02 Mei 2020

Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali

Membuat cetakan batu alam tentunya untuk membuat batu alam buatan atau tiruan ya teman-teman. Disini akan saya bahas cara membuat cetakan batu alam susun sirih bali yang modelnya saya buat sendiri dari bahan semen.

Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali
Membuat Cetakan Batu Alam Susun Sirih Bali






Hal pertama yang saya lakukan adalah menyediakan bahan-bahannya sebagai berikut:
1. Semen biasa sebanyak 1 kg
2. lis kayu setebal 1 cm sekitar 1 meter
3. Silikon tembak tabung sebanyak 2 tabung
4. Sabun pencuci piring cair lemon sebanyak 1 bungkus 250 ml
5. Air untuk larutan sabun cuci

Untuk proses membuat cetakan bisa disimak disini: CARA MEMBUAT CETAKAN DARI SILIKON TABUNG/LEM KACA


Proses membuat model batu alam susun sirih bali ini terbilang sangat sederhana karena hanya menyusun potongan-potongan semen yang dicetak potong ke atas lempengan semen lain. Perekatnya adalah campuran semen aci yang disapukan dengan menggunakan kuas cat bekas seperti gamabr dibawah ini:
Membuat Lempengan Semen
Membuat Lempengan Semen
Gambar di atas adalah proses membuat lempengan semen ke dalam bingkai lis kayu. Untuk membuat potongan-potongan kecil, kita hanya membagi-bagi lempengan ini menjadi bagian-bagian kecil dengan garis memanjang, boleh menggunakan plat logam atau pisau cutter bekas.

Membuat Model Batu Alam Susun Sirih Bali
Membuat Model Batu Alam Susun Sirih Bali
Gambar di atas adalah hasil tempel potongan kecil ke atas permukaan lempengan semen yang sudah jadi sebelumnya. Untuk memperhalus hasil dan memperkuat rekatan saya menyapukan semen aci dengan tipis ke atas permukaannya.

Frame kayu tadi dapat digunakan lagi untuk membuat cetakan karet dari bahan silikon tembak atau lem kaca dengan alat penyemprot khusus tentunya. Silikon tembak kita masukkan ke dalam campuran air dan sabun pencuci piring lemon seperti disebut di bahan-bahan di atas untuk mengurangi zat pencair di silikon tersebut.
Campuran sabun ini juga berfungsi sebagai mold release karena air sabun akan mencegah silikon merekat ke benda yang dilapisi air sabun.

Untuk detail pembuatan cetakan hingga praktik mencetak menggunakan cetakan yang sudah jadi bisa kita simak di video lengkap berikut, semoga bermanfaat. Bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saya di whatsapp official Kerajinan Kreatif.





Judul Video: HEMAT!! CARA MEMBUAT BATU ALAM SUSUN SIRIH BALI
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 11 menit 44 detik