04 Agustus 2019

Alasan Kenapa Resin Tidak Lengket di Kayu

Penggunaan Resin untuk permukaan kayu menjadi hobby yang menyenangkan dan jangan anggap remeh, keahlian ini bisa digunakan untuk mengais rejeki. Bagaimana tidak, meja-meja kayu yang sudah usang bisa disulap menjadi perabotan yang sangat menarik.

Melapisi Kayu dengan Resin

Tetapi penggunaan resin yang salah dan teknik yang jurang tepat tidak jarang juga mengakibatkan kerugian bahkan depresi karena kegagalan. Salah satu kegagalan yang sering dihadapi pemula adalah resin yang tidak merekat kuat ke permukaan kayu dan penting kita ketahui beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kegagalan ini seperti berikut ini:





  1. Penggunaan Resin yang Tidak Tepat: Resin yang digunakan untuk melapisi permukaan kayu seharusnya adalah jenis Crystal Clear Epoxy yang memang jauh lebih kuat dan bagus meskipun harganya juga jauh lebih mahal. Beberapa pengrajin ada juga yang menggunakan resin polyester seperti Resin 108 tetapi gagal. Hal ini sudah banyak dikeluhkan karena tidak jarang lapisan resin yang sudah mengeras terlepas sendiri dari permukaan kayu atau timbul retak setelah mengeras. Retak ini bisa terjadi apabila takaran katalis tidak sesuai atau kebanyakan yang akhirnya menimbulkan panas yang berlebihan akibat reaksi.
  2. Pemilihan Kayu yang Salah: Kayu yang ingin dilapisi juga menjadi salah satu faktor penentu berhasil tidaknya melapisi kayu dengan resin. Permukaan kayu yang terlalu berminyak seperti kayu cemara menghalagi resin masuk ke pori-pori kayu untuk mengikat lapisan resin dan permukaan kayu. Permukaan kayu yang basah dan lembab juga menjadi salah satu penyebab utama terkelupasnya lapisan resin dari permukaan kayu. Sifat resin yang tidak akan mengeras apabila terkena daerah yang lembab tidak memungkinkan resin merekat ke permukaan kayu. Sifat resin polyester yang melengkung setelah kering memang tidak dapat dihindari terutama pada lapisan yang tebal dikarenakan panas yang tidak merata di sisi luar lapisan resin.
  3. Teknik Pengerjaan yang Salah: Permukaan kayu yang sangat halus dan berpori-pori kecil berpeluang paling besar dalam kegagalan melapisi kayu dengan resin. Untuk itu diperlukan teknik khusus untuk menyiasati agar lapisan resin merekat atau mengikat di permukaan kayu seperti membentuk tekstur yang kasar atau membuka pori-pori kayu dengan menggosoknya dengan amplas yang kasar.
Solusi yang paling baik agar resin merekat ke permukaan kayu adalah dengan memastikan resin masuk ke pori-pori kayu dengan cara mengolesi campuran resin dan katalis ke permukaan kayu tersebut terlebih dahulu, baik dengan menggunakan kuas ataupun rakel karet, kemudian menuangkan campuran resin yang lebih tebal.
Di video berikut ini ada dicontohkan bagaimana melapisi kayu yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan bisa megurangi kegagalan:

Judul Video: LENGKAP!!! TUTORIAL MEMBUAT CETAKAN BATU ALAM SUSUN SIRIH BALI
Youtube ChannelKerajinan Kreatif
Durasi: 12 menit 53 detik