin sintetis memiliki beberapa kelas. Beberapa diproduksi dengan esterifikasi senyawa organik. Beberapa resin lebih seperti plastik termoseting di mana istilah "resin" diterapkan secara luas ke reaktan atau produk, atau keduanya. Istilah "resin" dapat diterapkan pada salah satu dari dua monomer dalam kopolimer, yang lainnya disebut "pengeras". Untuk plastik termoseting yang hanya memiliki satu monomer, satu-satunya senyawa monomer disebut "resin". Misalnya, metil metakrilat cair umumnya disebut "resin" atau "resin tuang" jika dalam keadaan cair atau kental sebelum berpolimerisasi dan "set." Polimetil metakrilat berikutnya sering berganti nama menjadi kaca akrilik atau hanya akrilik.

 

Artikel ini membahas 12 jenis resin dan properti serta aplikasinya.

Resin Poliester

Resin poliester terbentuk dari reaksi asam organik dibasa dan alkohol polihidrat. Mereka sangat fleksibel dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas, bahan kimia, dan api. Mereka cenderung berbiaya rendah. Mereka digunakan untuk konstruksi, laminasi, perbaikan otomatis pengisi, ski, pancing, komponen pesawat dan kapal, pelapis, aksesori dekoratif, dan botol.

 

Resin Fenolik

Resin fenolik adalah jenis resin termoseting. Mereka kuat, tahan panas dan benturan dan memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi kimia dan penetrasi kelembaban. Resin fenolik dapat dikerjakan dengan mudah. Mereka digunakan untuk impregnasi resin, lapisan rem, komponen listrik, laminasi, perekat untuk semen, perekat terikat, dan cetakan.

 

Resin Alkyd

Resin alkid adalah resin poliester termoplastik yang dibuat dengan memanaskan alkohol polihidrik dengan asam polibasa. Mereka memiliki sifat listrik dan termal yang sangat baik dan ketahanan kimia yang baik. Mereka berbiaya rendah dan digunakan untuk isolasi listrik, komponen elektronik, pengisi dempul, dan cat.

 

Resin Polikarbonat

Resin polikarbonat merupakan termoplastik yang umumnya dikembangkan dari bisphenol A dan fosgen. Mereka memiliki indeks bias tinggi, stabilitas dimensi listrik dan termal, ketahanan terhadap pewarnaan, dan ketahanan terhadap filtrasi. Mereka digunakan untuk penggantian logam, helm pengaman, lensa, komponen listrik, film fotografi, dan isolator.

 

Resin Poliamida

Resin poliamida mengandung gugus amida sebagai bagian berulang dari rantai molekulnya. Mereka mudah dibentuk, kuat dan tahan, dan ringan. Mereka memiliki koefisien gesekan rendah dan tahan abrasi dan bahan kimia. Mereka digunakan untuk bantalan nonlubricated, serat, roda gigi, jahitan, ban, gelang jam, kemasan, dan botol.

 

Resin poliuretan

Resin poliuretan adalah kopolimer yang terdiri dari komponen poliol dan isosianat. Mereka sangat serbaguna jika dikombinasikan dengan resin lain, dan memiliki elastisitas lapisan tipis dan daya rekat yang tinggi pada substrat. Resin poliuretan juga memiliki keseimbangan yang baik antara perpanjangan dan kekerasan. Mereka digunakan untuk insulasi, elastomer, perekat, dan lapisan busa untuk pakaian.

 

Resin Silikon

Dulu resin silikon dibuat dengan natrium silikat dan berbagai klorosilan, tetapi sekarang resin tersebut sering dibentuk dengan tetraethoxysilane atau etil polisilikat yang kurang reaktif dan beberapa disiloksan. Mereka memiliki stabilitas termal dan oksidatif yang baik dan fleksibel serta anti air. Resin silikon membentuk lapisan keras karena struktur jaringan tiga dimensinya. Mereka digunakan untuk karet, laminasi, resin enkapsulasi, penghilang busa, dan aplikasi tahan air.

 

Resin epoksi

Resin epoksi, juga disebut poliepoksida, adalah sejenis prapolimer dan polimer reaktif yang mengandung gugus epoksida. Mereka memiliki ketahanan kimia dan panas yang sangat baik serta sifat adhesi yang kuat. Mereka digunakan untuk laminasi, perekat, lantai, pelapis, baling-baling, dan pelapis permukaan.

 

Resin Polietilen

Resin polietilen adalah jenis resin yang paling umum, dengan lebih dari 100 juta ton diproduksi setiap tahun. Mereka memiliki ketahanan kimia dan uap yang kuat atau kelembaban dan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Mereka digunakan untuk pengemasan untuk laminasi dan film, wadah, isolasi kabel, pelapis, mainan, cetakan, pelapis, dan pipa dan tabung.

 

Resin Akrilik

Resin akrilik adalah zat plastik termoplastik atau termoseting terkait yang dibuat dari asam akrilat, asam metakrilat, atau senyawa terkait lainnya. Mereka jelas dengan kekuatan tarik yang baik. Resin akrilik tahan benturan dan UV. Mereka digunakan untuk panel struktural dan dekoratif, perekat, elastomer, pelapis, tanda, dan ubin tembus cahaya.

 

Resin Polistiren

Resin polistiren adalah polimer hidrokarbon aromatik yang terbuat dari monomer stirena. Mereka berbiaya rendah dan mudah diproduksi, dengan ketahanan yang sangat baik terhadap asam, basa, dan garam. Resin polistiren juga memiliki kejernihan dan fleksibilitas yang baik. Mereka digunakan untuk isolasi, pipa, busa, menara pendingin, karet, instrumen otomotif, dan dasbor.

 

Resin Polypropylene

Resin polipropilen adalah jenis resin polimer termoplastik yang tidak mengandung BPA. Mereka tidak berwarna dan tidak berasa, dengan kepadatan rendah dan ketahanan panas yang baik. Mereka bisa disterilkan, jadi sering digunakan dengan peralatan medis. Resin polipropilen juga memiliki ketahanan kimia yang baik. Mereka digunakan untuk mainan, komponen elektronik, pipa dan tabung produksi, serat dan filamen, dan pelapis.

 

Ringkasan

Artikel ini menyajikan pemahaman tentang berbagai jenis resin. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk terkait, lihat panduan penyedia atau distributor untuk menemukan sumber pasokan potensial atau melihat detail produk tertentu.

Semoga artikel ini menghilangkan pemikiran kalau resin semua sama dan hanya sekedar cairan yang akan mengeras setelah dicampur dengan katalis saja.

Sumber: https://www.thomasnet.com/


Di bawah ini adalah salah satu contoh kegunaan resin:

Judul Video: 
Video Cara Melapisi Permukaan Kayu dengan Resin Epoxy (New Music Track)
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 7 menit 9 detik